Produksi Mitsubishi L300 Pindah Sementara ke Filipina, Niscaya Ganti Mesin Juga

L300

Aturan standar emisi gas buang diesel Euro 4 berlaku April 2022 di Indonesia. Jadi, pengguna enjin penenggak solar harus berbenah di sini. Salah satunya ialah kendaraan niaga ringan legendaris L300. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku hanya sementara mengambil unit dari Filipina. Sebab di sana sudah mengantongi sertifikasi Euro 4. Mesin Astron 2,5 liter Euro 2 pun ditanggalkan, beralih pakai 2,2 liter.

KEY TAKEAWAYS

  • Mitsubishi L300 di sana menggunakan mesin 2,2 liter turbo 4 in-line 16 valve DOHC with turbocharged intercooler system

    Dengan sistem common rail direct injection, tenaga sebesar 99,25 PS dan torsinya 200 Nm
  • “Sebenarnya, memindahkan produksi ke Filipina hanya sementara. Karena kami ingin memberikan produksi yang lebih tepat untuk negara ASEAN, makanya dipindahkan. Tapi bukan berarti kami menyerahkan produk itu tidak diproduksi di Indonesia. Karena ini (L300) adalah produk yang sangat bersejarah buat Indonesia. Ini hanya sementara dan akan kembali lagi,” ucap Naoya Nakamura, President Director MMKSI, saat konferensi daring kemarin.

    Untuk diketahui, L300 di Indonesia pakai mesin diesel Astron 2,5 liter berkode 4D56. Spesifikasi bore mencapai 91,1 mm dan stroke 95 mm. Mesin penenggak solar ini dapat mengeluarkan daya puncak 74 PS pada 4.200 rpm. Lalu torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Ia disalurkan pakai transmisi lima percepatan. Sedangkan enjin di Filipina berkubikasi lebih ringkas tapi tetap bertenaga.

    Baca Juga: Mitsubishi Indonesia Fokus ke Konsumen Hadapi Persaingan Pasar Otomotif 2022

     

    MMPC L300

    L300 di sana menggunakan enjin 2,2 liter turbo (4 in-line 16 valve DOHC with turbocharged intercooler system). Dengan sistem pengabutan common rail direct injection, tenaga tersalur jauh lebih besar dari model di Indonesia. Yakni 99,25 PS di 3.500 rpm dan momen puntir maksimal 200 Nm sejak 1.000-3.500 rpm. Penyaluran sama, pakai transmisi manual 5-speed ke roda belakang.

    Varian pikap memiliki panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.915 mm. Jarak sumbu roda 2.350 mm dengan ground clearance 195 mm. Adapun ukuran bobot keseluruhan 1.130 dan daya angkut maksimal 2.345 kg. Tipe suspensi terpasang double wishbone dan coilspring di bagian depan L300. Sementara di belakang, mengusung semi eliptic leaf spring. Ukuran ban L300 185 ring 14.

    Terus, sektor pengeremannya sama seperti di sini. Sudah menggunakan cakram berventilasi 10 inci di bagian depan. Walau teromol masih dipakai di roda belakang, tetapi itu cukup guna mengoptimalkan penghela laju kendaraan. Yang membedakan lagi, kini grille dibalut lapisan kromium. Spesifikasi terkandung dinilai cukup untuk menghadapi berbagai medan.

    “Euro 4 (diesel) merupakan regulasi baru di Indonesia. Kami juga harus ikut, termasuk Mitsubishi. Negara lain telah memberlakukan (aturan itu), jadi tidak perlu khawatir, karena produk ini juga tidak akan mengalami kendala,” imbuh Naoya Nakamura. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Bagaimana Kabar Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 untuk Pasar Indonesia?

    Jelajahi Mitsubishi L300

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi L300
    • Tampak Grille L300
    • Fog lamp depan L300
    • Lampu depan L300
    • Tampak depan medium Mitsubishi L300
    • Tampak belakang low angle L300
    • Tampak depan L300, sudut rendah
    Mitsubishi L300
    Rp 230 - 232,5 Juta Cicilan : Rp 5,25 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Pajero Sport
      Mitsubishi Pajero Sport
    • Mitsubishi Pajero Sport Elite
      Mitsubishi Pajero Sport Elite
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Pickup Truck

    Artikel Mobil Mitsubishi L300 dari Carvaganza

    • Dari Buruh Sampai Jadi Pengusaha, Ini Cerita Susah-Senang Pengguna Mitsubishi L300
      Dari Buruh Sampai Jadi Pengusaha, Ini Cerita Susah-Senang Pengguna Mitsubishi L300
      Anjar Leksana . 30 Mei, 2023
    • Ribuan Mitsubishi L300 Penuhi Candi Banyunibo Rayakan HUT ke-8 JEC
      Ribuan Mitsubishi L300 Penuhi Candi Banyunibo Rayakan HUT ke-8 JEC
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Sudah Standar Euro 4, Begini Cara Mitsubishi Colt L300 Jadi Primadona di Kelasnya
      Sudah Standar Euro 4, Begini Cara Mitsubishi Colt L300 Jadi Primadona di Kelasnya
      Alvando Noya . 27 Mei, 2023
    • Ubahan Baru Mitsubishi New Colt L300 Sumbang Untung Pebisnis
      Ubahan Baru Mitsubishi New Colt L300 Sumbang Untung Pebisnis
      Alvando Noya . 28 Mar, 2023
    • Mitsubishi Pastikan Konsumen L300 Mudah Akses Dealer dan Spare Part di Seluruh Indonesia
      Mitsubishi Pastikan Konsumen L300 Mudah Akses Dealer dan Spare Part di Seluruh Indonesia
      Alvando Noya . 29 Jul, 2022

    Artikel Mobil Mitsubishi L300 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
      Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
    • Cerita Pengguna Mitsubishi L300 Euro 4 yang Pakai Bio Solar
      Cerita Pengguna Mitsubishi L300 Euro 4 yang Pakai Bio Solar
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Ratusan Komunitas L300 Meriahkan Kopdarnas di Candi Banyunibo
      Ratusan Komunitas L300 Meriahkan Kopdarnas di Candi Banyunibo
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Mitsubishi Indonesia Siap Produksi Kembali Colt L300 Euro 4
      Mitsubishi Indonesia Siap Produksi Kembali Colt L300 Euro 4
      Anjar Leksana . 06 Apr, 2023
    • Mitsubishi Klaim New L300 Euro 4 Dapat Respons Positif di Jawa Barat, Kontribusi Penjualan 58 Persen
      Mitsubishi Klaim New L300 Euro 4 Dapat Respons Positif di Jawa Barat, Kontribusi Penjualan 58 Persen
      Bangkit Jaya Putra . 27 Mar, 2023
    • Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
      Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
      Anjar Leksana . 01 Jul, 2022
    • Isuzu Traga Vs Mitsubishi L300, Pilih Unit Kuat nan Modern atau Pikap Legendaris?
      Isuzu Traga Vs Mitsubishi L300, Pilih Unit Kuat nan Modern atau Pikap Legendaris?
      Anjar Leksana . 02 Nov, 2020
    • Pilihan Pikap Buat Usaha, Isuzu Traga atau Mitsubishi L300?
      Pilihan Pikap Buat Usaha, Isuzu Traga atau Mitsubishi L300?
      Anjar Leksana . 23 Agu, 2019
    • Mengenal Sejarah Mitsubishi L300 di Indonesia
      Mengenal Sejarah Mitsubishi L300 di Indonesia
      Muhammad Hafid . 14 Nov, 2018