Mobilio masih eksis mengisi persaingan segmen Low MPV. Ia pun masuk dalam jajaran produk yang mendapat insentif PPnBM 100 persen sampai Agustus 2021. Kalau melihat harganya, sangatlah menarik. Termurah trim S MT dibanderol Rp197,6 juta, E CVT Rp227 juta hingga varian termahal RS CVT Rp250 juta.
Bila Anda berminat meminang melalui pembiayaan kredit. Besaran uang muka diberikan bisa 30 persen, lalu angsuran bulanan sekitar Rp3 jutaan. Ambil contoh konsumen ambil varian tengah – Mobilio E CVT – dengan kelengkapan cukup. Harga pun relatif terjangkau di kantong, sebagai mobil keluarga tujuh penumpang. Untuk tenor lima tahun, sodorkan Down Payment (DP) Rp68,22 juta plus angsuran bulanan sebesar Rp3,55 juta. Kemudian pelanggan wajib memberi biaya admin Rp1,66 juta. Lalu sebagai perlindungan kendaraan dari segala risiko, ada tambahan asuransi Rp6,41 juta. Sehingga jumlah seluruh pembayaran perdana berkisar Rp79,8 juta.
Sementara itu dengan uang muka sama 30 persen atau Rp68,22 juta. Pengambilan tenor empat tahun mengharuskan Anda membayar cicilan bulanan Rp4,11 juta. Selanjutnya admin fee Rp1,39 juta, asuransi Rp6,41 juta. Total penyetoran pertama ke perusahaan pembiayaan mencapai Rp80,14 juta. Lalu skema lain, misal jangka kredit tiga tahun. Uang setoran bulanan Rp5,15 juta, biaya admin Rp1,34 juta dan asuransi kendaraan. Jadi, kewajiban bayar seluruh tanggungan pertama Rp81,13 juta.
Kalau dana lebih dan dirasa mampu memperpendek tenor. Silahkan ambil selama dua tahun dengan uang muka Rp68,22 juta. Kemudian angsuran bulanan Rp7,3 juta, asuransi mobil serta ongkos admin Rp1,29 juta. Total pembayaran pertama Rp83,2 juta. Semakin ekstrem lagi, untuk skema hanya satu tahun. Cicilan bulanan Rp13,89 juta, biaya admin Rp1,24 juta, asuransi dan seluruh setoran perdana menjadi Rp 89,76 juta.
Ini semua hanya kalkulasi dari Honda Indonesia di wilayah Jakarta. Masing-masing diler di daerah punya skema berbeda. Bahkan bukan tak mungkin, ada diskon khusus dari tiap jaringan penjualan. Itu di luar besaran keringanan PPnBM 100 persen ditanggung pemerintah. Lantaran Mobilio merupakan produk lama, nicaya stok mudah didapat. Konsumen bisa memperoleh benefit insentif pajak ini. Untuk lebih detail, simak spesifikasi berikut ini.
Baca Juga: Honda CR-V Turbo Bisa Dimiliki dengan DP 30 Persen, Berapa Cicilannya?
Honda Mobilio sebetulnya masih memiliki daya tarik sebagai LMPV. Ia memiliki value yang tak dimiliki lawan. Jantung mekanis tertanam menghasilkan power paling tinggi di kelasnya. Mereka masih mengandalkan mesin 1,5 liter i-VTEC berkonfigurasi SOHC. Gerak piston melecutkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sementara daya puntir maksimal sebesar 145 Nm di 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim penyaluran lebih halus, efisiensi bahan bakar juga dibilang lebih baik. Opsi lainnya, transmisi manual lima percepatan.
Varian menengah seperti Mobilio E CVT sudah sangat cukup sebagai moda transportasi keluarga. Semua trim bahkan sudah dibekali pelek 15 inci dual tone. Unit sudah dilindungi dual front SRS airbags dan rem dengan teknologi ABS + EBD. Ia mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi ISOFIX & Tether. Tipe E ke bawah, sayangnya belum tersedia kamera parkir, Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA).
Namun penyegaran Mobilio paling baru, sudah menyediakan tujuh sandaran kepala yang dapat diatur posisi ketinggiannya. Pada model lawas, menyatu dengan penampang kursi. Jok juga kini lebih tebal. Lalu penumpang belakang sekarang tak merasa kegerahan karena ada AC Double blower. Kelengkapan lain berupa head unit 6,2 inci resistive touchscreen display, audio switch, fog lamp, halogen projector headlamp (belum LED). Tak ketinggalan retractable door mirror with turning signal.
Tipe suspensi di Mobilio mirip dengan LMPV lain. Ia pakai racikan McPherson Strut di roda depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Mobil punya pengendalian lumayan enak plus sedikit empuk meski tipe suspensi digunakan sama dari sejumlah merek. Untuk melahap jalan tak rata masih nyaman. Melesat kencang juga tergolong pas, tidak begitu limbung. Kalau Anda mau mobil amat stabil. Artinya ada yang harus dikorbankan. Kenyamanan bantingan redaman, misalnya. Tapi kalau mau mobil unit paling aman, LMPV garapan Honda ini masih layak masuk dalam daftar pembelian. (Alx/Odi)
Baca Juga: Siapkan DP 30 Persen dan Cicilan Rp5 Jutaan untuk Bawa Pulang Honda H-RV 1.5 E CVT
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.