Porsche 911 GT2 RS Patahkan Rekor Mercedes-AMG GT Black Series di The Green Hell

Porsche 911 GT2 RS Manthey-Racing

Saling cetak rekor di Sirkuit Nurburgring tak pernah usai. Malah makin seru dan upaya terus saja ada. Torehan terakhir mobil produksi massal dipegang oleh Mercedes-AMG GT Black Series. Belum genap setahun menggenggamnya, tahta itu sudah harus terlepas. Disabet langsung oleh Porsche 911 GT2 RS yang dikemudikan Lars Kern.

Catatan waktunya sangat impresif. GT2 RS mampu mengitari trek legendaris sepanjang 20,83 km dalam 6 menit 43,300 detik saja. Unggul tipis dari GT Black Series dalam 6 menit 43,616 detik. 

Porsche 911 GT2 RS Manthey-Racing

Terkadang sulit mencerna kemampuan teknik Porsche hingga mampu secepat itu. Layout masih sama sejak puluhan tahun lalu. Mesin tetap berada di belakang dan bukanlah penghasil daya kuda terbanyak. Tapi mereka paham jumlah tenaga bukanlah segala. Banyak faktor lain yang amat berpengaruh terutama ketika berada di atas lintasan sirkuit. Dan perlu diketahui, 911 GT2 RS ini bukan murni hasil racikan sendiri. Porsche menggandeng Manthey-Racing untuk membantu tuning paling pas agar bisa mencetak rekor.

Manthey Performance Kit meningkatkan kemampuan sasis, rem dan aerodinamika. Diet bobot perlu dilakukan agar tercipta rasio tenaga lebih baik. Dipakailah pelek magnesium 20-inci di depan dan alloy 21-inci di belakang. Itu saja memangkas 11,4 kg. Agar hambatan udara mampu menekan mobil kuat ke aspal, diberi tambahan sayap di spoiler depan, underbody bahan karbon dan sirip di sekitar roda depan. Paket performa itu juga termasuk sayap belakang ekstrabesar, diffuser didesain ulang dan cakram rem belakang lebih aerodinamis. Hasilnya downforce meningkat dari 49 kg ke 70 kg di kecepatan 200 km/jam di depan. Sementara bagian belakang melonjak dari 93 kg jadi 200 kg. Semua komponen Manthey bisa dibeli terpisah di Porsche Center.

Porsche 911 GT2 RS Manthey-Racing

Optimalisasi pengendalian termasuk dalam sasaran utama paket performa Manthey. Suspensi pakai coilover berorientasikan sirkuit. Ada 3 setelan untuk suspensi depan dan 4 pilihan di belakang. Penghenti laju pun perlu juga diperkuat. Kaliper tetap sama tapi gunakan kampas spesial. Karet bundar penjaga traksi mempercayakan Michelin Pilot Sport Cup 2 R yang legal dipakai di jalanan umum.

Semua tuning itu membuat mesin standar GT2 RS lebih optimal. Luapan tenaga 700 PS dan torsi 750 Nm keluar dari enjin flat-six 3,8-liter twin-turbo. Sejauh ini paling bertenaga dalam sejarah 911. Pasangannya ada transmisi PDK 7-speed yang bertugas mengirim semua daya ke roda belakang. Data akselerasi klaim pabrikan, 0-96 km/jam ditempuh 2,6 detik.

Porsche 911 GT2 RS Manthey-Racing

Ambisi Porsche dalam mencatatkan rekor di The Green Hell memang tak aneh lagi. Dengan masuknya 911 GT2 RS Manthey-Racing, menambah deretan model Porsche dalam 10 besar mobil tercepat di sana. GT2 RS versi standar berada di posisi empat dengan waktu 6 menit 47,3 detik. Terlihat peningkatan yang begitu signifikan dibanding Manthey. Lalu masih ada 911 GT3 RS (991.2) di tempat keenam dan 918 Spyder di peringkat tujuh. Belum lagi dominasi di kelas SUV yang juga baru saja tercipta rekor baru oleh Cayenne Coupe. Betul-betul tidak ada kata puas. (Odi)

Baca Juga: Brabus Rocket 900, Super Saloon Berbasis Mercedes-AMG GT 63 S

Jelajahi Porsche 911

Model Mobil Porsche

Mobil Porsche
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche Macan Electric
    Porsche Macan Electric
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Porsche Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Coupe

Artikel Mobil Porsche 911 dari Carvaganza

  • Porsche 911 Facelift Meluncur di Indonesia, Versi T-Hybrid Sudah Bisa Dipesan
    Porsche 911 Facelift Meluncur di Indonesia, Versi T-Hybrid Sudah Bisa Dipesan
    Wahyu Hariantono . 09 Nov, 2024
  • Porsche 911 GT3 Rilis Versi Terbaru, Lebih Mantap Lahap Sirkuit dan Ramah Keluarga
    Porsche 911 GT3 Rilis Versi Terbaru, Lebih Mantap Lahap Sirkuit dan Ramah Keluarga
    Muhammad Hafid . 22 Okt, 2024
  • TEST DRIVE: Porsche 911 GTS T-Hybrid, Eksploitasi Luapan Performa yang Semakin Efisien
    TEST DRIVE: Porsche 911 GTS T-Hybrid, Eksploitasi Luapan Performa yang Semakin Efisien
    Wahyu Hariantono . 02 Okt, 2024
  • Porsche Rayakan 50 Tahun 911 Turbo Lewat Koleksi Outfit Tartan
    Porsche Rayakan 50 Tahun 911 Turbo Lewat Koleksi Outfit Tartan
    Alvando Noya . 13 Sep, 2024
  • Pengembangan Porsche 911 Hybrid Hampir Rampung, Siap Debut Tahun Ini
    Pengembangan Porsche 911 Hybrid Hampir Rampung, Siap Debut Tahun Ini
    Alvando Noya . 24 Mei, 2024

Artikel Mobil Porsche 911 dari Oto

  • Berita
  • Porsche 911 922.2 Mengaspal di Indonesia
    Porsche 911 922.2 Mengaspal di Indonesia
    Wahyu Hariantono . 11 Nov, 2024
  • Porsche 911 GT3 RS Debut Asia Pasifik di Indonesia
    Porsche 911 GT3 RS Debut Asia Pasifik di Indonesia
    Wahyu Hariantono . 04 Feb, 2023
  • Porsche 911 GT3 Meluncur di Indonesia, Lebih Kencang dari Versi Sebelumnya
    Porsche 911 GT3 Meluncur di Indonesia, Lebih Kencang dari Versi Sebelumnya
    Wahyu Hariantono . 02 Apr, 2022
  • Gemballa Siap Racik Porsche 911 Jadi Bergaya Dakar dengan Dana Modifikasi Rp 8,5 miliar
    Gemballa Siap Racik Porsche 911 Jadi Bergaya Dakar dengan Dana Modifikasi Rp 8,5 miliar
    Ahmad Karim . 15 Jul, 2021
  • Porsche 911 Berpostur Jangkung Tertangkap Basah, Penanda Kelahiran Model Safari?
    Porsche 911 Berpostur Jangkung Tertangkap Basah, Penanda Kelahiran Model Safari?
    Ahmad Karim . 14 Jul, 2021