Pikap Bekas Bisa Jadi Solusi Murah Bisnis dan Usaha, Ini Pilihan yang Paling Diincar
Kendaraan niaga ringan di Indonesia merupakan elemen penting dalam berbagai usaha. Tak hanya mendukung industri, pikap juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan bisnis, mulai dari usaha pemula hingga UMKM. Bagi yang berminat pada unit bekas, terdapat setidaknya empat pilihan dari produsen Jepang, seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max, serta opsi mesin diesel seperti Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga. Pastikan untuk memeriksa kelengkapan dari tiap model tersebut.
Suzuki Carry
Sebagai contoh, Suzuki Carry Pick-up. Jika membeli yang baru di dealer, persiapkan dana sekitar Rp169,5 juta hingga Rp178,4 juta on the road di Jakarta. Sementara itu, harga bekasnya cukup ekonomis, tersedia mulai dari Rp90 jutaan di wilayah Jabodetabek. Itu untuk model tahun 2019 yang masih cukup baru. Anda dapat memilih antara opsi dengan atau tanpa electronic power steering.
Harga Bekas Carry Pick-up:
-
Suzuki Carry Pick-up 2019 Rp85 jutaan
-
Suzuki Carry Pick-up 2020 Rp93 jutaan
-
Suzuki Carry Pick-up 2021 Rp100 jutaan
-
Suzuki Carry Pick-up 2022 Rp110 jutaan
Fitur unggulan dari generasi terbaru Carry adalah radius putarnya yang hanya 4,3 meter, memastikan kemudahan bagi pengemudi untuk berputar balik, parkir, dan bermanuver, bahkan lebih baik dari Daihatsu GranMax yang memiliki 4,7 meter. Dimensi bak Carry Pick Up yang luas, dengan panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, memungkinkannya mengangkut beban hingga 1 ton. Untuk menjaga keamanan muatan, terdapat pengait di sekeliling bak yang berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).
Di sektor keamanan, Carry pikap dilengkapi dengan fitur Immobilizer pada anak kuncinya, memberikan ketenangan bagi pelanggan saat memarkir kendaraan. Sebagai kendaraan niaga ringan, terdapat banyak kompartemen penyimpanan dengan enam tempat penyimpanan barang, termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok untuk varian AC dan 10 tempat pada varian non-AC, membuat ruang kabin cukup lega untuk tiga orang. Fitur Sliding Seat juga tersedia untuk kenyamanan pengendaraan.
Carry, yang telah dilengkapi dengan mesin bensin K15B berkapasitas 1,5 liter sejak 2019, menawarkan pembakaran empat piston yang menghasilkan tenaga 97 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 135 Nm pada 4.400 rpm. Mesin ini lebih kuat dibandingkan dengan mesin G15A sebelumnya dan, menurut Suzuki, lebih hemat bahan bakar hingga 15% dibandingkan model sebelumnya. Kekuatan mesin ini dianggap cukup untuk kendaraan niaga ringan.
Tidak perlu ragu akan ketersediaan suku cadang karena mesin tersebut juga digunakan pada produk Suzuki lain yang telah terbukti keandalannya, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kendaraan niaga ringan. Berkat berbagai selling point tersebut, Carry terus menjadi produk terlaris Suzuki dan tulang punggung perusahaan.
Daihatsu Gran Max
Sebagai alternatif kendaraan niaga ringan, Daihatsu Gran Max pick up menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat Indonesia untuk mendukung berbagai usaha. Diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mobil ini sering digunakan sebagai kendaraan kurir, ambulans, bahkan diubah menjadi mobil toko. Daihatsu Gran Max diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2007, menggantikan Daihatsu Zebra Master. Kemudian pada tahun 2022, Gran Max mendapat pembaruan atau facelift yang meliputi perubahan mesin dan penambahan beberapa fitur baru.
Berikut Daftar harga Daihatsu Gran Max Pikap bekas:
-
Daihatsu Gran Max tahun 2019 1.3L Rp80 jutaan
-
Daihatsu Gran Max tahun 2020 1.5L Rp95 jutan
-
Daihatsu Gran Max tahun 2021 1.5L Rp100-120 jutaan
-
Daihatsu Gran Max tahun 2022 1.5L Rp125 jutaan
Eksterior Daihatsu Gran Max telah mengalami sedikit perubahan sejak debutnya. Kendaraan ini tetap mempertahankan desain khasnya, termasuk pada model facelift yang diluncurkan tahun lalu. Desainnya yang boxy dan sederhana tidak dihiasi dengan banyak aksesori eksterior. Versi facelift hanya menawarkan peningkatan kecil, terutama pada model 1.500 cc, seperti peningkatan ukuran roda dari 14 inci menjadi 15 inci dan pilihan trim dua warna untuk model tertinggi, sementara model dasar masih menggunakan velg kaleng. Interior mobil bervariasi tergantung pada model yang dipilih; varian minivan menawarkan kursi yang luas untuk penumpang, sedangkan blind van dan pick up hanya dilengkapi dengan dua kursi.
Gran Max umumnya memiliki interior yang sederhana, sesuai dengan fungsi mobil komersialnya. Model tertinggi dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, radio single DIN, dan berbagai tempat penyimpanan. Namun, fitur kenyamanan dan keselamatan tambahan seperti power windows, panel pintu, AC double blower, sistem pengereman ABS, dan airbag masih belum tersedia.
Daihatsu Gran Max ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.300 cc K3-DE yang menghasilkan tenaga 87 PS dan torsi 11,7 kgm (115 Nm). Opsi kedua adalah mesin 1.500 cc 3SZ-VE dengan output 96 PS dan torsi 134 Nm. Pada versi facelift, model 1.5L diperbarui dengan mesin 2NR-VE yang sama dipakai Avanza-Xenia terbaru, menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 134 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 kecepatan.
Mitsubishi L300
Mitsubishi L300 menjadi kendaraan niaga unggulan MMKSI. Model ikonik ini telah sedikit berubah selama beberapa dekade terakhir, sama halnya dengan peminatnya. Untuk model terbaru Euro 4, tipe chassis dibanderol Rp229,25 juta, sementara tipe pick up flat deck ditawarkan dengan harga Rp232 juta on the road Jakarta.
Kendaraan ini menawarkan nilai tambah dengan kargo yang 8% lebih luas, atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm, memberikan keunggulan dan keuntungan bagi pengusaha dalam hal kapasitas dan daya angkut. Ini merupakan salah satu poin utama dari kendaraan pikap ini. Biaya servis yang terjangkau dan garansi yang dijamin menambah kemudahan bagi konsumen, dengan lebih dari 300 jaringan bengkel dan diler resmi. Ketersediaan suku cadang yang luas dengan lebih dari 3.500 outlet di seluruh Indonesia. MMKSI menyatakan bahwa produk ini memiliki durabilitas dan umur pakai yang tahan lama.
Harga L300 Euro 4 Bekas
-
Mitsubishi L300 FD 2022 Rp183 juta
-
Mitsubishi L300 FD 2023 Rp200 jutaan
Meskipun bekas, pembaruan pada Colt L300 sangat terlihat, baik pada interior maupun eksterior. Kabinnya kini lebih luas dan nyaman. Terdapat desain speedometer analog yang baru, serta pegangan pintu yang diperbarui. Posisi speaker juga telah diubah. Pada eksterior, terlihat penyegaran dengan desain bumper dan grille yang baru, dilengkapi dengan banyak aksen kromium. Kabinnya pun kini lebih tinggi 100 mm.
Emisi gas buang Colt L300 dijanjikan akan lebih ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mitsubishi Colt L300 dilengkapi dengan mesin diesel 4N14 yang memenuhi standar Euro 4. Mesin ini memiliki kapasitas 2.268 cc dengan kode 4N14 - DOHC 4 silinder segaris, dan teknologi direct injection, intercooler, serta turbocharger common rail. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 99,25 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 200 Nm yang tersedia mulai dari 1.000 hingga 3.500 rpm. Ini berarti terjadi peningkatan tenaga sebesar 40 persen dibandingkan model sebelumnya, mendukung kapasitas muatan yang lebih besar dan tenaga yang lebih kuat.
Isuzu Traga
Isuzu Traga mengusung mesin penenggak solar (Euro 4) berkode 4JA1-L berkapasitas 2,5 liter direct injection turbo. Diklaim sangat bandel dan punya efisiensi bahan bakar baik. Menurut pabrikan, suku cadang mesin juga mudah ditemukan, di luar bengkel resmi. Dorongan torsi puncaknya mencapai 191,22 Nm sejak 1.800 rpm. Embusan daya maksimal 80 PS pada 3.500 rpm. Penyalur daya pakai transmisi manual lima percepatan, sama seperti milik D-Max.
Kisaran Harga Isuzu Traga Pikap Bekas:
-
Isuzu Traga 2019 Rp166 juta
-
Isuzu Traga 2020 Rp170 juta
-
Isuzu Traga 2021 Rp175 juta
-
Isuzu Traga 2022 Rp197 juta
Aspek penting lainnya adalah kapasitas muatan. Traga menawarkan dimensi yang sangat luas di kelasnya. Panjang kendaraan ini adalah 4.520 mm, lebarnya 1.705 mm, dan tingginya 1.985 mm. Sebagai ilustrasi, kendaraan ini dikatakan mampu mengangkut sekitar 60 galon air dalam satu kali perjalanan, yang berarti bisa membawa 12 galon lebih banyak. Kendaraan ini memiliki Berat Total Maksimum (GVW) sebesar 2.950 kg.
Untuk menopang beban tersebut, mobil komersial Isuzu ini dilengkapi dengan suspensi depan double wishbone dengan coil spring dan suspensi belakang tipe leaf spring yang telah diperkuat. Pada bagian roda, terpasang ban berukuran 195 dengan velg 14 inci untuk roda depan dan belakang. Sistem pengereman terdiri dari cakram pada roda depan dan tromol pada roda belakang.
Visibilitas dari kabin Traga cukup baik, memungkinkan pengemudi untuk melihat berbagai sudut di luar kendaraan dengan mudah. Mulai dari posisi duduk, setir, hingga tuas transmisi yang terletak tepat di sisi kiri lingkar kemudi, semuanya dirancang untuk kemudahan berkendara. Kedua model sudah dilengkapi dengan power steering, yang membuat pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan dan tidak cepat lelah saat bermanuver, terutama pada kecepatan rendah. Jika spesifikasi keseluruhan dianalisis, kendaraan ini layak dipertimbangkan untuk dibeli. Dengan mesin yang kompetitif, kapasitas muatan (GVW) yang besar, dan tampilan yang lebih menarik, ini adalah beberapa opsi kendaraan niaga bekas yang dapat Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda. (Alx/Odi)
Baca Juga: Opsi Mobil Bekas Fun to Drive, Honda Civic Hatchback RS atau Mazda3 Hatchback?
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test