REVIEW: Kawasaki D-Tracker X, Simak Spesifikasi Lengkapnya

D-tracker
JAKARTA, Motovaganza.com – Ketika bicara trail atau tracker, memang sulit untuk tidak bicara Kawasaki. Apalagi jika membincangkan D-Tracker yang merupakan jagoan supermoto. Di kelas ini, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjualnya dalam tiga varian. Ada Standar, SE (Special Edition) dan X yang berkapasitas 250 cc. Tipe teratas termasuk jenis motor sport seperempat liter yang cukup mahal, dibanderol Rp 65,7 juta OTR Jakarta pun hanya ada satu warna, hitam. Dengan harga segitu, dapat apa saja? Meski masuk dalam kategori trail, motor ini sebenarnya lebih pas untuk jalanan aspal. Gayanya oke layaknya motor tualang karena menggunakan sasi KLX series. Tapi ia menggunakan ban dual purpose yang berorientasi untuk penggunaan jalan mulus. Jadi pasnya untuk snail trail, istilah seorang teman. Beda dengan saudaranya yang 150 cc, D-Tracker X menjanjikan performa lebih baik. Pastinya karena mesin satu silinder berkapasitas 249 cc DOHC. Jantung mekanisnya yang dilengkapi sistem pendingin cairan ini sanggup mengail tenaga 24,4 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 21 Nm di putaran 7.000 rpm. Dengan diameter bore x stroke masing-masing 71 x 61,2 mm. Dipasangkan transmisi manual 6-speed, hasilnya performa responsif di setiap kondisi jalan, aspal maupun light off road. Sederhananya, desain supermoto ini seperti trail tapi lebih rendah. D-Tracker X berukuran panjang 2.130 mm, lebar 795 mm dan tinggi 1.125 mm, tergolong kompak dan tetap mudah dikendarai. Untuk memberikan kestabilan motor dalam berakselerasi, D-Tracker X mempunyai ukuran jarak sumbu roda 1.420 mm serta ground clereance 225 mm. Memang sedikit jangkung, membuat sulit dinaiki rider dengan postur di bawah 170 cm. Tapi gaya riding tegaknya membuat motor ini asik untuk ditunggangi. Didukung jok model menyatu yang empuk dan berdesain cukup futuristik. Sangat proposional sebagai motor sport jenis supermoto. Selain desain kokoh, motor ini mempunyai kapasitas tangki cukup besar, 7,7 liter. Mumpuni untuk perjalanan jauh, tak perlu khawatir cepat kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

Fitur-Fitur

Fiturnya tidak banyak, toh tak perlu juga macam-macam. Yang penting tetap fungsional. Panel meternya sudah full digital dan mudah dibaca. Menggunakan layar monokromatik dengan bentuk persegi panjang dan berlatar biru. Isinya sama seperti motor pada umumnya, ada spidometer, takometer, odometer, tripmeter, dan jam. Di bawah instrumen serbadigital ada beberapa indikator. Sama seperti motor sport kebanyakan, ia dibekali sistem pengereman andal. Dipasangkan rem cakram diameter 250 mm dengan kaliper dua piston di depan dan 220 mm di belakang. Meski belum dilengkapi ABS, penghenti daya laju ini sudah lebih dari cukup. Rodanya pakai ukuran 17 inci dengan model pelek ruji. Lalu dibalut ban tubeless setebal 110/70 untuk depan dan 130/70 buat belakang.

Keamanan dan Kenyamanan

Urusan suspensi diserahkan pada tipe upside down 43 mm di depan. Peredam kejut model itu dikenal memberi daya redam yang baik. Selain itu dapat meningkatkan kestabilan motor saat melewati berbagai medan. Belakangnya terpasang tipe New Uni-Trak yang dapat diatur tingkat kekerasannya. Kedua komponen itu sering digunakan pada motor trail, selain lebih empuk juga mampu meredam getaran jalanan yang bergelombang dan tidak rata. Bagi Anda yang hobi bertualang, maka Kawasaki D-Tracker X 250 cc bisa menjadi pilihan tepat. Motor ini menawarkan kemampuan jelajah baik dan didukung power serta akselerasi mengagumkan. Posisi berkendara juga sangat nyaman karena dilengkapi suspensi depan model upside down. Jadi tak perlu khawatir saat berkendara melewati medan off-road ringan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi sebelum memboyongnya.

Spesifikasi Lengkap

POWER Jenis Mesin: 4-tak Single Pendingin cairan Power Maksimum: 18.0 (Kw)/9000rpm Torsi Maksimum: 21Nm/7000rpm Diameter x Langkah: 7261,2mm Volume Silinder: 249cc Sistem Katup: DOHC 4 katup Perbandingan Kompresi: 11:1 Transmission: 6-Speed Primary Reduction Ratio: 8.000 at TopGear PERFORMANCE Suspensi Depan: 43 mm Inverted Fork Suspension Suspensi Belakang: New Uni-Trak Rem Depan: 250 mm Disc Brake Rem Belakang: 220 mm Disc brake Roda Depan: 110/70-17M/C 54S Roda Belakang: 130/70-17M/C 62S Panjang x Lebar x Tinggi: 2,130 x 795 x 1,125 mm DETAILS Jarak poros roda: 1.420 mm Jarak ke Tanah: 225 mm Berat: 139 kg Kapasitas Bensin: 7.7 liter Baca Juga: Beli Kawasaki D-Tracker X, Dapat Apa Saja? ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2024
  • IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2024
  • Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ardiantomi . 12 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024