Pilihan Motor 250 cc dari Semua Kategori, Buat yang Mau Naik Kelas
Penikmat sepeda motor yang sebelumnya memakai mesin kecil, kadang tak puas dan ingin naik level. Contohnya yang biasa pakai motor kapasitas mesin 150 cc, ingin naik kelas atau pindah ke 250 cc. Sebelum menentukan pilihan, berikut kuda besi kelas menengah dari semua kategori yang ada di Indonesia.
KEY TAKEAWAYS
Kelas 250 cc memang nanggung, tapi sudah bisa merasakan tenaga dan torsi lebih besar
Opsinya mulai dari skuter hingga motor trail adaYamaha Xmax Connected
Bagi pengguna skutik kecil dan mau naik kelas ke 250 cc, pilihan pertama ada Yamaha Xmax Connected. Dimensinya tidak terlalu mengintimidasi dan tergolong nyaman digunakan untuk sehari-hari. Memiliki panjang 2.180 mm, lebar 795 mm, dan tinggi 1.460 mm Sementara untuk jarak sumbu roda bermain di 1.540 mm, jarak terendah ke tanah 135 mm, dan tinggi jok mencapai 795 mm. Keseluruhan bobot motor ini berada di 181 kg dengan volume tangki BBM 13 liter.
Fiturnya ada pencahayaan full LED, Smart Key System dan sudah dilengkapi Answer Back System. Windshield bisa diatur tapi secara manual, posisi berkendara rileks dengan pijakan kaki luas, bagasi dengan daya tampung 44,9 liter dan ada lampu penerangan LED. Serta dua buah kompartemen kecil di bawah setang dan sisi kirinya ada power outlet jenis lighter.
Unggulannya ia sudah punya fitur konektivitas melalui aplikasi Y-Connect. Kecanggihan lainnya gunakan sistem TFT Infotainment Display 2 tingkat. Mampu berikan beragam informasi dan hiburan. Utamanya dilengkapi Navigation System. Dapat bekerja dengan bantuan aplikasi Garmin Street Cross yang ditampilkan melalui TFT Infotainment Display. Lainnya ada Traction Control System (TCS), ABS dua channel, lampu hazard, dan Side Stand Switch.
Punya modal mesin berkubikasi 249,8 cc, 4-tak, SOHC, 4-katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi Blue Core. Output yang dihasilkan bertahan 22,5 Hp di putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 24,3 Nm di 6.500 rpm.
Pelek depan pakai ukuran 15 inci sedangkan belakang 14 inci. Kedua roda dibalut ban masing-masing 120/70-15 dan 140/70-14. Guna menunjang keselamatan ia mengandalkan sistem pengereman berupa Single Disc di bagian depan ber diameter 267 mm dan Single Disc 240 mm di belakang.
Harganya saat ini Rp66 juta OTR DKI Jakarta. Warna yang tersedia Dark Petrol, Luxury Red, Premium Black dan juga Prestige Grey.
Honda Forza
Pilihan selanjutnya ada Honda Forza. Ia termasuk skutik 250 cc termahal, karena berstatus CBU dari Thailand. Harganya saat ini Rp90,3 juta OTR DKI Jakarta. Menjadi pesaing Yamaha Xmax dan dirinya cukup akomodatif buat rata-rata tubuh orang Indonesia.
Punya panjang 2.145 mm, lebar 750 mm, dan tinggi 1.360 mm. Jarak sumbu roda 1.510 mm, ketinggian jok 780 mm, ground clearance 145 mm dan bobot kering 186 kg. Kapasitas tangki bensinnya 11,5 liter.
Disematkan electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian windscreen. Memiliki jarak penyesuaian sekitar 40 mm. Fitur ini tentu bermanfaat ketika dipakai di dalam kota serta touring jarak jauh. USB console box di sisi kiri kokpit serta memiliki ukuran U-box yang ekstra besar. Bagasi di bawah jok itu dapat menyimpan 2 helm dan barang bawaan lainnya. Dan telah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak.
Menggendong mesin 249,01 cc, SOHC, satu silinder, berpendingin cairan. Jantung mekanis ini sudah dilengkapi teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM-FI) dan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power+). Performa di atas kertas sanggup menyemburkan torsi puncak 24 Nm di 6.250 rpm dan tenaga maksimal 23,5 Hp di 7.750 rpm. Padanannya sistem transmisi CVT.
Model ini menggunakan ban tubeless ukuran 120/70-15 di depan dan 140/70-14 belakang. Sementara bagian pengereman dilengkapi Single Disc berukuran 256 mm di depan dan 240 mm belakang.
Yamaha MT-25
Buat yang mau naik kelas ke kategori naked bike, opsi pertama ada Yamaha MT-25. Sejak pertama dirilis, tampilannya selalu agresif. Lantaran dia masih satu DNA dengan MT series atau dikenal Master of Torque. Saat ini dirinya dijual Rp57,2 juta OTR DKI Jakarta. Warna yang tersedia Metallic Dark Grey dan Metallic Blue.
Punya ketinggian jok 780 mm, dengan jarak terendah ke tanah 160 mm. Dimensinya 2.090 x 755 x 1.071 mm (PxLxT). Bobotnya 165 kg dan kapasitas tangkinya mampu menampung 14 liter.
Naked bike Yamaha menggendong mesin 250 cc 2 silinder, DOHC, 8 katup, fuel injection dan menggunakan teknologi balap Yamaha yaitu DiAsil Cylinder & Forged Piston. Ia mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 35,5 hp di 12.000 rpm dan torsi 23,6 Nm di putaran 10.000 rpm. Dayanya didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan.
Fiturnya ada speedometer full digital yang informatif. Dilengkapi shift timing light untuk memudahkan pengendara mendapatkan performa optimal. Setang lebar yang membuat posisi berkendara lebih tegak, sehingga berkendara lebih nyaman. Suspensi depan up side down (USD), bikin handling lebih sempurna, lebih stabil, dan semakin gagah. Sudah ada side stand switch sama seperti skutik. Tapi ada perbedaan, saat standar samping turun, mesin masih tetap menyala. Mati seketika saat pengendara melakukan perpindahan gigi, contohnya dari N (netral) ke gigi 1. MT-25 menjadi motor sport pertama Yamaha yang dibekali fitur itu.
KTM Duke 250
Pilihan naked bike lain ada KTM Duke 250. Saat ini dijual Rp65 juta OTR DKI Jakarta. Desainnya banyak disukai orang lantaran banyak sudut-sudut tajam. Sudah disematkan LED daytime running light (DRL) yang terintegrasi pada headlight bertipe Halogen. Walau belum full LED, tetap mampu menampilkan cahaya yang terang saat berkendara di malam hari. Pakai rangka jenis teralis. Bahkan teknologinya diambil dari motor balap Moto3 KTM.
Dimensinya memiliki ukuran panjang 2.026 mm, lebar 836 mm, dan tinggi 1.267 mm. Lalu untuk jarak terendah ke tanahnya mencapai 185 mm dan tinggi tempat duduknya mencapai 830 mm. Buat yang punya tinggi badan dibawah 170cm dijamin jinjit. Penampung bahan bakar mencapai 13,4 liter.
Dibekali mesin berkapasitas 248,8 cc 1 silinder, DOHC, 4-valve dan dilengkapi sistem pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 29,9 hp yang bisa diraih di putaran mesin 9.000 rpm. Untuk transmisinya mengandalkan gearbox 6 percepatan yang disempurnakan oleh fitur slipper clutch.
Tenaganya memang di bawah MT-25, tapi soal torsi Duke lebih unggul. Ia bisa mengeluarkan torsi puncak sebesar 24 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Apalagi dengan bobot keringnya yang cuma 146 kg. Walhasil kemampuan akselerasinya satu tingkat di atas si Yamaha. Selain itu, ia juga diklaim memiliki power to weight ratio terbaik di kelasnya.
Selain sliper clutch, KTM membekali Duke 250 dengan pengereman ABS (Antilock Braking System) dua channel. Speedometer full digital, menampilkan beragam informasi secara detail dan mudah terbaca. Termasuk perpindahan gigi, indikator bahan bakar, rpm dan kecepatan berkendara. Setang juga mengadopsi handlebar, cocok untuk berkendara jarak jauh ataupun dekat.
Jok belakang dibuat terpisah dengan jok depan, sehingga menambah kesan sporty. Ia lebih unggul di bagian kaki-kakinya. Paling menarik perhatian, ia pakai suspensi depan up side down dengan diameter sangat besar, yakni berukuran 43 mm. Suspensi itu membuat tampilan Duke 250 terlihat lebih kekar. Selain itu, die-cast swing arm yang ringan dan kuat membuatnya lebih stabil di kecepatan tinggi.
Kawasaki KLX250
Bagi pengguna motor trail yang sebelumnya pakai 150 cc, bisa pilih KLX250 sebagai opsi pertama. Bodinya ramping yang terinspirasi dari model KX. Saat ini dijual Rp71,1 juta OTR DKI Jakarta. Hanya tersedia satu pilihan warna, Lime Green.
Ia pakai rangka model Diamond Frame, sama seperti KLX series lainnya. Bermanfaat buat para pengemudi ketika berkendara di berbagai kondisi jalan, terutama jalan offroad. Dimensi Panjang x lebar x tinggi (2.200 x 820 x 1.205 mm). Jarak poros roda 1.430 mm, Ground Clearance 285 mm, tinggi tempat duduk 890 mm, berat total 137 kg dan volume bahan bakarnya 7,7 liter.
Dapur pacu KLX250 membawa mesin injeksi 250 cc DOHC 4-katup, berpendingin cairan, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan dan sudah mengantongi sertifikasi EURO3. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 21,4 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 21 Nm di putaran 7.000 rpm.
Enjinnya mengadopsi Kawasaki Automatic Compression Release (KACR). Teknologi yang membuat mesin langsung responsif begitu dinyalakan. Karakter mesinnya overbore dengan rasio kompresi hingga 11:1. Menghasilkan akselerasi dan torsi yang kuat.
Untuk suspensi, KLX250 mengandalkan Uni Trak dengan penyetelan kompresi, rebound dan spring preload di bagian belakang dan telescopic inverted fork di depan. Keduanya merupakan long travel sehingga tetap memberikan kenyamanan berkendara optimal di medan sulit. Ia pakai kombinasi roda 21 inci (depan) dan 18 inci (belakang). Menggunakan ban tapak lebar dan rem cakram besar di depan dan belakang.
Honda CRF250L
Ada pendatang baru di kelas trail, yaitu Honda CRF250L. Bisa jadi opsi menarik buat penggemar motor ‘penggaruk tanah’ yang ingin naik kelas. Ia punya wujud yang identik dengan CRF150L. Saat ini dirinya dibanderol Rp79,9 juta OTR DKI Jakarta.
Bicara performa, Honda CRF250L dibekali jantung pacu 249 cc, DOHC, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi PGM-FI. Rancang ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 25,3 Hp di 8.500 rpm dan torsi puncak 23,1 Nm di 6.500 rpm. Dikawinkan dengan sistem transmisi manual kopling 6-percepatan. Guna mendukung keasyikan berkendara, Honda juga menyuntiknya dengan peranti Assist & Slipper Clutch untuk mengurangi risiko engine brake berlebih saat deselerasi.
Dirinya mengadopsi rangka jenis Semi-Double Cradle yang terkenal kokoh dan kuat. CRF250L memiliki panjang 2.229 mm, lebar 903 mm, dan tinggi 1.203 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda berada di 1.453 mm, ground clearance 277 mm, tinggi jok 893 mm, dan berat 140 kg. Untuk kapasitas bensinnya mencapai 7,8 liter.
Dibekali kaki-kaki mumpuni. Haluan depan pakai suspensi jenis upside down dari Showa berdiameter 43 mm. Dikombinasi Aluminium Swing Arm dengan Showa 260 Axle Pro-Link, lebih ringan dan daya tahan kuat. Serta membuat tampilan lebih sporty, gagah dan kokoh.
Kemudian kombinasi lingkar roda depan ukuran 21 inci dan 18 inci di belakang juga turut memperkuat identitas serbabisa dari CRF250L. Pengereman depan-belakang sudah pakai cakram.
Fiturnya ada lampu dan penanda sein yang sudah berteknologi LED serta panel meter full digital. Di situ, pemilik bisa memantau berbagai informasi penting seperti odometer, tripmeter, jam, dan ragam indikator soal kendaraan.
Suzuki Gixxer SF 250
Beralih ke motorsport 250 cc full fairing. Opsi pertama datang dari pabrikan Suzuki, ada Gixxer SF 250. Unit yang dijual di sini statusnya adalah CBU (Completely Built Up) alias diimpor utuh dari India. Saat ini ditawarkan dengan banderol Rp51 juta OTR.
Hadir dengan tampilan konsep sport touring. Kesan touringnya bisa dilihat dari penggunaan setang jenis clip-on yang letaknya berada di atas segitiga. Posisinya bahkan dibuat nyaris setinggi tangki BBM.
Dari segi fitur, tak ada perbedaan dengan unit yang dijual di Thailand maupun India. Motor ini tetap menggunakan lampu depan-belakang LED, panelmeter full digital, dan pengereman dual ABS (Anti-lock Braking System).
Dapur pacunya mengusung mesin 1-silinder, 4-tak, SOHC, 248 cc, 4-katup, pendingin oli (SOCS), dan berpengabut injeksi. Klaim Suzuki, motor ini memiliki tenaga maksimal 26,5 Hp di 9.300 rpm dan torsi puncak menyentuh 22,6 Nm di putaran mesin 7.300 rpm. Outputnya disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.
Untuk peranti deselerasi, di roda depan dibekali cakram berukuran 300 mm yang dijepit dengan kaliper 2 piston dari Bybre. Sedangkan di belakang pakai kaliper Bybre berkonfigurasi 1 piston.
Sementara untuk rancang kaki-kakinya, haluan depan kedapatan peredam kejut tipe teleskopik yang dipadu dengan monoshock tanpa link namun sudah memiliki pengaturan setel preload. Suzuki Gixxer SF 250 untuk pasar Indonesia hadir dalam 2 pilihan warna yakni Blue dan Black.
Yamaha New R25
Alternatif lain bisa ambil Yamaha R25. Mengusung konsep Riding The R Anytime khas R-Series. Tampang depannya mengandalkan Dual Headlight yang dipisahkan oleh ram air, memberikan kesan racing. Saat ini dirinya dilego Rp70,2 juta OTR DKI Jakarta. Tersedia dua pilihan warna, Racing Blue dan Metallic Black.
New R25 pakai frame deltabox yang terkenal rigid dan kuat serta stabilitas baik. Punya ukuran 2.090 x 720 x 1.135 mm (PxLxT). Ukuran wheelbase 1.380 mm, ground clearance 160 mm, dan tinggi jok 780 mm. Bobot isi 166 kg dan kapasitas tangki bensin 14 liter.
Jantung pacunya berkapasitas 249 cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan. Tenaga yang mampu dihembuskan sebesar 36 Hp pada 12.000 rpm dan torsi puncak 23,6 Nm di putaran 10.000 rpm. Dayanya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual.
Punya fitur headlight dan stoplamp berteknologi LED, panel instrumen full digital dengan tampilan modern. Menyajikan semua informasi motor dalam sebuah layar LCD monokromatik berukuran kotak besar. Disematkan fitur gear shift timing light, untuk memberikan sinyal kepada pengendara lewat kedipan lampu bulat kecil di sisi kanan. Orientasinya agar sang rider bisa mengetahui kapan waktu yang tepat saat berpindah gigi transmisi.
Pakai suspensi upside down dan monoshock tanpa link yang ditopang lengan ayun asimetris di belakang. Sedangkan rodanya, pakai ukuran 110/70-17 untuk depan dan 140/70-17 buat belakang. Sistem pengereman New R25 dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm yang dijepit dua piston ganda di depan dan piston tunggal di bagian belakang.
Honda CBR250RR
Dari segi rancang bangun, New CBR250RR masih mengandalkan sasis tipe Diamond (Truss) Frame. Punya panjang 2.061, lebar 724 dan tinggi 1.114 mm. Tinggi joknya 790 mm, wheelbase 1.389 mm, dan jarak terendah ke tanah 145 mm. Ia punya berat kering 168 kg (ABS) dan 165 kg (STD). Sedang kapasitas tangkinya 14,5 liter.
Khusus varian New CBR250RR SP dan SP QS dibekali mesin baru. Masih berkonfigurasi 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, parallel twin cylinder. Sekarang dirinya dapat menghasilkan tenaga maksimal 42 PS atau 41,5 Hp pada 13.000 rpm dan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm. Naik sekitar 1 Hp dibanding model sebelumnya. Sedang angka akselerasi masih sama. Kenaikan itu berkat update di ruang pembakaran, meliputi silinder head, ring piston, gear ratio dan juga camshaft. Sementara buat varian standar masih menggunakan enjin yang serupa dengan pendahulunya.
Jantung pacu seperempat liter Yamaha berkapasitas 249 cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan. Tenaga yang mampu dihembuskan sebesar 36 Hp pada 12.000 rpm dan torsi puncak 23,6 Nm di putaran 10.000 rpm. Dayanya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual.
Fiturnya ada pencahayaan full LED. Tampilan spidometer full digital negative display dengan Multi Information Display (MID). Dengan indikator 3 mode berkendara, yaitu comfort, sport, dan sport plus. Ketiganya memberikan karakter power yang berbeda, akibat bukaan katup di throttle body yang diatur ECU.
Sudah menganut Throttle by Wire (TBW). Khusus varian tertinggi sudah menggunakan Quickshifter untuk perpindahan gear lebih cepat dan responsif. Punya empat penyetelan. Lalu Assist & Slipper Clutch yang membuat tarikan kopling lebih ringan dan mengurangi engine brake saat menurunkan gear. Tak lupa pula Anti-lock Brake System (ABS) demi memberikan kenyamanan maksimal dan lampu hazard buat keadaan darurat.
New CBR250RR varian SP dengan warna Mystique Blue dijual Rp75,150 juta. Sedangkan untuk varian SP Quick Shifter dengan pilihan striping Bravery Red Black dibanderol Rp79,2 juta serta tema Honda Racing Red dan Tri Color yang dilego Rp79,8 juta. Sedang versi Standar dengan pilihan grafis Black Freedom Rp62,850 juta dan Mat Gunpowder Black Metallic harganya saat ini Rp67,650 juta. Semuanya berstatus OTR DKI Jakarta.
Kawasaki Ninja ZX-25R
New Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dengan fitur-fitur terbaru. Di antaranya LED Signal Lamp, suspensi depan dan suspensi belakang yang dapat disesuaikan, knalpot berdesain spesial dan sudah standar emisi Euro 4, membuat tampilannya semakin gagah. TFT meter dengan Circuit mode and Rideology The App memungkinkan pengendara untuk terhubung ke sepeda motor secara nirkabel. New Ninja ZX-25R menjadi motor sport full fairing 250 cc pertama di Indonesia yang mengusung fitur konektivitas. Saat ini dirinya dijual mulai dari Rp105 juta OTR DKI Jakarta.
Untuk spesifikasi mesin masih sama dengan versi sebelumnya. Menggendong enjin berkapasitas 249,8 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup. Memiliki diameter bore x stroke 50,0 x 31,8 mm, serta rasio kompresi mesin 11,5:1. Tenaga maksimalnya mencapai 49,5 Hp pada 15.500 rpm dan torsi puncaknya 22,9 Nm pada putaran 14.500 rpm. Powernya itu disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks enam percepatan.
Memiliki sederet fitur canggih. Lampunya sudah berteknologi LED, baik di bagian depan maupun belakang. Ada Kawasaki Traction Control (KTRC) yang memiliki tiga mode berkendara dan bisa disetel off. Ada Power Mode Selection yang memungkinkan pengguna dapat mengatur output power mesinnya sesuai keinginan. Terdapat dua pilihan yakni Full dan Low. Kemudian KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang hanya tersedia di varian tertinggi. Bukan hanya upshifts, tapi juga bisa downshifts, dan mulai berfungsi di atas 2.500 rpm.
Demi memberikan cengkeraman yang baik saat melaju di aspal, motor sport 250 cc 4-silinder ini dipasangkan ban radial GPR300 lansiran Dunlop. Memberikan efek ringan sehingga handling menjadi gesit. Ukuran yang digunakan yakni 110/70 depan dan 150/60 belakang.
New Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dengan tiga varian. Terdiri dari STD, ABS SE dan Ninja ZX-25RR. Harganya saat ini dijual Rp105 juta (Standar), Rp123,5 juta ABS SE dan Rp129,9 juta (ZX-25RR). Semua banderol berstatus on the road DKI Jakarta. (Bgx/Odi)
Baca Juga: 10 Alasan Memilih Skuter Matik Ketimbang Motor Jenis Lain
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test