REVIEW: Moto Guzzi V85TT, Pelahap Segala Medan
JAKARTA, 15 Juli 2019 – Motor dengan genre adventure tengah jadi hot stuff di Indonesia. Banyak pabrikan membawa motor andalannya di segmen ini. Yang terbaru adalah PT Piaggio Indonesia yang memboyong seri terbaru dari Moto Guzzi, Moto Guzzi V85TT.
Moto Guzzi V85TT – kependekan TuttoTerenno atau jika dalam bahasa Inggris berarti all-terrain atau segala medan jika di Indonesia-kan. Motor yang oleh Moto Guzzi disebut travel enduro ini menawarkan fitur premium dan berbagai pilihan aksesori untuk perjalanan sehari-hari di segala jenis medan, off-road maupun untuk touring.
Motor ini memang mengusung tagline Rock(s) n Road(s) artinya bisa untuk off-road dan on-road.
“Moto Guzzi V85TT didedikasikan bagi mereka yang menginginkan kendaraan roda dua serbaguna yang memiliki keunikan khas Italia, serta mendukung semangat bertualang pada pengalaman berkendara sehari-hari mereka di berbagai kondisi jalan,” kata Robby Gozal, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia.
Apa keunggulan yang ditawarkan?
Baca juga: Moto Guzzi V85TT Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 650 Juta
Baca juga: Vespa GTS Super 150 Baru Sapa Pengunjung Kota Kasablanka
Desain
Motor ini pertama kali diperkenalkan sebagai motor konsep pada tahun 2017 sebelum akhirnya diproduksi. Jika Anda lihat desain lampu, screen, dan bagian depan keseluruhan motor, terlihat mirip dengan Triumph 800 XCX atau BMW F 850 GS. Bisa jadi cuma kebetulan atau memang gaya khas motor adventure. Moto Guzzi V85TT memadukan gaya klasik dunia off-road dengan elemen teknologi terbaru. Lampu depan sudah ada LED, Daytime running lamp (DRL) di lampu depan dihiasi dengan siluet lambang pabrikan asal Mandello yang ikonik. Moto Guzzi V85TT juga dilengkapi dengan plexiglass windshield yang bisa disesuaikan. Tak ketinggalan standar off-road seperti handguards, aluminium skid plate untuk melindungi mesin, high front mudguard, fork stanchion guards, dan high exhaust system silencer yang diposisikan tinggi.Posisi Duduk
Ada banyak perubahan lain yang juga diembannya. Sasis dan suspensi telah didesain ulang agar memberikan ground clearance sempurna untuk off-road. Tak heran jika roda depan menggunakan ukuran 19 inci dan belakang 17 inci. Saya sempat mencoba duduk di jok Moto Guzzi V85TT ini. Lumayan tinggi 830mm, tapi bisa disetel dengan 3 pilihan. Penggunakan monoshock di bagian belakang cukup membantu jok sedikit “ambles” ketika diduduki. Moto Guzzi V85TT memiliki semua fitur guna memudahkan pengendaranya berjibaku di medan off-road, seperti tangki bahan bakar 23 liter yang membantu saat perjalanan jauh, serta windscreen depan yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan saat berkendara.Fitur
Motor ini dilengkapi dashboard dengan layar digital TFT berwarna, untuk menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, gigi, temperatur, cruise control, hingga kondisi bahan bakar. Panel instrumen tersebut juga dibekali Bluetooth multimedia system. Moto Guzzi V85 Tutto Terreno dibekali kontrol traksi, ABS, keduanya secara otomatis berfungsi sesuai dengan mode berkendara pilihan Anda (Road, Rain atau Off-Road). Suspensi depan menggunakan Upside‐down hydraulic telescopic fork Ø 41 mm, with adjustable extension and spring preload. Belakang dipasang Swingarm Twin‐sided with lateral mono shock absorber, adjustable extension and spring preload. Tambahan lain adalah rem depan Double stainless steel floating disk Ø 320 mm, radial Brembo calipers with 4 opposed pistons serta rem belakang Stainless steel disk Ø 260 mm, floating 2 pistons caliper.Mesin
Moto Guzzi V85TT berbagi arsitektur bore dengan V9, tetapi mesinnya benar-benar berbeda karena menggunakan poros engkol (crankshaft) dan batang piston (conrod) lebih kaku dan piston lebih pendek yang bermuara pada berkurangnya rotating mass hingga 30% Dia juga memiliki bak mesin (crankcase) semi-dry dengan pompa oli efisien bertugas meniadakan penggunaan oil cooler. Pemakaian intake valve dari titanium membuat Guzzi dapat menggunakan cam radikal yang dikombinasikan dengan throttle body berukuran 52 mm. Hasilnya adalah peningkatan tenaga hingga 80 hp. Moto Guzzi V85TT menggunakan mesin flying V-twin berpendingin udara, Guzzi menyebut mesin ini hampir setara dengan Euro 4. Mereka juga menggunakan crankcase lebih kaku, serta gearbox yang lebih halus termasuk menggunakan sebuah synchroniser untuk mengeliminasi entakan saat memasukkan gigi satu. V85 juga menggunakan drive shaft lebih panjang 70 mm dari V7.Harga
Moto Guzzi V85TT hanya ditawarkan dalam satu warna yaitu Giallo Sahara, kuning putih dengan list merah. Sementara harga dijual Rp 650.000.000 (on-the-road Jakarta) yang dilengkapi dengan program penawaran eksklusif cicilan 0%. Nah, Anda berminat? Buruan…. Spesifikasi Moto Guzzi V85TT Engine: Transversal 90° V‐twin, two valves per cylinder (titanium intake). Displacement: 853 cc. Bore x Stroke: 84 x 77 mm. Maximum power: 80 hp (59 kW) ‐ 7.750 rpm Maximum torque: 80 Nm ‐ 5.000 rpm. Gearbox: 6 speed. Front suspension: Upside‐down hydraulic telescopic fork Ø 41 mm, with adjustable extension and spring preload. Rear suspension: Swingarm Twin‐sided with lateral mono shock absorber, adjustable extension and spring preload. Front brake: Double stainless steel floating disk Ø 320 mm, radial Brembo calipers with 4 opposed pistons. Rear brake: Stainless steel disk Ø 260 mm, floating 2 pistons caliper. Front wheel: Spoked with tube, 19" 110/80. Rear wheel: Spoked with tube, 17" 150/70. Seat height: 830 mm. Dry weight: 208 kg. Wet weight: 229 kg (Weight with motorcycle ready for use with all operating fluids and with 90% fuel). Fuel tank: 23 liter (5 reserve). Compliance: Meets European Directive Euro 4. Emissions: 118 g/km (CO2). Consumption: 4,9 liter/100 km. Features: Display TFT, full LED lights, Ride by Wire, 3 Riding Mode (Street, Rain, Off road), Cruise Control, Handguard, Aluminium sump guard, MGCT Moto Guzzi Controllo di Trazione, Standard double channel ABS. RAJU FEBRIANArtikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test