Perbandingan produk tak harus melulu berdasarkan segmen. Misal calon konsumen yang butuh kendaraan akomodasi perkotaan, ringkas nan praktis. Ada opsi Honda Brio RS baru dan Jazz RS bekas di kisaran Rp200 jutaan. Keduanya memiliki keunggulan berikut nilai jual masing-masing. Apalagi mereka kerap dipandang memiliki efisiensi bahan bakar bagus. Untuk memantapkan pilihan, tersedia sejumlah poin perbedaan. Dimulai dari besaran harga, performa serta kapabilitas ruang.
Jazz bekas tahun muda banyak tersedia di pasar mobil bekas area Jabodetabek. Ambil contoh tipe RS CVT lansiran 2017 dilepas sekira Rp185 juta sampai Rp200 jutaan. Kalau mau lebih muda lagi, tahun keluaran 2018 RS CVT ditawarkan Rp225 jutaan. Sedangkan buatan 2019/2020 dijual Rp230 jutaan. Semua bergantung pada kondisi bodi, mesin, kelengkapan serta jarak pemakaian.
Harga Brio RS baru kini lebih murah lantaran masuk dalam daftar penerima keringanan PPnBM 25 persen tahap pertama. Bahkan semakin menarik dibanding Jazz RS bekas Rp200 jutaan. Brio RS M/T ditawarkan Rp189,3 juta, RS CVT Rp205 juta, RS M/T Urbanite Edition Rp195,3 juta. Terakhir Brio RS CVT Urbanite Edition dilego Rp210,5 juta on the road Jakarta.
Brio RS menggendong jantung pacu empat silinder 1,2 liter i-VTEC SOHC. Kapasitas tangki sebesar 35 liter. Lalu resultan pembakaran memberi daya 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di 4.800 rpm. Angka itu diklaim paling tinggi di kelasnya. Sedangkan Jazz RS punya mesin 1,5 liter yang sanggup memompa daya 120 PS plus dorongan torsi 145 Nm. Tangki bisa memuat bensin 45 liter. Beda tenaga memang jauh. Tapi soal efisiensi, jika pengguna senantiasa menjaga putaran mesin, niscaya milik Brio lebih efisien.
Cara pandang komparasi lebih ke sisi penggunaan di dalam kota. Disarankan ambil CVT. Transmisi ini sangat cocok dipakai menyalurkan energi kinetik ke roda depan secara mulus. Teknologi itu pula yang menambah efisiensi pembakaran. Perangkat penyaluran tenaga bisa menjaga rpm mobil stabil. Tak harus membeli Jazz jika Anda butuh girboks macam itu. Lantas alasan lain tetap ambil Brio gres, karena ia masih diproduksi dan jaminan suku cadang lebih aman.
Baca Juga: Honda City 2016 Bekas, Sedan Berkarakter Sporty Tak Sampai Rp200 Juta
Redaman di Honda Jazz maupun Brio RS mengadopsi sistem serupa. Suspensi depan pakai McPherson Strut lalu penyangga roda belakang menggunakan Torsion Beam. Handling Brio RS masih bisa mengimbangi tatkala berselancar di area perkotaan. Entah dari bantingan per, kesenyapan berkendara dan sensibilitas mengemudi.
Sensasi berkendara tak jauh berbeda rasanya. Jarak wheelbase dan wheel track amat mempengaruhi kestabilan berkendara, dibanding lawan sekelas. Sementara Jazz bekas sebetulnya masih nyaman, jika kondisi mobil benar-benar normal. Pasalnya acap kali kelemahan Honda seken cenderung pada kaki-kaki. Kalau tak mau ambil risiko ya ambil Brio RS anyar. Lebih mantap dipakai, tak perlu khawatir.
Mereka sama-sama mobil berukuran kompak, meski segmentasi pasar keduanya berbeda. Dengan depresiasi harga jual Honda Jazz RS bekas, kini ia punya nilai mirip. Yang pasti, hatchback Honda itu mudah dan cekatan diajak menyusup di kemacetan ibu kota. Lihat saja, Brio RS terbaru punya dimensi 3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm. Sedangkan Jazz RS berukuran 4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm.
Ketika Anda mengambil Brio RS, terasa gres saat membelinya. Pastilah ada kepuasan batin. Kemudian secara visual tubuh tak kalah bagus. Peleknya berukuran 15 inci dengan palang rapat dual tone. Sementara Jazz RS pakai roda 16 inci. Aksesori serta lencana khas RS pun sama-sama dimiliki. Sementara saat Anda memasuki interior Brio RS sangat terasa penyegaran yang berbeda dari model lawas. Mata disuguhi pemandangan kontras lewat jahitan jok dan sentuhan dual tone, menambah kesan sporty. Tak kalah apik dibanding Jazz.
Lingkar kemudi Brio RS dibubuhi audio switch steering control. Tombol itu memudahkan Anda dalam mengganti lagu dan mengatur peranti pemanja telinga. Yang membedakan, setir Jazz dilengkapi tilt and telescopic plus paddle shift. Sedangkan Brio RS hanya tilt saja. Ya maklum, beda kelas, tapi untuk kenyamanan duduk di bangku depan, Brio tetap dapat diandalkan.
Andai calon konsumen butuh Brio RS berpenampilan lebih menarik. Honda menyuguhkan trim Urbanite Edition. Muka terlihat bergaya racing look. Misal Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi Diffuser. Sementara terdapat pula Black Side Under Spoiler, Black Side Door Mirror diimbuhi LED Turning Signal. Lalu ada Black Door Handle. Racikan ini menjadikan mobil ini terlihat semakin sporty sesuai dengan target marketnya.
Garis bawahi pula kalau Honda Jazz sekarang diskontinu. Walau HPM memberi jaminan suku cadang tetap aman sampai sekitar 10 tahun. Namun boleh jadi penyusutan value saat mobil dijual kembali malah tambah drastis. Lagi-lagi paling aman dan realistis ya membeli Brio CVT baru. Yang penting siapkan, cek dulu dana tersedia. (Alx/Odi)
Baca Juga: Honda HR-V 2018 Bekas, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Membelinya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.