REVIEW: Ini 4 Keunggulan Suzuki Satria F150 FI

JAKARTA, Motovaganza.com – Suzuki All New Satria F150 FI pernah menyandang motor terlaris di antara line-up Suzuki lainnya. Takhtanya memang digeser oleh GSX-R150. Meski begitu, peminatnya masih cukup banya. Apalagi kalau bukan karena kemampuannya dalam berlari, desainnya juga menarik dengan sasis twinspar dan suspensi monosok. Satria memiliki sejarah panjang. Awal kemunculannya, ia memiliki desain seperti motor bebek biasa. Generasi pertama pun masih mengusung mesin 120 cc 2-tak berpendingin udara. Setelah mengaspal selama 7 tahun dengan menggendong enjin 2-langkah, tepatnya pada 2004 dimulailah era Ayago. Mulanya ia diimpor langsung dari Thailand dan mendapat sedikit ubahan agar mampu beradaptasi dengan kondisi jalanan Indonesia. Karena permintaan semakin banyak, akhirnya pada 2006 Suzuki Indonesia merakitnya secara lokal atau CKD. Hingga medio 2015, ia tetap menggunakan karburator. Namun pada 2016, harus menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka Suzuki Indonesia menyematkan teknologi injeksi. Dan bertahan hingga sekarang. Sedikit catatan, Suzuki Satria bukanlah pelopor motor dengan desain ayam jago. Sebelumnya, pabrikan Jepang lain juga punya produk serupa. Honda dengan Sonic dan Yamaha punya Tiara. Masing-masing mengusung mesin 125 cc 2-tak. Namun sampai sekarang, Satria F150-lah yang sukses memikat kalangan anak muda. Apa saja keunggulannya?

1. Mesin Powerfull

Ini jadi salah satu yang membuatnya terkenal. Mesin Satria galak. Performa dari sistem injeksinya diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburator. Dibekali mesin berkapasitas 150 cc Double Over Head Camshaft (DOHC), 4-Valve satu silinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama. Satria bahkan diklaim sebagai motor paling bertenaga di kelasnya. Sanggup menyemburkan tenaga 18,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 8.500 rpm. Keseluruhan output disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Untuk menjaga suhu ruang pembakaran tetap adem, pendinginan mengandalkan radiator. Baca juga: REVIEW: Ini Keunggulan Suzuki Address Dibandingkan BeAT dan Mio

2. Body Ramping

Dari dulu Satria dikenal karena bodi yang ramping. Berbeda dengan kebanyakan sepeda motor 150 cc yang bertubuh besar. Hal itu karena selaras dengan konsep yang diusung, ayam jago (ayago). Desain yang kecil, memberikan kedinamisan dan kemudahan berkendara setiap saat. Bagian ekornya tampak seksi dengan lapisan ganda meruncing. Dan struktur tubuh dirancang untuk postur tubuh orang Indonesia. Dengan bodi yang langsing dan terapan setang jepit, membuat posisi duduknya sedikit unik. Agak menurun ke bawah jika dibanding motor bebek pada umumnya. Hal ini membuat posisi orang yang dibonceng akan selalu rapat ke depan. Baca juga: Suzuki Gixxer SF 250, Layak Diboyong ke Indonesia

3. Fitur Modern

Berbagai fitur modern disematkan Suzuki pada Satria. Sebut saja one push electric starter terbaru. Diadopsi dari GSX-1000 dan menjadi inovasi di kelas underbone 150 cc, sehingga proses menyalakan mesin lebih mudah dan cepat. Headlamp sudah mengaplikasikan teknologi LED. Namun untuk stoplamp dan sinyal belok masih bohlam biasa. Bagian dasbor sudah menggunakan speedometer full digital, memberikan kesan modern dan mahal. Dan yang terpenting, informasi kondisi motor mudah dibaca, karena tampilannya yang ringkas. Soal keamanan, Satria dibekali kunci dengan sistem alarm melalui remote khusus. Lebih lanjut, ada USB chrager tersimpan di dalam kompartemen depan. Jadi pengendara tidak perlu bingung saat kehabisan daya ponsel.

4. Piihan Varian

Ada lima opsi warna yang bisa dipilih. Kelimanya dibagi dalam dua tipe, Special Edition dan Predator Series. Untuk edisi spesial pilihannya ada Blue GP, Titan Black dengan pelek kelir merah dan White Blue pakai roda berkelir biru. Sementara sisanya mengusung warna matte, ada Matt Blue dan Matt Black. Harganya sama, Rp 25,360 juta (OTR DKI Jakarta). Baca Juga: Masih Digemari, Kenali 5 Hal Menarik dari Suzuki Satria F150 FI ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • PPN 12% Bakal Bikin Harga Motor Honda Naik, AHM Siapkan Strategi Ini
    PPN 12% Bakal Bikin Harga Motor Honda Naik, AHM Siapkan Strategi Ini
    Bangkit Jaya Putra . 23 Nov, 2024
  • Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Bangkit Jaya Putra . 22 Nov, 2024
  • Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Bangkit Jaya Putra . 22 Nov, 2024
  • Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Baru Satu Tahun Diluncurkan, SMK Helmet Raih Capaian Signifikan
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Piaggio Group Merilis Produk Terbaru dari 4 Brand di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 19 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024