REVIEW: Ini Beda Kawasaki KLX230R dengan Versi Biasa

REVIEW: Ini Beda Kawasaki KLX230R dengan Versi Biasa
JAKARTA, 24 Juni 2019 – Hanya selang sebulan, Kawasaki Motor Indonesia sudah melengkapi keluarga Kawasaki KLX230 dan KLX230SE. Kali ini Kawasaki meluncurkan varian KLX230R. Berbeda dengan dua model lainnya, motor trail ini merupakan non-legal di jalan raya alias dikhususkan untuk off-road dan dirt bike. Kawasaki hanya menyediakan warna lime green untuk versi KLX230R. Sedangkan harga, KX230R ini dijual dengan harga Rp 48,9 juta (Jabodetabekser). Harga ini lebih mahal sekitar Rp 6,4 juta dibandingkan varian KLX230 yang dibanderol Rp 42,5 juta. Lantaran khusus untuk off-road, Kawasaki KLX230R memiliki beberapa perbedaan dengan versi biasa. Misalnya saja tidak ada lampu dan juga kaca spion. Demikian juga tidak ada speedometer. Apa perbedaan lainnya? Berikut perbandingan spesifikasinya:

MESIN

Kawasaki KLX230R dilengkapi dengan mesin berkapasitas 233cm3 berpendingin udara, single engine 4-tak. Tenaga yang dihasilkan 20 PS (14.6 kW) @ 8000 rpm dan torsi 20.6 Nm (2.1 kgfm) @ 6000 rpm. Angka ini lebih tinggi dari versi standar yang memiliki daya 19 PS (14.0 kW) @7600 rpm dan torsi 19.8 Nm (2.0 kgfm) @ 6100 rpm. Kesamannya, keduanya sama-sama memiliki diameter x langkah 67.0 mm x 66.0mm, rasio kompresi 9.4: 1 dan transmisi 6 percepatan. Baca juga: Kawasaki KLX230R, yang Ini Khusus Buat Off-Road Baca juga: Kawasaki KLX230 Meluncur, Launch Price Hanya di Jakarta Fair 2019 Baca juga: Kawasaki KLX230 Produksi Indonesia Siap Dijual ke Amerika Baca juga: Yakin Laris, Kawasaki Pasang Target Penjualan KLX230 10 Ribu Unit Setahun

FRAME

Didesain untuk kegunaan off-road, Kawasaki KLX230R dilengkapi dengan all-new perimeter frame yang memberikan kesabilan handling, yang sangat dibutuhkan saat trail riding. Test ride dan feedback terus dilakukan secara berkala untuk mendapat menyeimbangkan mesin dan rangka, sehingga berbagai karakter pengendara dapat menikmati riding bersama KLX230R. Secara dimensi, KLX230R tidak sepanjang saudaranya, namun posturnya lebih tinggi yaitu 2045 x 840 x 1200 mm. Sementara versi standar memiliki dimensi 2105 x 835 x 1165 mm. Wheelbase juga dibuat lebih pendek yaitu 1360mm berbanding 1380mm milik versi standar. Ditambah tempat duduk yang lebih pendek ditujukan untuk pengendalian yang lebih mudah saat main trabas.

LEBIH RINGAN

Keunggulan KLX230R lainya adalah secara bobot. Motor ini memiliki berat 115 kg atau 17 kg lebh ringan dari versi standar yang berbobot 132 kg. Pelepasan perangkat seperti lampu, kaca spion, speedometer membantu mengurangi bobot. Wheel travel juga lebih baik yaitu 250 mm di depan dan 251 di belakang. Sementara ground clearance yang lebih tinggi yaitu 300 mm dibandingkan versi standar 265mm sehingga dapat dengan mudah menghindari bebantuan yang dan rintangan lainnya yang mereka temui.

BAN BESAR

KLX230R dilengkapi dengan ukuran roda 80/100-R21 di depan dan 100/100-R18 di belakang. Hal ini membuat KLX230R dapat menghadapi rintangan pada track dengan efisien, sehingga memberikan performa trail riding yang sangat baik. Secara keseluruhan KLX230R ringan, mudah bermanuver, dan bertenaga, membuat motor ini menjadi motor ideal untuk off-road adventure bersama teman. Terakhir, handle KLX230R tidak ada perangkat apapun alias bersih. Meski demikian tetap ada tombol elektrik starter di handle kiri. KLX230R ini memiliki kapasitas tangki bensin 6,6 liter atau 0,9 liter lebih sedikit dari versi standar yang berkapasitas 7,5 liter. Spesifikasi lengkap Kawasaki KLX230R:
POWER
Engine 4-stroke, 1-cylinder, SOHC, air-cooled
Displacement 233cc
Bore x Stroke 67.0 x 66.0mm
Compression Ratio 9.4:1
Fuel System DFI w/32mm Throttle Body
Ignition TCBI Electronic Advance
Transmission Six-speed with wet multi-disc manual clutch
Final Drive Chain
PERFORMANCE
Front Suspension 37mm telescopic fork
Front Wheel Travel 9.8 in (249 mm)
Rear Suspension Uni-Trak® linkage system and single shock with preload adjustability
Rear Wheel Travel 9.9 in (252 mm)
Front Tire 80/100-21
Rear Tire 100/100-18
Front Brakes Single 240mm petal disc with a dual-piston caliper
Rear Brakes Single 220mm petal disc with single-piston caliper
DETAILS
Frame Type High-tensile steel perimeter
Rake/Trail 26.5°/4.4 in (112 mm)
Overall Length 80.5 in (2,045 mm)
Overall Width 33.1 in (841 mm)
Overall Height 47.2 in (1,085 mm)
Ground Clearance 11.8 in (300 mm)
Seat Height 36.2 in (920 mm)
Curb Weight 253.6 lb (115 kg)
Fuel Capacity 1.7 gal (6,4 liter)
Wheelbase 53.5 in (1,359 mm)
Color Choices Lime Green
RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ardiantomi . 12 Nov, 2024
  • Berharap Kejelasan Subsidi Pemerintah untuk Motor Listrik di Tahun Depan
    Berharap Kejelasan Subsidi Pemerintah untuk Motor Listrik di Tahun Depan
    Setyo Adi Nugroho . 11 Nov, 2024
  • United E-Motor Resmi Pasarkan C2000, Dapat Subsidi Rp7 Juta
    United E-Motor Resmi Pasarkan C2000, Dapat Subsidi Rp7 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 08 Nov, 2024
  • Diler Motoplex 4 Brands Hadir di Balikpapan
    Diler Motoplex 4 Brands Hadir di Balikpapan
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024