REVIEW: Wuling Cortez CT Type S, Apa Saja Kelengkapannya?

Wuling Cortez CT Type S

JAKARTA – Wuling Motors melengkapi jajaran line-upnya. Jenama asal Cina itu meansir line up baru MPV mediumnya dengan menambah satu varian baru. Ya, pilihan Cortez CT sekarang kian variatif berkat kedatangan model Type S. Kehadirnnya semakin melengkapi kekuatan Wuling di segmen ini. Mereka kini punya 5 varian yang terdiri dari C, S, dan L.

Seperti biasa, harga serta standar spesifikasi yang dihadirkan Wuling membuat banyak pemain lain terkaget-kaget. Type S mengisi lini tengah Cortez CT. Pilihan transmisi manual dibanderol Rp 209 juta sementara CVT Rp 233 juta. Baru lah di atas itu ada Comfort seharga Rp 238,5 – 255,5 juta lantas ditutup varian termahal Rp 290 juta. Melirik harga, tak salah bila menilai keberadaan mobil keluarga Wuling ini malah ikut mengganggu pasar LMPV bukan?

Nah kembali ke Type S, diketahui selisih antara opsi transmisi terpaut cukup jauh sampai Rp 24 juta. Hal ini dikarenakan diferensiasi tidak terletak di transmisi saja, ada perbedaan fitur meski menganut satu nama tipe.

Wuling Cortez CT Type S

Fitur MT

Jika dilihat dari sisi eksterior, tidak ada signifikansi rancangan. Boleh dibilang sama, karena memang bukan edisi facelift. Paling banter kekosongan area bawah bumper sebab varian ini tidak dibekali fog lamp. Selain itu kurang lebih sama. Ia dilengkapi roof rail, spoiler belakang berikut cladding hitam yang melekat. Soal penerangan, opsi termurah ini mengadopsi Adjustable Projector Headlamp Halogen tanpa DRL. LED tetap dihadirkan sebagai lampu sein belakang dan High-Mount Stop Lamp (HMSL) di spoiler.

Masuk ke kabin, terasa lebih sederhana sebab hanya menyajikan sarana hiburan berupa radio dengan fungsi USB dan AUX. Di samping itu, pengoperasian Cortez CT Type S MT masih memanfaatkan set kunci konvensional, belum ada tombol start/stop engine. Fitur yang tersedia, ayar MID berukuran 3,5 inci tetap mengisi panel instrumen. Juga soal kenyamanan, double blower eksis guna mendinginkan area belakang. Andai mau eksklusivitas captain seat, bisa dipilih sebagai barang opsional.

Urusan keselamatan tidak dibedakan antara dua opsi base model. Di sektor pengereman, ABS dan EBD bekerja mengoptimalkan sekaligus menjaga agar manuver terkendali. Namun tidak seperti varian di atas Type S, VSC tidak ditemukan batang hidungnya. Dual SRS Airbag, safety belt untuk seluruh penumpang, dan jangkar ISOFIX berperan meminimalisir risiko cedera andai terjadi kecelakaan.

Ada fitur lain yang sekiranya sanggup menggugah konsumen. Remote kunci bisa disuruh untuk membuka kaca dan bagasi. Selain itu, penerangan depan disematkan fungsi follow-me home.

Wuling Cortez CT Type S

Fitur CVT

Lagi-kagi, desain eksterior tidak berbeda hanya saja pilihan CVT punya LED DRL. Nah, selisih Rp 24 juta dari varian manual justru diterjemahkan untuk model CVT dengan captain seat dan synthetic leather. Ragam fitur pun dihadirkan untuk melengkapi kekosongan.

Kalau melirik kabin, Cortez CT Type S CVT mungkin lebih memikat.Sistem infotainment mengusung komponen Advance 8” Entertainment System. Sistem ini memungkinkan adaptasi Rear Parking Camera Display guna membantu bermanuver. Tak hanya itu, perangkat kontrol dapat dilancarkan melalui lingkar kemudi. Rasa berkelas lalu disudahi oleh fitur Keyless Entry beserta Engine Start/Stop Button.

Wuling Cortez CT Type S

Catatan Mekanis

Melihat data sepsifikasinya, Wuling Cortez CT mencatatkan dimensi 4.780 x 1.816 x 1.775 mm (PxLxT). Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova diukur 4.735 x 1.830 x 1.795 mm. Ia juga memiliki kesamaan jarak antarsumbu sepanjang 2.750 mm. Secara ukuran tubuh, Cortez sejatinya bermain di kelas MPV medium.

Begitu pula menyoal dapur pacu, penuh tenaga berkat sokongan turbo. Saat ini menjadi satu-satunya MPV bermesin bensin dengan rumah keong pemaksa udara. Tak terkecuali Type S. Unit empat silinder DOHC DVVT bersembunyi di balik bonnet untuk menghasilkan tenaga sebesar 140 hp pada 5.200 rpm. Torsi cukup berlimpah sekaligus keluar sejak putaran bawah. Total 250 Nm eksis di rentang 1.600 – 3.600 rpm. Opsi transmisi manual 6 percepatan atau CVT mengarahkan putaran mesin ke roda depan.

Di sektor kaki-kaki, Cortez CT diaransemen dengan komposisi MacPherson Strut (depan) dan Semi-Independent (belakang). Empat disc brake ditugaskan untuk menghela laju bareng sokongan ABS dan EBD. Terakhir, Kontak ke aspal dilakoni oleh set sepatu 16 inci dibalut ban berukuran 205/55.

Wuling Cortez Type S

Rival

Jika melihat rentang harganya, Rp 209 juta sampai Rp 233 juta, Cortez Type S menyasar MPV dan juga Low MPV. Dengan beragam fitur yang disematkan ia cukup mengganggu pemain lain.

Kita tengok pabrikan Jepang, budget Rp 200 juta kecil dapat LMPV tipe terendah juga. Itupun fiturnya kalah dari Cortez. Empat di antaranya yang lebih murah: Toyota Avanza 1.3 E MT Rp 200,2 juta, Honda Mobilio S MT Rp 203,4 juta, Suzuki ertiga GA MT Rp 205 juta dan Nissan Livina E MT Rp 208,3 juta. Mitsubishi Xpande GLX MT senilai Rp 217,8 juta akan terasa terlalu sederhana jika dibanding Cortez.

Soal kelengkapan banyak mirip dengan para pesaingnya. Tak hanya tampilan, fitur, akomodasi kabin, performa mesin dan pengendaraan, Cortez tak kalah. Bagi Anda yang sedang menimbang LMPV dengan bujet Rp 250 juta, perlu memperhitungkan kembali. (Krm/Raju)

Jelajahi Wuling Cortez

  • Tampak Depan Bawah Wuling Cortez
  • Tampak depan Cortez, sudut rendah
Wuling Cortez
Rp 304,3 - 342,65 Juta Cicilan : Rp 6,94 Juta

Model Mobil Wuling

Mobil Wuling
  • Wuling Almaz Hybrid
    Wuling Almaz Hybrid
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Alvez
    Wuling Alvez
  • Wuling Binguo EV
    Wuling Binguo EV
  • Wuling Cloud EV
    Wuling Cloud EV
  • Wuling Confero
    Wuling Confero

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Wuling Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Wuling Cortez dari Carvaganza

  • Mudik Lebaran Pakai Wuling New Cortez Dengan Ragam Penyempurnaan
    Mudik Lebaran Pakai Wuling New Cortez Dengan Ragam Penyempurnaan
    Alvando Noya . 23 Apr, 2022
  • IIMS 2022: Wuling Ajak Pengunjung Buktikan Beragam Teknologi Canggih Milik New Cortez dan Almaz RS
    IIMS 2022: Wuling Ajak Pengunjung Buktikan Beragam Teknologi Canggih Milik New Cortez dan Almaz RS
    Alvando Noya . 05 Apr, 2022
  • 10 Hal Baru Pada Wuling New Cortez Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli
    10 Hal Baru Pada Wuling New Cortez Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli
    Alvando Noya . 25 Mar, 2022
  • New Cortez Tawarkan Segudang Fitur Baru, Begini Detailnya
    New Cortez Tawarkan Segudang Fitur Baru, Begini Detailnya
    Alvando Noya . 24 Mar, 2022
  • New Wuling Cortez Hadirkan Fitur WIND dan Telematik Demi Senggol Raja MPV Tanah Air
    New Wuling Cortez Hadirkan Fitur WIND dan Telematik Demi Senggol Raja MPV Tanah Air
    Alvando Noya . 24 Mar, 2022

Artikel Mobil Wuling Cortez dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Wuling New Cortez Dapat Potongan Harga, Simak Kelebihan Fitur Pintarnya
    Wuling New Cortez Dapat Potongan Harga, Simak Kelebihan Fitur Pintarnya
    Ardiantomi . 20 Okt, 2022
  • Kesempatan Terbaik Beli Mobil Wuling di GIIAS 2022, Ada Diskon Hingga Rp50 Juta
    Kesempatan Terbaik Beli Mobil Wuling di GIIAS 2022, Ada Diskon Hingga Rp50 Juta
    Ardiantomi . 20 Agu, 2022
  • Keunggulan Wuling New Cortez EX, MPV Bujet Rp300 Juta Kaya Fitur
    Keunggulan Wuling New Cortez EX, MPV Bujet Rp300 Juta Kaya Fitur
    Ardiantomi . 29 Jul, 2022
  • Berkat WIND pada Wuling New Cortez, Kenyamanan Pengguna Meningkat
    Berkat WIND pada Wuling New Cortez, Kenyamanan Pengguna Meningkat
    Ardiantomi . 14 Jun, 2022
  • Program Spesial Wuling, Masih Ada Harga Promo Buat New Cortez
    Program Spesial Wuling, Masih Ada Harga Promo Buat New Cortez
    Setyo Adi Nugroho . 13 Jun, 2022
  • Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina
    Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina
    Raju Febrian . 18 Des, 2020
  • Pilih Mana, Wuling Cortez CT Termahal atau Almaz Termurah?
    Pilih Mana, Wuling Cortez CT Termahal atau Almaz Termurah?
    Muhammad Hafid . 03 Agu, 2019
  • Komparasi Wuling Cortez CT vs Toyota Venturer
    Komparasi Wuling Cortez CT vs Toyota Venturer
    Anindiyo Pradhono . 12 Jun, 2019
  • Ini Dia Perbedaan Seluruh Varian Wuling Cortez
    Ini Dia Perbedaan Seluruh Varian Wuling Cortez
    Rizki Satria . 30 Apr, 2019
  • Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dengan 1.8 L
    Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Wuling Cortez 1.8 C dengan 1.8 L
    Muhammad Hafid . 06 Apr, 2019
  • First Drive Wuling Cortez CT: Sensasi Turbo dan CVT dalam Mobil Keluarga
    First Drive Wuling Cortez CT: Sensasi Turbo dan CVT dalam Mobil Keluarga
    Anindiyo Pradhono . 24 Apr, 2019
  • Road Test Wuling Cortez 1.8 L Lux+ i-AMT: Too Good To Be True (Part-2)
    Road Test Wuling Cortez 1.8 L Lux+ i-AMT: Too Good To Be True (Part-2)
    Anindiyo Pradhono . 13 Mar, 2018
  • Road Test Wuling Cortez 1.8 L Lux+ i-AMT: Keunggulan yang Tidak Dimiliki Lawan Seharganya (Part-1)
    Road Test Wuling Cortez 1.8 L Lux+ i-AMT: Keunggulan yang Tidak Dimiliki Lawan Seharganya (Part-1)
    Anindiyo Pradhono . 09 Mar, 2018