REVIEW: Kymco X-Town 250i, Siap Saingi Yamaha XMax dan Honda Forza

Kymco X-Town 250i

JAKARTA – Pasar skutik bongsor bermesin 250 cc selama ini dikuasai Yamaha XMax dan Honda Forza. Pabrikan asal Taiwan, Kymco, sebenarnya punya andalan di segmen ini lewat Downtown 250i. Namua ia agak sulit bersaing. Namun Kymco kini menghadirkan satu andalan baru yang rasanya pantas dijadikan alternatif. Ia hadir dengan nama Kymco X-Town 250i.

Bagi yang sudah mengenal Kymco, X-Town mungkin tak begitu asing. Memang secara umum ia mirip dengan Downtown. Tapi Kymco menyebut jika X-Town bukanlah pengganti Downtown. Kedua akan dijual bersamaan. Dengan harapan alternatif, bagi konsumen akan lebih banyak. Keduanya ditempatkan di segmentasi berbeda, meski berdekatan. X-Town diposisikan sedikit di bawah, dengan bekalan jantung pacu tak sebaik kakaknya. Tapi justru dijejali fitur keamanan lebih lengkap.

"X-Town sendiri perannya bukan menggantikan Downtown. Mereka bakal tetap ada, sebab segmentasinya berbeda. Desain dan karakter mesin pun dibuat diferensiasi. Pada X-Town ada penekanan di beberapa aspek, supaya harga jualnya masuk di market Indonesia. Meski begitu, ia sudah punya ABS dua kanal. Tak seperti Downtown," kata Marwan, General Manager Marketing PT. Smart Motor Indonesia menjawab pertanyaan media.

Kymco X-Town 250i

Tampilan

Untuk membedakan, rancang bangun dan gaya X-Town dibuat sedikit berbeda dengan Downtown 250i. Desain yang dinamis, agresif dan sporty adalah beberapa hal yang sangat disukai oleh konsumen Maxi Scooter di Indonesia. Fitur kenyamanan juga menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa lepas dari sebuah Maxi Scooter.

Semua dibuat proporsional, sporty, mengotak, hal yang mudah disukai pasar Tanah Air. Dimensi besar dan bodi berotot juga menjadi nilai jual dari skutik 250cc baru ini. Posisi duduk nyantai. Secara riding position lebih mirip Forza ketimbang XMax.

Kymco X-Town 250i

Ymco X-Town pas buat mereka yang menyukai touring. Kelengkapan dasarnya memadai. Jok benar-benar lebar serta panjang, ditambah undakan pemisah antara keduanya bisa dijadikan sandaran punggung. Area lantai tentu lega, kaki pengendara dapat merebah layaknya skutik Maxi. Nyaman dibawa jalan jauh.

Area bagasi juga besar, lebih besar dari Downtown 250i. Cukup memuat satu helm full face, sekaligus satu helm half face secara bersamaan. Dalam kondisi terisi begitu, masih tersisa ruang di tengah untuk dimasukkan beberapa barang lagi.

Kymco X-Town 250i

Fitur

Fitur modern seperti ABS dua kanal melengkapi motor ini. Perangkat yang tidak dimiliki Downtown. Kemudian ada DRL, LED di lampu belakang, sampai panel instrumen digital informative turut tersedia. Kymco X-Town 250i mempunyai lampu belakang yang khas, “A’maxi Feature Taillight”. Lampu belakang LED berbentuk huruf X dengan kombinasi lampu LED menjadikan khas X-Town selain meningkatkan visibilitas selama berkendara dimalam hari.

Sayangnya belum ada opsi keyless, atau kontrol traksi. Tapi gendongan mesinnya patut diacungi jempol. Jantung 249 cc SOHC injeksi mampu melontar tenaga 20,6 hp @6.500 rpm serta torsi 21,5 Nm @6.500 rpm.

Terakhir soal harga. Kymco X-Town dijual lebih murah dari sang kakak Downtown yang berbanderol Rp 68 juta. Nah, X-Town dijual Rp 62,5 juta. Tentunya jadi menarik dibandingkan Yamaha XMax Rp 61,675 juta atau Honda Forza Rp 83,810 juta. (Hlm/Raju)

Kymco X-Town 250i

Spesifikasi Lengkap Kymco X-Town 250i:

MESIN

Tipe Mesin: 249,1, SOHC, FI

Diameter x Langkah: ø72,7 x 60mm

Maks. Tenaga Mesin: 15,4 kW @6500rpm

Maks. Torsi Mesin: 21,5 Nm @6500rpm

Sistem Pendingin: Berpendingin Cairan

DIMENSI

Panjang: 2235 x 780 x 1370 mm

Jarak ke Tanah: 135mm

Berat Kosong: 185Kg

Kapasitas Tanki Bahan Bakar: 12,5liter

RANGKA

Tipe Rangka: Underbone

Suspensi Depan: Telescopic Fork

Suspensi Belakang: Double Swing Arm

Ban Depan: Tubeless 120/80-14

Ban Belakang: Tubeless 150/70-14

Rem Depan: Disc Brake 3 piston (ABS)

Rem Belakang: Disc Brake 2 piston (ABS)

Jelajahi Kymco X-Town 250i

  • Samping kanan Kymco X-Town 250i
  • Tangki BBM Kymco X-Town 250i
  • Ban depan Kymco X-Town 250i
  • Power outlet Kymco X-Town 250i
  • Lampu depan Kymco X-Town 250i
  • Suspensi belakang Kymco X-Town 250i
  • Jok Kymco X-Town 250i
  • Lampu belakang Kymco X-Town 250i
  • Rem depan Kymco X-Town 250i
  • Speedometer Kymco X-Town 250i
  • Tampak samping ruang bagasi Kymco X-Town 250i
Kymco X-Town 250i
Rp 62,5 Juta Cicilan : Rp 1,43 Juta

Model Motor Kymco

Motor Kymco
  • Kymco AK 550
    Kymco AK 550
  • Kymco Downtown 250i
    Kymco Downtown 250i
  • Kymco Like 150i
    Kymco Like 150i
  • Kymco Racing King 150i
    Kymco Racing King 150i
  • Kymco X-Town 250i
    Kymco X-Town 250i

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kymco Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Kymco X-Town 250i dari Oto

  • Berita
  • Kymco X-Town 250i Tambah Warna Baru
    Kymco X-Town 250i Tambah Warna Baru
    Ivan Hermawan . 01 Okt, 2020
  • Kymco X-Town 250i, Pilihan Ekonomis Selain Honda Forza 250
    Kymco X-Town 250i, Pilihan Ekonomis Selain Honda Forza 250
    Ary Dwinoviansyah . 29 Sep, 2020
  • Harga Berdekatan, Ini Letak Diferensiasi Kymco X-Town dan Downtown
    Harga Berdekatan, Ini Letak Diferensiasi Kymco X-Town dan Downtown
    Helmi Alfriandi . 21 Jul, 2020
  • Skutik Besar Harga Rp 60 jutaan, Pilih Kymco X-Town 250i atau Yamaha XMax?
    Skutik Besar Harga Rp 60 jutaan, Pilih Kymco X-Town 250i atau Yamaha XMax?
    Helmi Alfriandi . 13 Jul, 2020