Pilihan Skutik Bekas Murmer Tak Sampai Rp5 Juta, Cocok buat Harian
Mencari motor matik bukan cuma unit baru saja tapi model bekas juga jadi pilihan. Biasanya jadi alternatif tepat ketika dana Anda terbatas. Namun tidaklah mudah mendapatkan sesuai harapan. Banyak yang kondisinya amburadul dan tidak terawat. Tak sedikit pula penjual cuek soal surat-surat kendaraan. Kalau Anda hanya punya bujet Rp5 juta, bisa sekali mendapatkan skutik idaman. Tapi perlu kejelian lebih dalam memilih unit dan siap membenahi untuk penyegaran. Berikut kami sajikan pilihannya berdasarkan harga pasaran sekarang.
Yamaha Mio Sporty 2008-2009
Yamaha Mio Sporty keluaran 2008-2009 patut sekali dipertimbangkan. Harga pasarannya pas dengan dana di bawah Rp5 juta. Di laman jual beli daring, motor ini punya banderol mulai Rp3 juta sampai Rp4,5 juta. Diferensiasi harga umumnya dilihat dari kondisi fisik dan juga pajak kendaraan.
Untuk dapur pacunya dia mengemas mesin 113,7 cc, SOHC 4-tak, pendingin udara, dan pengabut karburator. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,5 daya pada 8.000 rpm dan torsi puncak. Urusan akomodasi juga bisa diandalkan. Ia punya ruang penyimpanan di dek kiri dan kanan depan. Kemudian ada hook untuk membawa barang tambahan dan ruang bagasi yang cukup besar namun sayangnya memang tidak bisa menyimpan helm atau barang berdimensi besar.
Yamaha Mio Soul 2008-2010
Pilihan kedua bisa melirik Yamaha Mio Soul. Buat harga di bawah Rp5 juta unit yang boleh dipertimbangkan adalah produksi 2008 sampai 2010. Harga jual pasaran dari motor ini di lapak online dilepas mulai Rp3,5 juta sampai Rp4,8 juta. Tampilannya lebih sporty ketimbang Mio, desain batok bodi dan setang saat itu jadi tren lantas diikuti juga oleh beberapa model Yamaha lain.
Rangkanya menggendong mesin 113,7 cc SOHC, 4-tak, berpendingin udara, dan berpengabut karburator. Output tenaganya adalah 8,7 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 7,84 Nm di 7.000 rpm. Urusan akomodasi, Yamaha Mio Soul kurang lebih memiliki persamaan dengan Mio Sporty. Dia memiliki penyimpanan di dek depan, hook, dan juga bagasi utama di bawah jok pengemudi.
Honda BeAT 2008-2010
Opsi ketiga bisa melirik Honda BeAT. Motor matik dengan dimensi kompak ini dijual dengan banderol Rp4 juta hingga Rp4,4 juta untuk produksi 2008 sampai 2010. Bicara teknis mesin, Honda BeAT generasi pertama itu dibekali enjin 108 cc, SOHC 4-tak, berpendingin udara dan berpengabut karburator, Honda BeAT generasi pertama ini diklaim punya tenaga 8,1 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 8,3 Nm di 5.500 rpm.
Honda Spacy 2011
Keempat Honda Spacy lansiran 2011. Di lapak jual beli online, motor ini dilego dengan Rp 4,1 juta sampai Rp4,7 juta. Meski kurang dilirik konsumen saat itu, motor ini masih patut untuk digunakan buat harian. Mesinnya dibekali kubikasi 108 cc, 4-tak SOHC, pendingin udara dan berpengabut karburator. Tenaganya diklaim mampu menyentuh 8,4 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 8 Nm di 6.000 rpm. Urusan bawa-bawa barang identik dengan 3 motor di bekas di atas. Rasanya masih cukup untuk menemani mobilitas harian pemiliknya.
Suzuki Skywave 2008
Pilihan terakhir agak mainstream. Suzuki Skywave lansiran 2008. Motor matik dengan ukuran cukup gambot ini dijual Rp4,3 juta sampai Rp4,8 juta tergantung kondisi. Kelebihan di banding pilihan motor bekas yang sudah dijelaskan di atas, Skywave punya kapasitas mesin paling besar. Dia mengemas enjin 125 cc, SOHC, pendingin udara, dan pengabut karburator.
Dengan racikan mesin itu, Suzuki Skywave mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 9,6 daya kuda di 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm. Urusan bawa-bawa barang, motor ini lebih besar daya angkut karena bisa menampung 1 buah helm di balik jok, memiliki 2 kompartemen di dek depan, dan juga komponen hook.
Wajib Perhatikan!
Harga di atas bersifat tentatif, artinya bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Saran dari kami, karena motor ini masuk kategori matik lawas ada baiknya perhatikan secara menyeluruh kondisi mesin, bodi, kaki-kaki, dan juga kelengkapan dokumen berupa STNK dan BPKB.
Kemudian jangan lupa untuk membawa mekanik kepercayaan guna menginspeksi motor bekas yang sedang diincar. Hal ini penting untuk mengetahui atau memperhitungkan estimasi biaya perbaikan jika memang ada kerusakan. (Kit/Odi)
Baca Juga: Yamaha NMax Bekas Tahun Muda, Banderol Selisih Sedikit dari Unit Gres
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test