JAKARTA – Porsche Indonesia akhirnya memulai rangkaian peluncuran model-model baru yang dijanjikan akan hadir tahun ini. Jenama asal Jerman itu mengawalinya dengan merilis Cayenne Coupe. Meluncur Jumat (10/7/2020) siang, Cayenne Coupe menghadirkan sensasi dan karakter lebih sporty dari SUV berdimensi bongsor.
Secara umum, jika bisa dibilang, Cayenne Coupe adalah alternative lain bagi pecinta Porsche. Psalnya, ia bukanlah hal yang benar-benar baru. Ia menggunakan basis Cayenne generasi ketiga yang sudah lebih dulu hadir. Seperti namanya, ia tampil dengan body styling a la coupe. Ini terlihat dari desain garis atap yang rendah di bagian belakang, untuk ciptakan tampilan yang semakin sporty. Dikatakan, ubahan desain ini mengadopsi garis khas yang selalu ditampilkan pada model andalan mereka, yaitu 911.
Cayenne Coupe tampil pertama kali ke ramah public secara global pada 2019 lalu, tepatnya Juni. Sekitar satu tahun kemudian mobil ini resmi dibawa ke pasar Indonesia, berselang dua tahun setelah Cayenne berganti generasi. Untuk pasar Indonesia, didatangkan dua varian, yaitu Cayenne Coupe dan Cayenne S Coupe.
Pilihan mesin V6 3,0 liter turbo dipasang untuk Cayenne Coupe, yang bertenaga 355 hp dan torsi 450 Nm. Sementara untuk Cayenne S Coupe mesin menggunakan V6 2,9 liter twin-turbo, lebih powerful dengan kombinasi 434 hp dan 550 Nm. Kedua varian ini sama-sama dibekali transmisi otomatis 8-speed.
Performa
Dengan mesin sebesar itu, kemampuan Cayenne Coupe memang yahud. Disebutkan ia mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam pada Cayenne Coupe hanya dalam 6,2 detik, Catatan ini bisa lebih singkat lagi menjadi hanya 5,9 detik jika dilengkapi Chrono Package. Sementara Cayenne S Coupe, bisa melesat 0-100 km/jam dalam 4,9 detik. Seluruhnya dilakukan dengan sistem penggerak all-wheel drive.
Salah satu fitur baru yang dibawa oleh Cayenne Coupe untuk pasar Indonesia adalah Porsche Surface Coated Brake (PSCB). Sistem pengereman ini menggunakan material baru untuk cakram remnya. Lapisan ceramic yang mengilat tidak menggunakan ventilasi cross-drilled, melainkan berada di antara dua lapisan cakram. Sistem ini bahkan menggunakan kaliper 10 piston di roda depan, untuk performa pengereman yang lebih maksimal.
Bisa dibilang keseluruhan Cayenne Coupe sama seperti pada versi Cayenne standar. Yang membedakan, jika duduk di kursi baris kedua akan terasa ruang kepala yang berkurang karena atap yang lebih rendah. Apalagi soal pilihan personalisasinya, sama-sama dengan range yang identik.
Sistem Hiburan
Bagian kabin, seperti hanya produk Porsche lainnya, hadir mewah. Sistem infotainment Porshe Communication Management (PCM) sudah mengadopsi versi terbaru, tentunya dengan fungsi yang semakin lengkap. Multimedia seperti hiburan, navigasi dan pengaturan kendaraan bisa diakses melalui layar sentuh 12,3 inci. Bahkan konektivitas Apple CarPlay semakin maksimal pada Cayenne Coupe.
Kenyamanan di dalam kabin didukung oleh jok semi bucket untuk baris depan, yang masing-masing dilengkapi 3 slot memori pengaturan. Setir bisa diatur posisinya sesuai keinginan secara elektris, baik tilt maupun teleskopis. Secara total, untuk pengemudi saja posisi duduk bisa diatur dalam 18 arah berbeda.
Jika boleh jujur, tampilan Cayenne Coupe layaknya sebuan Panamera dengan postur yang lebih bongsor. Tetapi pastinya Cayenne memiliki nilai utilitas yang jauh lebih baik dari Panamera. Meski tidak diungkap resmi harganya, konon Cayenne Coupe bisa dipinang dengan label mulai Rp 3,4 miliar off the road. Anda berminat? (Why/Raju)
[gallery link="file" ids="18987,18985,18986,18988,18989,18994,18990,18991,18992,18993,18996,18995">
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.