Mitsubishi Xpander terbaru memiliki empat varian. Dimulai dari unit paling murah: GLS, Exceed, Sport dan Ultimate CVT. Masing-masing punya irisan harga dan kelengkapan berbeda agar perusahaan bisa menembus tiap lapis konsumen. Untuk menentukan mana yang sesuai kebutuhan Anda, bisa dilihat dari kantong lebih dulu. Barulah mengkalkulasi dengan model paling mendekati kemampuan finansial. Entah beli kontan atau kredit.
Pertama, Xpander GLS lebih banyak mengarah ke fleet market. Tapi kelengkapan fitur keamanan cukup. Ia mengantongi sistem pengereman ABS, EBD, dual SRS Airbag, tanpa Active Stability Control maupun rear camera. Bentuk dasbor maupun setir masih sama dari model lawas. Penerangan depan masih halogen. Pelek single tone 16 inci dan sistem hiburan pakai head unit 7 inci plus multisambungan. Harga normal tanpa insentif PPnBM tipe MT Rp249,93 juta dan CVT Rp259,57 juta on the road Jakarta. Ini jadi opsi paling minimalis.
Kalau mau naik level, Xpander Exceed masih bisa jadi pilihan sebagai mobilitas keluarga. Secara umum seluruh dimensi Xpander punya panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.750 mm, wheelbase 2.775 mm. Pelek sekarang menggunakan single tone silver 16 inci, bukan dual tone seperti dulu. Tampilan luar masih mirip GLS. Hanya saja penerangan depan sudah menggunakan LED proyektor. Terus fitur keamanan masih sama dari model dasar perangkat hiburan pakai head unit 7 inci. Jika berminat, sediakan dana Rp263,85 juta untuk transmisi manual dan versi CVT Rp272,8 juta.
Eksterior varian Sport juga masih mirip dari Exceed, belum pakai sepatu dual tone. Headlamp sudah LED proyektor. Ia memiliki tatanan dasbor anyar, gabungan antara coklat & hitam. Jok mobil masih berbahan fabric high grade. Sedangkan head unit berukuran lebih besar yakni 8 inci. Bisa sambung AM/FM radio, Bluetooth, iPhone, USB, smartphone connectivity. AC juga sudah digital. Fitur keamanan mirip dari dasar, tapi ketambahan ASC. Harga tersaji Rp284,07 tipe M/T dan CVT Rp297,3 juta.
Baca Juga: Alasan Sebaiknya Pilih Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Ketimbang Varian Sport
Ultimate CVT paling komprehensif. Maklum, ia menjadi kasta tertinggi Xpander dan memakai pelek 17 inci dual tone bergaya sporty. Pencahayaan utama mirip Sport, berteknologi LED projector headlamp plus foglamp halogen. Beralih ke bagian dalam. Perbedaan lumayan kacek. Ultimate pakai warna interior kombinasi hitam dan krem. Lalu hanya dia yang memiliki front USB console.
Trim ini mengenakan sistem pengereman Anti-lock Brake System, Electronic Braking System dan Brake Assist. Lalu terpasang dual SRS airbags, speed sensing door lock. Sisanya ada ISOFIX child seat, Active Stability Control, Hill Start Assist, Immobilizer with Security Alarm dan Electric Parking Brake. Lalu kamera parkir dan cruise control cuma ada di Ultimate.
Xpander facelift 2022 mempertahankan enjin peminum bensin MIVEC 1,5 liter empat silinder DOHC. Mesin memberi momen puntir sekuat 141 Nm, diraih pada 4.000 rpm. Resultan denyut tenaga sampai 105 PS pada 6.000 rpm. Penyaluran tenaga pakai transmisi CVT atau girboks manual 5-speed. Semua didistribusi ke roda depan.
“Salah satu penyempurnaan luar biasa dari Xpander adalah penyematan CVT menggantikan transmisi konvensional 4-speed. Ini merupakan langkah yang diambil karena kami mendengarkan suara semua konsumen. Jenis penyaluran ini memiliki banyak kelebihan: nyaman dipakai, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi,” papar Hikaru Mii, Director of Product Strategy PT MMKSI beberapa waktu lalu.
Lantas mengenai sistem redaman Xpander 2022. Terjadi peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber, yakni dengan tuning terbaru. Sehingga menghasilkan pengendalian yang semakin nyaman, lanjut pengendaraan lebih stabil di kontur jalan kasar. Gerak translasi diramu ulang, agar mendapatkan sentuhan rasa berkendara Mitsubishi Pajero Sport. “Di model sekarang suspensi diubah, terutama pada shock absorber belakang. Dirombak lebih besar seperti di Pajero Sport serta penggunaan valve baru supaya membuat rasa berkendara kian nyaman, handling lebih baik nan stabill,” imbuh Hikaru Mii.
Coba cermati dan kalkulasikan dengan matang. Kalau Anda ingin trim murah, baiknya ambil Exceed atau GLS CVT. Value for money masih didapat. Sebaliknya Xpander Ultimate dalam hal ini, lebih layak dibeli ketimbang Sport CVT. Apalagi saat melihat kacek harga normal cuma Rp2,4 juta. Bila melabuhkan pilihan di kasta tertinggi, konsumen mendapat pelek dual tone serta cruise control. Termasuk deret fitur lain. Jadi, siapkan dulu dana paling pas. (Alx/Odi)
Baca Juga: Tertarik Beli Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Secara Kredit, Berapa Cicilannya?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.