JAKARTA -- Sempat melambat di awal tahun, Toyota mulai ngegas di semester kedua 2020 ini. Mereka melansir Corolla Cross, Hilux, dan kini yang terbaru Toyota New Yaris facelift. Banyak hal menarik yang bisa diulik dari hatchback Toyota ini. Selain ubahan make-up di bagian wajah, Toyota juga memperbaiki beberapa fitur serta menambah perangkat pintar.
Tidak seperti model sebelumnya, secara garis Toyota kali ini hanya menawarkan 2 model Yaris yaitu G dan TRD. Tidak ada lagi tipe E. Masing-masing dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT 7-speed. Nah bedanya lagi, setiap tipe dan transmisi dibagi dua lagi berdasarkan jumlah kanting udara (airbags) yang ditanam.
Untuk harga, varian termurah G MT 3 airbag dijual Rp 263,4 juta hingga tipe tertinggi TRD CVT 7 airbagd yang menembus angka Rp 301,4 juta. Seperti apa ubahan dan spesifikasinya?
Baca juga: Toyota Yaris Facelift Diluncurkan, Segini Harga Barunya
Yaris TRD Sportivo
Yaris TRD Sportivo menjadi varian tertinggi di keluarga Yaris. Ia mendapat grille dan bumper baru. Wajah Joker yang sebelumnya terpasang digantikan nuansa lebih modern dan sporty. Kisi-kisi trapezoid memenuhi muka hingga ke bumper. Polanya berupa sarang lebah terbingkai hitam dan sedikit tepian merah. Paling menarik rumah foglamp, bak saluran intake pesawat tempur memberikan nuansa agresif.
Garnish membentuk pola C gelap dengan bagian bawah lebih tebal. Lampu kabut sudah diterapkan teknologi diode, sehingga lebih terang. Penerangan utama turut ditransformasi. Makin tajam berkat LED yang dipartisi. Bercampur sein dan daytime running light (DRL) sebagai eyeliner bawah. Area lain masih sama dengan model terdahulu. Ia juga memiliki spoiler atap belakang besar, menguatkan aura agresif.
Kasta terbawah Yaris G tak selengkap TRD Sportivo. Muka sama tapi diberikan aksen berbeda. Grille gelap dipertebal pinggiran gelap. Foglamp ditiadakan, diganti garnish sporty. Sementara lampu utama masih mengandalkan model proyektor LED. Melengkapi tampilan kedua trim, Toyota menyematkan pelek alloy 16 inci berkelir ganda. Terbungkus ban 195/50.
Hanya saja komponen penghela laju di belakangnya berbeda. Tipe G merupakan kombinasi cakram 14 inci di muka dan tromol di buritan. Unit paling mahal menganut ventilated disc 15 inci di depan dan piringan solid di belakang. Untuk warna bodi tidak ada tambahan, masih terdiri dari 7 pilihan: Citrus Mica Metallic, Silver Metallic, Gray Metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Super White dan Attitude Black Mica.
Baca juga: Toyota Pasang Target Jualan New Yaris 500 Unit Per Bulan
Interior
Tidak seperti eksterioe, ubahan di bagian interior tak signifikan. Namun, fungsinya makin membantu pengendalian terutama saat parkir. Seluruh varian dibenamkan head unit baru dengan konektivitas ke smartphone lebih fleksibel. Melalui Miracast, Bluetooth atau USB. Keluaran suara disokong 6 sepiker yang tertanam di seluruh sisi. Khusus TRD Sportivo, layar sentuh juga memproyeksikan gambar dari kamera belakang berdisplay baru. Lebih jelas, dilengkapi indikator jarak.
Lalu fitur keselamatan. Toyota kini memberikan pilihan varian dengan jumlah kantung udara lebih sedikit. Posisinya dua di baris depan dan satu pada lutut pengemudi. Versi 7 airbag tetap ditawarkan. Strategi ini diyakini untuk menekan harga, sehingga lebih terjangkau konsumen. Penyempurnaan lainnya adalah radius putar mobil. Sebelumnya Yaris disetel memiliki turning radius 5,7 meter. Kurang mumpuni ketika menghadapi jalan cukup sempit. Kini rentangnya dipendekkan menjadi 5,1 meter.
Baca juga: Perketat Protokol Kesehatan, Daihatsu Buat Aplikasi Memonitor Karyawan
Mesin
Soal performa, hatchback berdimensi 4.145 x 1.730 x 1.500 mm (PxLxT) masih mengandalkan jantung pacu berkode 2NR-FE berspesifikasi empat silinder berteknologi Dual VVT-i. Kubikasinya 1,5 liter naturally aspirated berdiameter langkah 72,5 x 90,6 mm. Setingan dipercaya cukup bertenaga dan memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar baik. Output tertingginya 107 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi puncak 140 Nm di 4.200 rpm. Seluruh energi disalurkan ke roda depan lewat dua opsi transmisi: manual 5-speed dan CVT 7-speed.
Bagaimana fitur terdahulu? Masih bisa ditemukan, seperti akses masuk keyless berpadu tombol start/stop untuk mesin. Pengemudi mampu meraih keseruan berkendara, terutama pada varian TRD Sportivo khusus bertransmisi CVT. Lantaran ada paddle shift dan mode berkendara (Sport/Eco). Masih di trim paling atas, dibekali panel instrumen kombinasi analog dengan multi information display.
Demikian juga dengan fitur keselamatan dan pendukung pengendalian tak ada update baru. Perangkatnya umum seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC). Kemudian ISOFIX dan sabuk pengaman tiga titik berkemampuan pretensioner dan force limiter. (Hfd/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.