JAKARTA -- Tak butuh lama bagi Toyota untuk akhirnya resmi memboyong Toyota New Hilux facelift ke Tanah Air. Pikap ini diperkenalkan secara virtual oleh Toyota, Kamis (27/8/2020) kemarin. Parasnya berubah sehingga terlihat lebih tangguh. Kendati begitu, bukan sekadar penyegaran visual atau penambahan fitur, ada penyempurnaan mekanikal demi rasa berkendara lebih baik. Harga yang dibanderol oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga menarik untuk disimak.
Peluncuran Toyota Hilux baru di Indonesia menyusul debutnya di Thailand, beberapa bulan lalu. Toyota tidak ingin Hilux diam begitu saja di tengah kuatnya persaingan di segmen ini. Hilux facelift mengalami pembenahan dan peningkatan baik dari sisi penampilan, sampai ke aspek teknis. Oleh Toyota, mobil ini ditawarkan sebagai kendaraan komersial Tangguh untuk segala kebutuhan bisnis, dengan tampang stylish yang lebih kokoh, gagah dan dinamis.
Penyegaran Hilux melengkapi rangkaian facelift untuk model berbasis IMV (International Multipurpose Vehicle) dari Toyota, Bersama Innova dan Fortuner. Di Indonesia, tentunya Hilux akan semakin pede melayani Mitsubishi Triton dan Nissan Navara.
Inilah penyegaran pertama sejak generasi ke-8 hadir pada 2015 lalu. Nah, seperti apa tampilannya? Bagaimana ubahannya?
Baca juga: Toyota New Hilux Resmi Hadir, Harga Naik Rp 3-10 Juta
Desain
Hilux telah mengalami permak wajah yang sangat signifikan bila dibandingkan versi awal alias pre-facelift. Toyota membuatnya bergaya lebih modern dan dinamis, bahkan futuristik. Visual atau penampilan eksterior Hilux direvisi menjadi lebih macho, sekilas menyerupai Tacoma dalam ukuran kecil. Dimensi grille bertambah ke bawah seakan memakan porsi bumper. Bentuk trapezoidal-nya ditegaskan oleh bezel tebal mengitari rongga udara dan bibir kap mesin. Rancangan bumper depan pun disudahi bingkai foglamp berbentuk huruf “L” di sisi terluar. Jelas tampak gahar, tak ketinggalan pula elemen skid plate melindungi dagu Hilux.
Penyegaran di bagian wajah adalah rumah lampu anyar. Kini pikap legendaris Toyota ini kebagian penerangan LED di varian teratas, tipe V. Bukan hanya headlamp, sumber cahaya foglamp pun berasal dari sinar dioda. Membuat binar mata tampak semakin modis dan canggih, sekaligus terang namun hemat energi. Di belakang, set lampu juga diganti, menyuguhkan grafis angka 3 dari iluminasi LED. Sebagai informasi, anggota lain yang berteknologi halogen tidak dibiarkan usang lantaran menganut komposisi jeroan lampu anyar.
Sepatu baru menuntaskan daftar ubahan eksterior untuk kaki-kaki. Merupakan velg alloy enam palang berdiameter 17 inci spesifik ditujukan bagi tipe G dan V. Berpulas hitam, mengikuti gaya yang semakin tangguh.
Baca juga: Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner, Ada Masalah Sistem Pengereman
Interior
Penyegaran bagian kabin sebenarnya tidak terjadi sesignifikan bagian eksterior. Namun tetap berbagai penyempurnaan dilakukan Toyota untuk memanjakan pengemudi dan penumpang. Dibandingkan sebelumnya, ubahan utama diwakili oleh head unit layar sentuh 7 inci pada tipe V. Fitur baru sistem infotainment ini sudah mendukung input dari DVD, USB, AUX-IN, dan Bluetooth, selain untuk menerima siaran radio. Sementara untuk tipe E mendapatkan 2 DIN capacitive screen tanpa DVD dan Bluetooth. Sementara tipe G mendapat kelebihan koneksi Bluetooth dari sistem yang dipakai pada tipe E.
Bagian pengemudi mendapatkan instrument cluster baru, yang kini dilengkapi layar TFT 4,2 inci sebagai MID (Multi Information Display), pada tipe G dan V. Informasi semakin lengkap dengan hadirnya ECO Indicator untuk membantu gaya mengemudi yang lebih hemat konsumsi BBM.
Kemudahan akses keluar-masuk ditambah dengan assist grip di atas pintu pengemudi pada seluruh varian D-Cab. Sementara untuk seluruh tipe untuk S-Cab dan D-Cab, kabin sudah dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.
Baca juga: Toyota Kijang Innova TRD Sportivo, Sehat Berkat Air Purifier
Mesin
Versi teranyar Hilux terkuat dibekali pemacu turbo diesel 2GD-FTV. Yakni enjin 4 silinder DOHC 16 valve berkapasitas 2,4 liter disokong teknologi VNT Turbo. Torsinya berlimpah, muntahkan kekuatan 400 Nm di rentang 1.600-2.000 rpm.
Bersamaan ekstraksi torsi, kumpulan tenaga hingga 149,6 PS memuncak di 3.400 rpm. Sentuhan diberikan berupa sistem pendingin air di rumah kompresor turbo. Bertujuan menurunkan suhu udara yang akan kembali ke ruang bakar lantas meningkatkan efisiensi BBM.
Dengan angka output tersebut dianggap masih cukup andal bagi Toyota, begitu juga untuk varian mesin bensin 2,0 liter yang khusus pada Hilux S-Cab. Transmisi pun masih memakai manual 5 percepatan, serta otomatis 6 percepatan.
Baca juga: Toyota Urban Cruiser Lakukan Debut di India, Ini Tampilannya
Fitur Pelengkap
Salah satu aspek yang turut ditingkatkan oleh Toyota pada Hilux adalah bertambahnya fitur keselamatan. Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution jadi standar. Sementara itu, dua model atas disisipkan kemampuan lebih. Vehicle Stability Control tidak lagi dikhususkan tipe V, kini G juga kebagian. Termasuk di dalamnya tambahan berupa Trailer Sway Control (TSC), Hill Assist Control (HAC), dan Emergency Brake Assist. Di garda kantung udara pelindung, minimal semua sudah punya Dual SRS Airbag dan Kneebag. Toyota pun tampak royal lewat airbag tujuh titik spesifik Tipe V.
Sementara untuk kemantapan pengendalian, seluruh Hilux D-Cab dan S-Cab 4x4 mendapat pembenahan pada sisi suspensi. Toyota melakukan setting alias kalibrasi ulang sistem suspensi demi seimbangkan antara kenyamanan dan respons kemudi lebih baik. Konfigurasi per daun (leaf spring) dibuat semakin nyaman bahkan saat melintas jalanan rusak, sekaligus meminimalisir limbung saat mennikung.
Terlebih, terpasangnya Variable Flow Control Power Steering pada Hilux D-Cab tipe G dan V memberikan feeling mengemudi lebih baik seiring perubahan kecepatan. Selain putaran setir menjadi lebih ringan, aplikasi teknologi ini ikut membantu kurangi konsumsi BBM hingga 5%.
Baca juga: Seberapa Untung Beli Toyota Kijang Innova Bekas Ketimbang Venturer?
Pilihan dan Harga
Saat ini PT TAM tawarkan dua opsi bodi untuk Hilux. Paling rendah diisi Single Cab tergantung mesin dan jenis penggerak. Tiga model lainnya bertubuh Double Cab. Ada kenaikan harga antara Rp 3 juta sampai Rp 10 juta dibandingkan model sebelumnya.
Harga New Toyota Hilux:
- Single Cabin 2.0 M/T: Rp 241.700.000
- Single Cabin 2.4 DSL M/T: Rp 259.050.000
- Single Cabin 2.4 DSL 4x4 M/T: Rp 349.350.000
- Double Cabin 2.4 E (4X4) DSL M/T: Rp 429.750.000
- Double Cabin 2.4 G (4X4) DSL M/T: Rp 454.550.000
- Double Cabin 2.4 V (4x4) DSL A/T: Rp 492.800.000
“Dengan berbagai improvement dan peningkatan baik eksterior maupun interior serta fitur safety yang kian lengkap membuat performa Hilux meningkat secara keseluruhan. Sebagai kendaraan komersial, Hilux sangat cocok untuk mendukung mobilitas berbagai bidang usaha dan menjanjikan solusi terbaik bagi pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (Krm/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.