REVIEW: Moto Guzzi V85TT, Pelahap Segala Medan

REVIEW: Moto Guzzi V85TT, Pelahap Segala Medan
JAKARTA, 15 Juli 2019 – Motor dengan genre adventure tengah jadi hot stuff di Indonesia. Banyak pabrikan membawa motor andalannya di segmen ini. Yang terbaru adalah PT Piaggio Indonesia yang memboyong seri terbaru dari Moto Guzzi, Moto Guzzi V85TT. Moto Guzzi V85TT – kependekan TuttoTerenno atau jika dalam bahasa Inggris berarti all-terrain atau segala medan jika di Indonesia-kan. Motor yang oleh Moto Guzzi disebut travel enduro ini menawarkan fitur premium dan berbagai pilihan aksesori untuk perjalanan sehari-hari di segala jenis medan, off-road maupun untuk touring. Motor ini memang mengusung tagline Rock(s) n Road(s) artinya bisa untuk off-road dan on-road. “Moto Guzzi V85TT didedikasikan bagi mereka yang menginginkan kendaraan roda dua serbaguna yang memiliki keunikan khas Italia, serta mendukung semangat bertualang pada pengalaman berkendara sehari-hari mereka di berbagai kondisi jalan,” kata Robby Gozal, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia. Apa keunggulan yang ditawarkan? Baca juga: Moto Guzzi V85TT Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 650 Juta Baca juga: Vespa GTS Super 150 Baru Sapa Pengunjung Kota Kasablanka

Desain

Motor ini pertama kali diperkenalkan sebagai motor konsep pada tahun 2017 sebelum akhirnya diproduksi. Jika Anda lihat desain lampu, screen, dan bagian depan keseluruhan motor, terlihat mirip dengan Triumph 800 XCX atau BMW F 850 GS. Bisa jadi cuma kebetulan atau memang gaya khas motor adventure. Moto Guzzi V85TT memadukan gaya klasik dunia off-road dengan elemen teknologi terbaru. Lampu depan sudah ada LED, Daytime running lamp (DRL) di lampu depan dihiasi dengan siluet lambang pabrikan asal Mandello yang ikonik. Moto Guzzi V85TT juga dilengkapi dengan plexiglass windshield yang bisa disesuaikan. Tak ketinggalan standar off-road seperti handguards, aluminium skid plate untuk melindungi mesin, high front mudguard, fork stanchion guards, dan high exhaust system silencer yang diposisikan tinggi.

Posisi Duduk

Ada banyak perubahan lain yang juga diembannya. Sasis dan suspensi telah didesain ulang agar memberikan ground clearance sempurna untuk off-road. Tak heran jika roda depan menggunakan ukuran 19 inci dan belakang 17 inci. Saya sempat mencoba duduk di jok Moto Guzzi V85TT ini. Lumayan tinggi 830mm, tapi bisa disetel dengan 3 pilihan. Penggunakan monoshock di bagian belakang cukup membantu jok sedikit “ambles” ketika diduduki. Moto Guzzi V85TT memiliki semua fitur guna memudahkan pengendaranya berjibaku di medan off-road, seperti tangki bahan bakar 23 liter yang membantu saat perjalanan jauh, serta windscreen depan yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan saat berkendara.

Fitur

Motor ini dilengkapi dashboard dengan layar digital TFT berwarna, untuk menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, gigi, temperatur, cruise control, hingga kondisi bahan bakar. Panel instrumen tersebut juga dibekali Bluetooth multimedia system. Moto Guzzi V85 Tutto Terreno dibekali kontrol traksi, ABS, keduanya secara otomatis berfungsi sesuai dengan mode berkendara pilihan Anda (Road, Rain atau Off-Road). Suspensi depan menggunakan Upside‐down hydraulic telescopic fork Ø 41 mm, with adjustable extension and spring preload. Belakang dipasang Swingarm Twin‐sided with lateral mono shock absorber, adjustable extension and spring preload. Tambahan lain adalah rem depan Double stainless steel floating disk Ø 320 mm, radial Brembo calipers with 4 opposed pistons serta rem belakang Stainless steel disk Ø 260 mm, floating 2 pistons caliper.

Mesin

Moto Guzzi V85TT berbagi arsitektur bore dengan V9, tetapi mesinnya benar-benar berbeda karena menggunakan poros engkol (crankshaft) dan batang piston (conrod) lebih kaku dan piston lebih pendek yang bermuara pada berkurangnya rotating mass hingga 30% Dia juga memiliki bak mesin (crankcase) semi-dry dengan pompa oli efisien bertugas meniadakan penggunaan oil cooler. Pemakaian intake valve dari titanium membuat Guzzi dapat menggunakan cam radikal yang dikombinasikan dengan throttle body berukuran 52 mm. Hasilnya adalah peningkatan tenaga hingga 80 hp. Moto Guzzi V85TT menggunakan mesin flying V-twin berpendingin udara, Guzzi menyebut mesin ini hampir setara dengan Euro 4. Mereka juga menggunakan crankcase lebih kaku, serta gearbox yang lebih halus termasuk menggunakan sebuah synchroniser untuk mengeliminasi entakan saat memasukkan gigi satu. V85 juga menggunakan drive shaft lebih panjang 70 mm dari V7.

Harga

Moto Guzzi V85TT hanya ditawarkan dalam satu warna yaitu Giallo Sahara, kuning putih dengan list merah. Sementara harga dijual Rp 650.000.000 (on-the-road Jakarta) yang dilengkapi dengan program penawaran eksklusif cicilan 0%. Nah, Anda berminat? Buruan…. Spesifikasi Moto Guzzi V85TT Engine: Transversal 90° V‐twin, two valves per cylinder (titanium intake). Displacement: 853 cc. Bore x Stroke: 84 x 77 mm. Maximum power: 80 hp (59 kW) ‐ 7.750 rpm Maximum torque: 80 Nm ‐ 5.000 rpm. Gearbox: 6 speed. Front suspension: Upside‐down hydraulic telescopic fork Ø 41 mm, with adjustable extension and spring preload. Rear suspension: Swingarm Twin‐sided with lateral mono shock absorber, adjustable extension and spring preload. Front brake: Double stainless steel floating disk Ø 320 mm, radial Brembo calipers with 4 opposed pistons. Rear brake: Stainless steel disk Ø 260 mm, floating 2 pistons caliper. Front wheel: Spoked with tube, 19" 110/80. Rear wheel: Spoked with tube, 17" 150/70. Seat height: 830 mm. Dry weight: 208 kg. Wet weight: 229 kg (Weight with motorcycle ready for use with all operating fluids and with 90% fuel). Fuel tank: 23 liter (5 reserve). Compliance: Meets European Directive Euro 4. Emissions: 118 g/km (CO2). Consumption: 4,9 liter/100 km. Features: Display TFT, full LED lights, Ride by Wire, 3 Riding Mode (Street, Rain, Off road), Cruise Control, Handguard, Aluminium sump guard, MGCT Moto Guzzi Controllo di Trazione, Standard double channel ABS. RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • No Boundary Cafe Ajak Puluhan Bikers Buat Rayakan Halloween Day
    No Boundary Cafe Ajak Puluhan Bikers Buat Rayakan Halloween Day
    Zenuar Yoga . 04 Nov, 2024
  • MotoGP Malaysia 2024: Bagnaia Menang, Persaingan Juara Dunia Berlanjut Hingga Seri Terakhir
    MotoGP Malaysia 2024: Bagnaia Menang, Persaingan Juara Dunia Berlanjut Hingga Seri Terakhir
    Zenuar Yoga . 04 Nov, 2024
  • Respiro Meriahkan IMOS 2024 dengan Peluncuran Jaket Baru
    Respiro Meriahkan IMOS 2024 dengan Peluncuran Jaket Baru
    Zenuar Yoga . 04 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024