Setelah dinanti cukup lama, akhirnya Honda CR-V melalui fase facelift. Ia selalu jadi pilihan menarik dalam seleksi SUV monokok. Selain sangguh menampung tujuh penumpang, kepraktisan sebagai SUV juga tinggi. Pembagian strata model baru tidak berubah, masih dipisah atas tiga varian yakni 2.0L, 1.5L Turbo, dan 1.5 L Turbo Prestige. Tidak ditemukan juga peningkatan potensi memacu. Unit 2.000 cc tetap sediakan output 155 PS/189 Nm sementara versi 1.500 cc turbo sanggup gelontorkan 190 PS/240 Nm.
Kendati begitu, setidaknya bermacam eksekusi yang lazim ditemukan dalam penyegaran model. Sebut saja revisi desain berikut penambahan dan peningkatan standar fitur. Dibarengi peningkatan harga juga. Dari sebelumnya di rentang Rp 470 juta hingga Rp 545,5 juta, kini dibanderol Rp 489 – 577 juta. Jadi pertanyaan, apa saja keistimewaan di facelift kali ini?
Wajah baru CR-V tidak mengejutkan lagi karena sudah terlihat dari versi Thailand. Sama persis hampir tidak dibedakan. Sekilas mungkin tidak terlalu tampak berbeda lantaran masih dalam basis bodi yang sama. Namun kalau dilihat lebih detail, penampilannya kini boleh dibilang semakin macho. Paling terasa ketika melihatnya dari depan.
Rancangan bumper depan dirombak total. Kesan tangguh kini semakin kuat terpancar berkat palang hitam tebal membentang persis di bawah grille. Seolah pelindungnya kini lebih tebal. Elemen kromium lalu diminimalisir. Palang grille digebyur cat hitam sehingga menyisakan strip aksen tipis mengilap di atasnya. Namun, sisi sporty tidak lantas ditinggalkan. Garis perak di area apron seakan membentuk komposisi spoiler dagu.
Fokus diferensiasi bokong juga terpusat di bumper. Aksen silver dikurangi dan bentuk reflektor merah disederhanakan. Selain itu, kini ia mengusung dual exhaust tip berbentuk trapezoidal. Desain eksterior lantas disudahi penggantian model sepatu anyar bak kembang goyang. Berukuran 18 inci dibalut ban 235/60R18.
Namun bukan hanya penegasan rasa tangguh lewat bumper. Sensasi visualnya kini semakin modern berkat permainan lampu anyar. Di depan, Honda sematkan strip sein sequential sehingga terlihat kian canggih. Meramaikan unit pendar full LED dari headlamp hingga fog lamp. Set penerangan ikut diganti pada buritan, mengusung jenis smoked lamp dengan mika bergaya gelap.
Baca Juga: Honda Brio Urbanite Edition, Varian Sporty Mengambil Tema Small RS Concept
Pesta facelift ikut diramaikan oleh penurunan fitur ke kasta lebih rendah. Salah satunya di sektor keselamatan. Kini penetapan standar lebih tinggi, kabar baik bagi calon pembeli trim bawah. Pasalnya, airbag enam titik tidak lagi spesifik tipe 1.5L Turbo Prestige. Diturunkan sebagai perlindungan bawaan model yang lebih murah. Sampai model 2.0L sekarang sudah kebagian enam kantung udara.
Untuk urusan peranti keselamatan lainnya tidak perlu ditanya lagi. Pada versi pertama di generasi kelima saja sudah tergolong komprehensif. ABS+EBD+BA sajikan pengereman optimal dan terkendali. Di samping itu, manuver akan dijaga oleh Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, dan Brake Override System.
Hal paling menarik dari penyegaran kali ini adalah penambahan asisten berkendara aktif Honda Sensing. Ditetapkan sebagai fitur spesial trim tertinggi Prestige. Banyak fungsi otomatis disediakan untuk meringankan beban pengemudi sekaligus menambah keselamatan dalam perjalanan. Kurang lebih kemampuannya mirip seperti yang pernah dikenalkan oleh Accord.
Contoh pertama adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS). Komposisi radar, sensor, dan kamera memungkinkan mobil mendeteksi risiko sundul depan. Begitu terindikasi, CR-V akan memberikan peringatan visual di panel instrumen berikut peringatan suara terlebih dahulu. Baru ketika respons pengemudi dinilai kurang atau bahkan tidak ada, rem akan diaplikasikan secara otomatis.
Bantuan keselamatan lain akan menjaga posisi mobil tetap berada dalam jalur. Sebut saja Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). LKAS bantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap dalam satu jalur dan memberikan getaran andai terdeteksi keluar jalur. Di samping itu, RDM memberikan peringatan hingga melakukan tindakan korektif secara otomatis saat pengendara keluar jalur tanpa intensi. Menambah keselamatan pengguna jalan lain, Auto High-Beam (AHB) dapat mengatur high beam dan low beam tergantung situasi jalan agar tidak menyilaukan pengemudi lain.
Pun bukan hanya menjaga keselamatan, Honda Sensing dapat meringankan beban perjalanan. Satu bentuknya adalah Adaptive Cruise Control (ACC). Selain menjaga laju konstan sebagaimana sebuah cruise control, ia dapat secara otomatis mengurangi kecepatan sesuai kendaraan di hadapan. Fitur ini ditemani pula Low Speed Follow yang dapat melakukan stop and go otomatis sesuai gerak kendaraan di hadapan.
Tapi harus diingat, Honda Sensing bukanlah alat pengganti tugas mengemudi. Fungsinya cenderung memberikan bantuan sementara pengemudi harus tetap berkendara dengan penuh kesadaran dan kewaspadaan.
Baca Juga: Honda New Odyssey 2021 Diluncurkan, Makin Canggih dan Mahal
Ragam fitur inovatif ditanamkan Honda ke CR-V. Dapat ditemukan pada model termahal. Misal kemampuan remote kunci yang semakin pintar. Kini ia dapat menyalakan mesin mobil dan AC dari jarak jauh. Bermanfaat apalagi saat cuaca panas sehingga kabin dapat dibikin sejuk sebelum perjalanan. Tak hanya itu, Anda tidak akan kelupaan mengunci pintu sebab akan terlaksana dengan sendirinya ketika alat kendali dibawa menjauh.
Otomatisasi lanjut disebar ke berbagai komponen. Bukan hanya lampu, kini wiper dapat bekerja mandiri ketikan terjadi hujan. Akses pintu bagasi juga dapat beroperasi tanpa perlu menyentuh sakelar pembuka. Tinggal ayunkan kaki ke kolong, dorongan elektris akan mengangkat pintu.
Revisi dalam kabin tak luput dari penyematan komponen anyar. Dalam aransemen dasbor yang tak berubah dapat ditemukan instrumentasi digital. Head unit juga disebut baru, mengusung layar touchscreen 7 inci berisi konektivitas smartphone, Bluetooth plus Wi-Fi. Meski layarnya lebih kecil, tata letak menjadi lebih rapi dan terpusat sebab kontrol AC ikut masuk di dalamnya. Dijamin menambah kenyamanan juga berkat Active Noise Cancellation dan Speed Sensitive Volume Compensation.
Fitur trim bawah ikut disempurnakan. Kalau sebelumnya model 2.0L mengandalkan kunci konvensional, sekarang peranti itu telah dialihkan ke opsi smart key.
Membuatnya semakin memikat adalah kebebasan saat pemakaian. Pelanggan akan dibebaskan biaya perawatan berkala berupa jasa plus suku cadang sampai 50 ribu km atau empat tahun. Ada pula penawaran Paket Hemat 2 yang menjamin biaya perawatan berupa layanan dan jasa lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga hingga 8 tahun atau 100 ribu km. (Krm/Odi)
Baca Juga: Honda CR-V 2021 dengan Fitur Honda Sensing Resmi Meluncur
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.