Proyeksi SUV Baru yang bakal Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022
Ada banyak macam SUV yang diproyeksi masuk ke industri otomotif nasional. Tren kendaraan Sport Utility Vehicle memang terus menanjak. Baik global maupun market domestik. Lantaran kondisi market Tanah Air mulai membaik. Bukan sekadar wacana APM merilisnya tahun depan. Secara umum deret mobil baru ini sudah memiliki indikasi kuat. Tinggal menunggu saja waktu tepat untuk publikasi. Ada varian baru, generasi suksesor, hingga model gres dari pabrikan Tiongkok.
Toyota Fortuner 2.8
Besaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Fortuner 2.8L diesel sudah muncul di Kemendagri. Tepat seperti informasi dihimpun Zigwheels sebelumnya. Unit memiliki dua tipe penggerak. Harga prepajak varian VRZ 4x2 Rp431 juta dan VRZ 4x4 Rp554 juta. Dipastikan model anyar masuk. Mungkin awal tahun depan untuk menggairahkan pasar SUV. Yang jelas, buncahan tenaga amat perkasa dari varian 2.4L.
Ukuran diameter langkah mesin Toyota Fortuner 2.8L ialah 92 mm x 103,6 mm. Tarian empat piston berkonfigurasi DOHC memungkinkan daya maksimum tersalur hingga 150 kW (204 PS) sejak 3.000 rpm sampai 3.400 rpm. Kemudian torsi puncak didapat 500 Nm dari 1.600 rpm - 2.800 rpm. Penyaluran power menggunakan transmisi matik konvensional enam percepatan. Daya didistribusi ke dua roda belakang maupun semuanya (AWD).
Toyota Land Cruiser 300
Mengacu data sama, Land Cruiser pun sudah tertera memiliki NJKB. Trim 300 GR-S 4x4 A/T RP2,28 miliar, 300 VX 4x4 A/T Rp1,663 miliar dan 300 ZX 4x4 A/T Rp1,92 miliar. Toyota menambah pilihan mesin bensin V6 plus bantuan turbo. Untuk menggerakan bodi bongsor itu, unit mesin bensin V6 3.4 liter bisa jadi pilihan anyar. Hasil pembakaran internal, dikatakan sanggup mengeluarkan daya 422 PS. Kemudian daya dipadukan dengan transmisi otomatis 10-speed.
Namun jika kita bandingkan dengan mesin diesel V8 sekarang, cukup jauh bedanya. Land Cruiser pakai jantung mekanis diesel, menghembuskan daya 235 PS. Dilihat dari angka output, mesin common-rail generasi ketiga ini kalah telak. Kenapa pakai mesin bensin V6? Toyota memberikan pilihan mesin bensin yang bertenaga agar lolos emisi. Misalnya, untuk pasar Eropa, emisi gas buang harus sangat rendah. Kemudian di sana juga ada aturan untuk mengurangi penggunaan mesin diesel. Meski, beberapa produsen otomotif mengklaim, diesel bikinannya rendah emisi CO2. Nah, untuk pemesanan unit sudah dibuka di sini.
Honda RS Concept
Ia merupakan calon pesaing kuat dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Belum ada nama resmi buat RS Concept. Namun sang konsep dirancang sebagai sebuah mobil kompak dengan memadukan karakter sporty, performa berkendara yang menyenangkan serta kecanggihan teknologi. Sedangkan pengembangannya sendiri dilakukan oleh R&D Honda Asia Pacific Co., Ltd dan tim Honda Indonesia. Nah, logo RS diterapkan Honda agar mempunyai karakter lebih sporty.
Soal pengembangan RS Concept, merupakan buah kerja R&D Honda Asia Pacific Co., Ltd bareng tim Honda Indonesia. Wujud yang Anda lihat bukan sepenuhnya datang dari rancangan mereka sendiri. Melainkan dengan mendengarkan banyak pandangan khalayak mengenai seperti apa sebuah SUV kompak idaman. Selama di GIIAS 2021, mereka pun terus mengambil umpan balik kepada pengunjung. Sehingga saat mewujud menjadi model massal, produk bisa diterima konsumen luas.
Jantung pacu RS Concept bisa berkesempatan pakai 1,0 liter tiga silinder VTEC turbo (milik City turbo). Unit dikawinkan dengan transmisi CVT. Jantung mekanis turbo menggunakan material aluminium sebagai konstruksi dasar. Pastilah bobot lebih ringan dibanding versi reguler. Konfigurasi mesin pakai port intake tinggi, kepala silinder berpendingin, katup pembuangan dikalibrasi dan tersemat variable capacity oil pump. Ia mampu menyuplai daya 127 PS, berikut dorongan torsi optimal 200 Nm. Nantikan gebrakan HPM selanjutnya.
Baca Juga: Deret MPV yang Meluncur Selama 2021 Plus Detail Harganya
Honda HR-V 1.5 RS Turbo
Generasi penerus HR-V pun amat ditunggu. Sebetulnya dua varian mesin sudah tertera dalam situs Samsat DKI Jakarta bersama Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Enjin diambil dari Civic turbo. Jadi generasi anyar bakal mendapati pemacu 1,5 liter empat silinder segaris VTEC turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Dengan ukuran diamater langkah 73,0 mm x 89,5 mm. Buncahan hasil pembakaran internal memberi lontaran tenaga 176 PS di 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 240 Nm sejak 1.700 rpm – 4.500 rpm. Semua opsi itu dikawinkan transmisi CVT.
Varian reguler juga menggunakan mesin baru seperti tertancap di City series bervolume 1,5 liter naturally aspirated. Namun berbeda dari model eksis yang mengandalkan Single Over Head Camshaft (SOHC). Melainkan sudah bertipe DOHC. Buncahan daya teknologi VTEC mencapai 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.
Isuzu mu-X ADAS
Isuzu mu-X sementara ini hanya tersedia versi 4x4 mobil tambang. Varian 4x2 sebagai mobil penumpang dipastikan datang saat regulasi Euro 4 diesel berlaku di Indonesia. Ia mengusung mesin diesel berkode RZ4E-TC 1,9 liter plus induksi turbo. Jantung pacu berdenyut hingga memompa tenaga 150 PS di 3.600 rpm. Kemudian momen puntir 350 Nm, diraih sejak 1.800 rpm - 2.600 rpm.
Versi penumpang dibekali Isuzu Matrix Safety Intelligence, berupa bantuan ADAS. Isi perangkat meliputi dua kamera depan, Intelligent 3D Imaging Stereo Camera untuk membantu mendeteksi objek dengan memindai gambar 3-D real time. Lalu ada mono radar serta delapan sensor di sekujur badan mobil. Lebih perinci, perangkat di dalamnya meliputi Adaptive Cruise Control berikut fungsi start and go.
Terus tersedia Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking System, Blind Spot Alert, Rear Cross Traffic Alert. Lanjut Lane Departure Warning, Pedal Misapplication Mitigation, Tire Pressure Monitoring Sensor & Auto Leveling Bi LED. Sedangkan jumlah bantalan udara bisa dua atau enam – bisa lebih – mengikuti spesifikasi di tiap varian.
Cherry Tiggo Series
Dengan model investasi dan bisnis baru. Chery berjanji menyuguhkan teknologi canggih dan produk-produk pintar bagi konsumen Indonesia. Selain itu mereka siap mengekspor produknya ke negara-negara ASEAN lain, dan di sini sebagai basis produksi. Lantas dari sisi produk, guna memenuhi kebutuhan pasar domestik yang kebanyakan merupakan keluarga besar dan keluarga muda.
Mereka secara khusus telah merancang dan mengembangkan 5 model SUV untuk kebutuhan ini. Salah satunya Tiggo 8 Pro, dengan fokus pada kemewahan, bisnis dan teknologi canggih. Enjin terbaru tertancap dari Chery 2.0 TGDI. Mesin mengaplikasikan sistem pembakaran i-HEC generasi ke dua plus berbekal sistem pengaturan termal terbaru. Kemudian menganut injeksi langsung bertekanan tinggi 350 bar serta berbagai teknologi terdepan lainnya.
Resultan yang dihasilkan ialah tenaga 192 kW (261 PS) dan torsi maksimal 400 Nm berikut efisiensi termal sebesar 41 persen. Di sisi lain, Tiggo 8 Pro juga dilengkapi dengan berbagai teknologi pintar seperti layar sentuh, pengisian daya tanpa batas, perintah suara dan koneksi internet. Chery juga bakal meluncurkan berbagai model SUV sport Tiggo 7 Pro, Tiggo 4 Pro dan tipe crossover bagi kawula muda. (Alx/Odi)
Baca Juga: Daftar 7 Mobil yang Resmi Pensiun di Indonesia Sepanjang 2021
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test