Racikan Ini yang Bikin Mobil Listrik BYD Semakin Ringkas dan Efisien

YD Dolphin Seal Atto IIMS 2024

Bukan hanya jadi produsen mobil listrik saja. Build Your Dreams (BYD) merupakan perusahaan berbasis teknologi yang menggeluti ragam sektor bisnis. Belakangan, mereka konsisten melakukan inovasi elektrifikasi kendaraan. Mengawali bisnis pada 1995 sebagai sebuah perusahaan baterai. Saat itulah visi membangun ekosistem energi niremisi dimulai. Rahasia kenapa produk roda empat BYD bisa hemat dan efisien ada di penggunaan e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain. Perangkat ini terpasang di model EV di Indonesia, yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal.

KEY TAKEAWAYS

  • BYD punya teknologi platform dan motor canggih

    Model BYD di Indonesia gunnakan e-platform 3.0 & 8-in-1 Powertrain
  • "Teknologi revolusioner BYD, yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform. Mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan. Kami membuka babak baru dalam transformasi industri. Mengarahkan kita ke arah mobilitas semakin efisien, inovatif dan berkelanjutan. Inovasi ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam membentuk masa depan transportasi lebih cerdas, ramah lingkungan. Dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat global," ujar Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan, di IIMS 2024 kemarin. 

    Baca Juga: Cicilan Kredit Mobil Listrik BYD Dolphin Premium Seharga Rp425 Juta 

    Teknologi e-platform 3.0

    e-platform 3.0 & 8-in-1 Powertrain BYD
    E-platform, merupakan struktur rangka sebagai koneksi elektrik di platform ini. Sedangkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery. Sasis ini dikatakan memiliki empat keunggulan guna menjaga performa EV BYD secara menyeluruh. Rancangan bodi diklaim memberikan keamanan tinggi di kendaraan listrik karena blade battery dipasang menempel dengan bodi. Sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatannya. 

    Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil lebih rendah dan sumbu roda memanjang. Sehingga membebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil lebih baik. Dari segi efisiensi, platform memiliki sistem tenaga listrik terintegrasi 8-in-1 pertama di dunia. Efisiensi diklaim mencapai 89 persen antara motor dengan kontrol sistem. Sehingga menyebabkan berat keseluruhan kendaraan ini jadi kian ringan.

    Lalu e-platform 3.0 memiliki sistem saling berhubungan dengan seluruh kontrol sistem. Ini tidak ditemui di kendaraan-kendaraan lain. Hasilnya, memudahkan pengendara agar lebih terbiasa mengendarai EV BYD dengan nyaman. Di dalam struktur ini, menggabungkan sejumlah aspek seperti ketahanan, keselamatan, teknologi dan kecerdasan. Semua berpadu guna meningkatkan performa efisien kendaraan listrik mereka.

    Dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, girboks, inverter, konverter DC/DC dan komponen penting lain ke dalam satu unit. Alhasil, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil. Pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi. Tetapi juga memaksimalkan ruang kabin agar kenyamanan pengemudi dan penumpang senantiasa terjaga. 

    Baca Juga: Sepak Terjang BYD, dari Pembuat Baterai Ponsel Jadi Penguasa Mobil Listrik Dunia

    Fungsi e-platform 3.0 sangat krusial bagi BYD sebagai platform kendaraan. Selama bertahun-tahun mereka telah menguasai teknologi kunci dalam penelitian. Termasuk pengembangan dan manufaktur kendaraan listrik dalam ranah kendaraan energi baru. Melalui struktur desain yang tepat dan modularitas. Perusahaan ingin memungkinkan fleksibilitas berbagai tata letak. Baik penggerak roda depan, penggerak roda belakang atau penggerak empat roda. Ini menandakan bahwa e-platform 3.0 tidak hanya memiliki kemampuan untuk menciptakan model dengan pengalaman optimal. Namun juga sanggup merancang kendaraan listrik secara pintar dengan berbagai ukuran dan mencakup semua dimensi.

    Rancangan lantai sepenuhnya datar meningkatkan stabilitas dan kohesivitas struktur kendaraan. Penggabungan blade battery dan bodi, ditambah dengan desain yang dioptimalkan dari seluruh kendaraan. Mereka menggabungkan jalur transmisi bareng rangka serta struktur baterai. Peningkatan ini memperkuat kemampuan anti-intrusi bodi. Terus, diklaim efektif meredam getaran lantai, menghasilkan peningkatan keseluruhan keamanan dan pengalaman berkendara.

    Nah, sebagai kesatuan sistem, e-platform juga mampu mengatur suhu baterai dengan efektif. Bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem, memperpanjang jangkauan kendaraan, dan meningkatkan kenyamanan. Serta meningkatkan integrasi kuat antara sistem penggerak, pengereman dan kemudi. Semua demi memberikan pengalaman berkendara lebih responsif. 

    e-platform 3.0 & 8-in-1 Powertrain BYD

    Bisa Digunakan Pabrikan Lain

    Jadi, e-platform ini bersifat terbuka untuk digunakan oleh produsen kendaraan listrik lain. Sehingga memungkinkan teknologi BYD untuk dinikmati oleh lebih banyak orang.

    Bagian integral dari arsitektur e-platform 3.0 adalah perangkat keras dan sistem operasi BYD OS dalam ranah perangkat lunak. Kedua teknologi ini bersifat modular dan memfasilitasi penggunaan bersama di berbagai platform. 

    Pendekatan teknologi ini, secara signifikan memperpendek siklus iterasi hingga 70 persen. Kombinasi blade battery, powertrain 8-in-1 terintegrasi, desain arsitektural struktural dan daya ekspansi tinggi. Menghasilkan rasio kelapangan semakin baik, postur tubuh kian ceper dan resistensi angin ultra-rendah.

    Teknologi 8-in-1 Powertrain
    Riset kendaraan EV BYD berlangsung pesat semenjak sepuluh tahun lalu, hingga tercetus sistem terpadu 3-in-1 dan poros roda (e-axle). Saat ini umum digunakan. Namun mereka mengambil langkah lebih lanjut dengan menyematkan BMS (Battery Management System). Tambahan dalam kombinasi, dari yang sebelumnya 7-in-1 menjadi 8-in-1 powertrain.

    Yang menarik lagi, teknologi 8-in-1 powertrain BYD mencakup BMS, VCU (Vehicle Control Unit), inverter, PDU (Power distribution unit), OBC (On Board Charger). Semua digabung menjadi satu unit. Pemisahan komponen dilakukan pada sejumlah perangkat kecuali girboks dan motor penggerak.

    Sistem inovatif 8-in-1 mengintegrasikan VCU, serta BMS, PDU, motor penggerak, MCU (Motor Control Unit), transmisi dan OBC. Integrasi mendalam ini menurut BYD memberikan efisiensi sistem sebesar 89 persen. Hal ini mencakup fungsi mengemudi dan pengereman. Terdapat dua keuntungan memakai perangkat ini. Mulai dari ukuran kompak dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen dan dari segi biaya. Karena BYD membuat semua komponen secara in-house. Ongkos produksi dapat semakin terjangkau dan bisa menguntungkan pelanggan. 

    Sistem Manajemen Thermal

    e-platform 3.0 & 8-in-1 Powertrain BYD

    Informasi lain soal e-platform 3.0. Ia memiliki dua sistem manajemen thermal yaitu mengatur suhu kabin dan baterai melalui sistem yang mengontrol hal itu. Di dalam kendaraan konvensional, sistem manajemen thermal adalah mekanisme pengaturan suhu di dalam ruangan. Kendaraan BYD dilengkapi dengan sistem pengaturan udara. Tidak hanya menata suhu di dalam ruangan, tetapi juga suhu baterai. Penyesuaian suhu baterai dilakukan secara komputerisasi. 

    Misal, ketika mobil melesat di dalam musim dingin (suhu minus), maka secara otomatis baterai dihangatkan. Begitu juga sebaliknya, saat baterai terlalu panas, bakal didinginkan. Sistem pengendalian suhu ini berfungsi tidak hanya saat mobil dinyalakan. Tetapi juga saat sedang pengisian daya cepat. Sehingga memberikan kinerja pengisian lebih stabil dan kinerja tetap optimal. Perlu diketahui, proses pendinginan baterai tidak menggunakan air. Namun menggunakan air conditioner. (Alx)

    Baca Juga: Ini Panjang Garansi Umum dan Blade Battery Tiga Mobil Listrik BYD  

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil BYD Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil BYD dari Carvaganza

    • Tampilan BYD Dolphin Facelift Beredar di Cina, Terapkan Simplifikasi
      Tampilan BYD Dolphin Facelift Beredar di Cina, Terapkan Simplifikasi
      Muhammad Hafid . 12 Des, 2024
    • BYD Dapat Lebih Dari 1.400 SPK Selama GJAW 2024
      BYD Dapat Lebih Dari 1.400 SPK Selama GJAW 2024
      Setyo Adi . 11 Des, 2024
    • Pabrik BYD Indonesia Mulai Operasional 2026, Produksi Semua Model
      Pabrik BYD Indonesia Mulai Operasional 2026, Produksi Semua Model
      Tomi Tomi . 02 Des, 2024
    • Ramaikan Pasar MPV Mewah Tahun Depan, Begini Spesifikasi Lengkap BYD Denza D9
      Ramaikan Pasar MPV Mewah Tahun Depan, Begini Spesifikasi Lengkap BYD Denza D9
      Tomi Tomi . 02 Des, 2024
    • Fokus di Segmen Premium, BYD Denza Punya 'Nyawa' Mercedes-Benz
      Fokus di Segmen Premium, BYD Denza Punya 'Nyawa' Mercedes-Benz
      Tomi Tomi . 28 Nov, 2024

    Artikel Mobil BYD dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Bocoran Tampilan BYD Dolphin Facelift Terungkap di Cina
      Bocoran Tampilan BYD Dolphin Facelift Terungkap di Cina
      Muhammad Hafid . 11 Des, 2024
    • BYD Laporkan Pencapaian di Indonesia, Jualan Lima Bulan Tembus 13 Ribu Unit
      BYD Laporkan Pencapaian di Indonesia, Jualan Lima Bulan Tembus 13 Ribu Unit
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Mengenal Merek Denza yang Hasil Patungan dengan Mercedes-Benz
      Mengenal Merek Denza yang Hasil Patungan dengan Mercedes-Benz
      Ardiantomi . 27 Nov, 2024
    • BYD Percaya Diri Bawa MPV Mewah Denza D9
      BYD Percaya Diri Bawa MPV Mewah Denza D9
      Ardiantomi . 26 Nov, 2024
    • Resmi! Merek Premium Denza dari BYD Bakal Masuk Awal 2025
      Resmi! Merek Premium Denza dari BYD Bakal Masuk Awal 2025
      Ardiantomi . 25 Nov, 2024
    • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
      10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
      Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
    • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
      10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
      Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
    • Pilihan MPV Listrik Terbaru, Aletra L8 EV Lawan BYD M6
      Pilihan MPV Listrik Terbaru, Aletra L8 EV Lawan BYD M6
      Setyo Adi Nugroho . 26 Nov, 2024
    • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • Komparasi Spek Teknis Wuling Cloud Ev dan BYD Dolphin
      Komparasi Spek Teknis Wuling Cloud Ev dan BYD Dolphin
      Setyo Adi Nugroho . 19 Feb, 2024
    • Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Muhammad Hafid . 21 Okt, 2024
    • Test Drive BYD M6: Sanggup PP Jakarta - Bandung Tanpa Isi Daya
      Test Drive BYD M6: Sanggup PP Jakarta - Bandung Tanpa Isi Daya
      Setyo Adi Nugroho . 08 Agu, 2024
    • First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
      First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 23 Jul, 2024
    • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
      First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
      Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024
    • First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
      First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
      Anindiyo Pradhono . 07 Feb, 2024