Racikan Ini yang Bikin Rasa Berkendara Mitsubishi XForce Beda dari Xpander

Test Drive Mitsubishi XForce

Membuat mobil baru tak melulu harus dari nol. Ini yang dilakukan Mitsubishi Motors dalam melahirkan XForce. Ia menggunakan platform sama seperti kepunyaan Xpander. Hal ini dapat memangkas ongkos riset, sekaligus mempercepat pengembangan produk. Struktur dasar itu mencakup pemakaian sasis, enjin Mivec 4A91, transmisi CVT dengan sedikit tuning. Lantas racikan apa saja yang bikin sensasi berkendara bersamanya terasa sangat berbeda?

KEY TAKEAWAYS

  • Mitsubishi XForce dan Xpander gunakan platform yang sama

    Tapi Mitsubishi bikin karakter berkendaranya berbeda
  • Pertama, bila dilihat dari respons mesin. Jantung pacu XForce memang sama seperti Xpander bervolume 1,5 liter. Dengan format empat piston DOHC 16 valve, keluaran tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Perlu digarisbawahi, angka itu merupakan tenaga statis hanya dari mesin. Belum tereduksi saat energi diteruskan via transmisi dan tersalur ke roda. 

    Baca Juga: Perangkat Mitsubishi XForce untuk Menerjang Hujan dan Jalan Basah

    Ketika kita menggunakan mobil secara riil di jalan raya dengan simulasi hanya digunakan satu pengemudi saja. Dorongan XForce terasa lebih cekatan. Faktor pemicunya ialah lantaran SUV baru ini punya bobot 100 kg lebih ringan dari Xpander. Sehingga ukuran power to weight ratio pastilah berbeda. Opsi penggerak juga sama melalui roda depan (FWD). Ia menggunakan penyaluran tenaga via matik jenis CVT, terkenal memiliki penyaluran mulus. Termasuk bisa bikin irit bahan bakar kalau piawai menjaga putaran tetap optimal. 

    Lalu jenis CVT diklaim memiliki friksi rendah. Kemudian minim terjadi power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih karena rpm lebih stabil. Menurut Mitsubishi, transmisi juga sama dibuat 8 percepatan virtual gear. Namun rasionya dibuat berbeda. Milik XForce, untuk rentang drive (D) mencapai 2,480 – 0,396 lalu reverse 2,604 dan final drive 5,698.  

    "Dalam hal ini, kami melakukan ubahan mengenai pattern transmisi agar mampu memberikan driving feeling mengemudi selayaknya SUV. Bahkan Continuously Variable Transmission (CVT) di dalam XForce bisa mendeteksi jalan yang dilewati oleh mobil. Sehingga memberikan respons dengan cepat. Mobil ini juga lebih ringan dari Xpander. Banyak tuning agar memberikan sensasi dan karakter berbeda,” terang Ngabehi Marzuq, Product Planning Department PT MMKSI, dalam sesi media drive akhir tahun lalu.

    Mitsubishi XForce pakai platform Xpander

    Hasilnya, saat pengujian OTO dan Carvaganza. Mitsubishi XForce menuju Semarang lewat tol Bawen, ia terasa lebih tangkas. Ketika jalan datar, untuk berakselerasi mulus hingga 100 km/jam. Tertera putaran mesin 2.000 rpm hingga 2.500 rpm di layar 8 inci digital driver display. Karakter redaman guncangan juga beda dengan Xpander. 

    Suspensi depan Mitsubishi XForce menggunakan MacPherson Strut dan penyangga roda belakang Torsion Beam. Caster trail redaman depan diperlebar guna meningkatkan stabilitas maupun handling. Lalu ukuran pelek 18 inci dengan ketebalan ban 225/50 mm menambah karakter tersendiri. Sedangkan milik Xpander pakai ring 17 inci berikut ban 205/55 mm. Bantingannya pasti tak sama. “Suspensi di dalam Mitsubishi XForce sudah dilakukan tuning khusus, sehingga lebih nyaman. Makin stabil, tetapi tidak menghilangkan karakter sebuah SUV. Terutama ketika mobil diajak bermanuver, kepresisian berkendara senantiasa terjaga,” imbuh Ngabehi. (Alx)

    Baca Juga: Ini Handling dan Respons Transmisi Mitsubishi XForce saat Berkelana Jauh

    Jelajahi Mitsubishi XForce

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi XForce
    • Tampak Grille XForce
    • Fog lamp depan XForce
    • Lampu depan XForce
    • lampu belakang XForce
    • Mitsubishi XForce Drivers Side Mirror Front Angle
    • handle pintu XForce
    • Pelek XForce
    Mitsubishi XForce
    Rp 381,9 - 422,9 Juta Cicilan : Rp 8,71 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Pajero Sport
      Mitsubishi Pajero Sport
    • Mitsubishi Pajero Sport Elite
      Mitsubishi Pajero Sport Elite
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Carvaganza

    • FIRST DRIVE: Coba Fitur ADAS Baru Milik Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense
      FIRST DRIVE: Coba Fitur ADAS Baru Milik Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense
      Bangkit Jaya . 04 Des, 2024
    • Dapat ADAS Canggih, Mari Bedah Fitur Baru Mitsubishi XForce with Diamond Sense
      Dapat ADAS Canggih, Mari Bedah Fitur Baru Mitsubishi XForce with Diamond Sense
      Anjar Leksana . 26 Nov, 2024
    • GJAW 2024: Akhirnya Punya ADAS, Mitsubishi XForce Hadirkan Varian Ultimate Diamond Sense
      GJAW 2024: Akhirnya Punya ADAS, Mitsubishi XForce Hadirkan Varian Ultimate Diamond Sense
      Tomi Tomi . 23 Nov, 2024
    • Mitsubishi XForce Mulai Beredar di Pasar Mobil Second, Bisa Jadi Alternatif Terjangkau
      Mitsubishi XForce Mulai Beredar di Pasar Mobil Second, Bisa Jadi Alternatif Terjangkau
      Anjar Leksana . 03 Jul, 2024
    • Jadi SUV Peraih Penghargaan, Mari Bedah Keunggulan Mitsubishi XForce
      Jadi SUV Peraih Penghargaan, Mari Bedah Keunggulan Mitsubishi XForce
      Alvando Noya . 27 Jun, 2024

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
      Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
    • Tambah XForce DS dan Jimny White Rhino, Ini Daftar Model SUV Kompak Terbaru
      Tambah XForce DS dan Jimny White Rhino, Ini Daftar Model SUV Kompak Terbaru
      Setyo Adi Nugroho . 09 Des, 2024
    • Mitsubishi Kantongi 1.626 SPK di GJAW 2024, Xpander Paling Banyak Dipesan
      Mitsubishi Kantongi 1.626 SPK di GJAW 2024, Xpander Paling Banyak Dipesan
      Anjar Leksana . 06 Des, 2024
    • Cek Besaran Kredit Mitsubishi Xforce Ultimate DS Uang Muka 20 Persen
      Cek Besaran Kredit Mitsubishi Xforce Ultimate DS Uang Muka 20 Persen
      Anjar Leksana . 03 Des, 2024
    • Saatnya Berburu Promo Mitsubishi di GJAW 2024 dari Xpander, Xforce dan Pajero Sport
      Saatnya Berburu Promo Mitsubishi di GJAW 2024 dari Xpander, Xforce dan Pajero Sport
      Ardiantomi . 29 Nov, 2024
    • Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
      Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
      Anjar Leksana . 16 Des, 2024
    • First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
      First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
      Bangkit Jaya Putra . 28 Nov, 2024
    • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
    • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2023
    • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023