Resmi Mengaspal, Begini Detail Spesifikasi Triumph Trident 660
Triumph membuka selubung Trident 660 seluruhnya. Selain pamer wajah neo-classic yang keren, spesifikasi lengkap diumbar sekaligus menebar ancaman bagi Honda CB650R. Ia dipastikan menjadi dagangan terbaru pihak PT GAS (Garda Andalan Selaras), selaku distributor Triumph Motorcycles di Indonesia. Wujudnya pun sudah terpampang di situs resmi mereka. Sayang, harganya masih dirahasiakan hingga peluncuran resmi.
Mulai dari jantung mekanik. Trident dibekali mesin DOHC tiga silinder segaris berkubikasi 660 cc. Jeroan diameter dan langkah piston dirancang overbore yaitu 74,0 x 51,1 mm. Lantaran punya kapasitas lumayan besar, wajar bila rasio kompresi dipatok tinggi (11,95:1). Nah, dari padu padan itu pula Trident sanggup melontarkan daya 80,4 Hp di putaran 10.250 rpm. Sementara torsi maksimumnya 64 Nm/6.250 rpm. Keseluruhan output disalurkan oleh transmisi enam percepatan ke roda belakang lewat penggerak rantai.
Baca Juga: Royal Enfield Interceptor 650 Dinobatkan sebagai Retro Bike of the Year 2020
Catatan ini sekaligus menjawab, seberapa layak Trident ketika disandingkan dengan Honda CB650R. Dari kubikasi, Trident sedikit lebih unggul. Namun, kuda besi Honda memiliki empat silinder. Jelas berdampak besar ihwal performa. Seperti dituliskan pada laman resminya, motor itu berkemampuan 89,1 Hp/11.000 rpm. Tapi, jenama asal Inggris unggul dalam besaran momen puntir. Pasalnya, CB650R hanya sanggup menjangkau torsi 60,7 Nm. Itu pun di putaran mesin lebih tinggi yakni 8.000 rpm.
Trident juga diuntungkan sistem pengabutan bahan bakar injeksi dipadu electronic throttle control. Yang merupakan bentuk pengaplikasian teknologi Ride by Wire. Berkat ini pula Triumph dapat menyematkan fitur kontrol traksi terhadap motor anyarnya ini. Tak cuma itu, melimpahnya torsi memicu jua kehadiran Slip & Assist Clutch. Seperti pada Honda CBR250RR, Yamaha R15 atau Kawasaki Ninja ZX-25R, perangkat itu bertugas mereduksi gejala roda belakang terkunci saat perpindahan gigi dilakukan secara cepat.
Menyoal pengendalian, Trident cukup bersahabat. Panjang keseluruhannya adalah 1.401 mm. Sementara lebar dan tinggi masing-masing: 795 mm dan 1.089 mm dengan ketinggian jok yakni 805 mm. Sebagai catatan, ukurannya sedikit lebih rendah dari CB 650 R (810 mm). Pun mengenai bobot tubuh. Jika kompetitornya memiliki berat 203 kg, maka Trident hanya 189 kg saja.
Padahal kalau dilihat lagi, Trident masih menggunakan sasis dan lengan ayun baja. Hanya saja, perangkat pelek yang dipakai sudah berbahan aluminium tempa. Roda itu kemudian dibalut sepasang karet bundar ukuran 120/70-17 dan 180/55-17 (depan-belakang). Sementara di ranah peredam kejut, terpasang fork up-side down (USD) Showa 41 mm bersistem separate function forks (SFF). Merek serupa dipakai pula pada suspensi belakang. Shock absorber jenis RSU tersebut sudah dilengkapi penyetelan preload.
Baca Juga: BMW R18 versi Cruiser Lawan Sepadan Triumph Rocket 3 GT
Lantas, sistem penghenti laju dipasok seperangkat rem Nissin. Cakram 310 mm pada roda depan dikawal kaliper dua piston. Sedangkan belakang menggunakan model satu piston sebagai pendamping disc brake 255 mm. Untuk meningkatkan keselamatan, pengereman bersensor alias ABS (anti-lock braking system) tersedia di kedua roda.
Bagian yang tak kalah menarik dari motor ini terletak pada area panel meter. Penampang informasi dasar itu disajikan melalui layar TFT. Menariknya, ada menu lain yang dapat ditampilkan layar bulat tersebut. Mulai dari navigasi turn by turn, GoPro Control, hingga untuk pengoperasian telepon maupun musik. Itu lantaran ia memiliki fitur berupa konektivitas gawai. Untuk dapat mengoperasikannya, tersedia switch control di setang sebelah kiri. Disebutkan pula bahwa Triumph Trident memiliki dua mode berkendara: Rain dan Road. Otak si motor bakal menyesuaikan karakter bukaan gas dan traction control secara otomatis ketika salah satu opsi diaktifkan.
Selain kelengkapan elektronik memadai, modernitas Trident semakin kental dengan pengaplikasian sistem penerangan serba LED. Cocok untuk pilihan baru motoris muda. Apalagi, ditawarkan dengan beragam pilihan warna menarik. Mulai dari Crystal White, Sapphire Black, Matt Jet Black and Silver Ice dan Silver Ice Diablo Red. (Ano)
Spesifikasi Lengkap Triumph Trident 660:
Engine & Transmission
- Type: Liquid-cooled, 12 valve, DOHC, inline 3-cylinder
- Capacity: 660 cc
- Bore: 74.0 mm
- Stroke: 51.1 mm
- Compression: 11.95:1
- Max Power: 81 PS / 80 bhp (60 kW) @ 10,250 rpm
- Max Torque: 64 Nm @ 6,250 rpm
- System: Multipoint sequential electronic fuel injection with electronic throttle control
- Exhaust: Stainless steel 3 into 1 header system with low single sided stainless steel silencer
- Final Drive: X-ring chain
- Clutch: Wet, multi-plate, slip and assist
- Gearbox: 6 speed
Chassis
- Frame: Tubular steel perimeter frame
- Swingarm: Twin-sided, fabricated steel
- Front Wheel: Cast aluminium, 17 x 3.5 in
- Rear Wheel Cast aluminium, 17 x 5.5 in
- Front Tyre: 120/70R17
- Rear Tyre: 180/55R17
- Front Suspension: Showa 41mm upside down separate function forks (SFF)
- Rear Suspension: Showa monoshock RSU, with preload adjustment
- Front Brakes: Nissin two-piston sliding calipers, twin 310mm discs, ABS
- Rear Brakes: Nissin single-piston sliding caliper, single 255mm disc, ABS
- Instrument Display and Functions: Multi-function instruments with colour TFT screen
Dimension
- Width Handlebars: 795 mm
- Height Without Mirror: 1089 mm
- Seat Height: 805 mm
- Wheelbase: 1401 mm
- Rake: 24.6 º
- Trail: 107.3 mm
- Dry Weight: 189 (wet weight) kg
- Tank Capacity: 14 L
Baca Juga: Triumph Rilis 5 Motor Baru Sekaligus di Indonesia, Semuanya Limited
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Triumph Unggulan
- Populer
Artikel Motor Triumph dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test