Aturan standar emisi gas buang diesel Euro 4 berlaku April 2022 di Indonesia. Jadi, pengguna enjin penenggak solar harus berbenah di sini. Salah satunya ialah kendaraan niaga ringan legendaris L300. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku hanya sementara mengambil unit dari Filipina. Sebab di sana sudah mengantongi sertifikasi Euro 4. Mesin Astron 2,5 liter Euro 2 pun ditanggalkan, beralih pakai 2,2 liter.
“Sebenarnya, memindahkan produksi ke Filipina hanya sementara. Karena kami ingin memberikan produksi yang lebih tepat untuk negara ASEAN, makanya dipindahkan. Tapi bukan berarti kami menyerahkan produk itu tidak diproduksi di Indonesia. Karena ini (L300) adalah produk yang sangat bersejarah buat Indonesia. Ini hanya sementara dan akan kembali lagi,” ucap Naoya Nakamura, President Director MMKSI, saat konferensi daring kemarin.
Untuk diketahui, L300 di Indonesia pakai mesin diesel Astron 2,5 liter berkode 4D56. Spesifikasi bore mencapai 91,1 mm dan stroke 95 mm. Mesin penenggak solar ini dapat mengeluarkan daya puncak 74 PS pada 4.200 rpm. Lalu torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Ia disalurkan pakai transmisi lima percepatan. Sedangkan enjin di Filipina berkubikasi lebih ringkas tapi tetap bertenaga.
Baca Juga: Mitsubishi Indonesia Fokus ke Konsumen Hadapi Persaingan Pasar Otomotif 2022
L300 di sana menggunakan enjin 2,2 liter turbo (4 in-line 16 valve DOHC with turbocharged intercooler system). Dengan sistem pengabutan common rail direct injection, tenaga tersalur jauh lebih besar dari model di Indonesia. Yakni 99,25 PS di 3.500 rpm dan momen puntir maksimal 200 Nm sejak 1.000-3.500 rpm. Penyaluran sama, pakai transmisi manual 5-speed ke roda belakang.
Varian pikap memiliki panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.915 mm. Jarak sumbu roda 2.350 mm dengan ground clearance 195 mm. Adapun ukuran bobot keseluruhan 1.130 dan daya angkut maksimal 2.345 kg. Tipe suspensi terpasang double wishbone dan coilspring di bagian depan L300. Sementara di belakang, mengusung semi eliptic leaf spring. Ukuran ban L300 185 ring 14.
Terus, sektor pengeremannya sama seperti di sini. Sudah menggunakan cakram berventilasi 10 inci di bagian depan. Walau teromol masih dipakai di roda belakang, tetapi itu cukup guna mengoptimalkan penghela laju kendaraan. Yang membedakan lagi, kini grille dibalut lapisan kromium. Spesifikasi terkandung dinilai cukup untuk menghadapi berbagai medan.
“Euro 4 (diesel) merupakan regulasi baru di Indonesia. Kami juga harus ikut, termasuk Mitsubishi. Negara lain telah memberlakukan (aturan itu), jadi tidak perlu khawatir, karena produk ini juga tidak akan mengalami kendala,” imbuh Naoya Nakamura. (Alx/Odi)
Baca Juga: Bagaimana Kabar Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 untuk Pasar Indonesia?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.