Kemunculan Honda HR-V generasi ketiga semakin dekat. Sebelum singgah ke Indonesia, meluncur duluan di Thailand. Memberi gambaran bagaimana model terbaru crossover ini mengaspal. Ada trim RS yang juga akan tersedia untuk pasar lokal. Namun penggeraknya cuma hybrid tanpa ditemani opsi mesin naturally aspirate atau turbo.
Betul, seperti Honda HR-V yang beredar di Eropa, opsi satu-satunya hanya varian e:HEV. Terbagi dalam 3 trim: HR-V e:HEV E, HR-V e;HEV EL dan HR-V e:HEV RS. Belum ada harga resmi dikeluarkan, cuma diwartakan oleh Headlightmag dalam kisaran 900 ribuan hingga 1,1 jutaan baht. Berarti jika dikonversi ke rupiah sekitar Rp388-Rp474 jutaan.
Thailand adalah negara ASEAN pertama yang meluncurkan HR-V hybrid. Tapi belum tentu akan singgah ke Indonesia. Sebab data Samsat telah memperlihatkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tertera mesin 1,5-liter dan 1,5-liter turbo dengan trim RS. Nah, setidaknya Honda HR-V RS di Thailand bisa jadi patokan saat kelak meluncur di sini.
Ada perbedaan dibanding HR-V di Jepang maupun pasar Eropa. Terutama dari desain grille model kromium yang baru pertama kali terlihat. Tersemat emblem RS di pojok bawah dan aksen merah di airdam. Sementara tipe lain tetap memakai model grille bilah horizontal.
Baca Juga: Begini Tampilan Honda HR-V Generasi Baru yang Akan Beredar di Indonesia
Penegas RS lain bisa dilihat dari ornamen hitam glossy. Khususnya area front lip, fender, side skirt dan bemper. Atap pun dibuat dua warna meski tak menyasar ke spion. Layaknya Honda RS, karakter sport lebih dipancarkan. Kuda-kuda pun tampak gagah berkat pelek 5-spoke abu-abu berukuran 18-inci dengan ban 225/50. Varian non-RS ambil penampilan paling dasar seperti pasar lain. Skid plate dikelir perak, dan peleknya berukuran 17-inci pakai ban 215/60.
Tak banyak ciri khusus di interior HR-V RS. Paling mudah dikenali dari hiasan jahitan merah di jok, setir dan tuas transmisi. Selebih sama saja dengan trim lain. HR-V model terbaru tetap menawarkan kepraktisan kabin tinggi. Ruang kepala dan kaki ekstralapang di model lawas semakin bertambah. Istimewanya lagi, Ultra Seat tetap tersedia. Pengaturan Utility Mode, Long Mode dan Tall Mode bisa disesuaikan untuk mengangkut barang.
Kembali ke powertrain hybrid. Unit sama telah bersemayam terlebih dahulu di City e-HEV. Jantung mekanis bensin menerapkan siklus Atkinson dengan kapasitas 1,5-liter. Tenaganya hanya 105 hp dan torsi 127 Nm. Jika dikombinasikan dengan dua motor elektrik, menghasilkan 131 hp dan torsi 253 Nm. Tenaga lebih besar 7 hp dibanding City e:HEV. Honda Thailand memberi garansi 5 tahun tanpa batasan jarak untuk sistem hybrid. Untuk baterai lebih panjang lagi. Pabrikan kasih garansi 10 tahun.
Honda memberikan fitur keselamatan komplet. Selain 6 airbag, ABS, EBD, VSA, HSA, ESS, Walk Away Auto dan Honda LaneWatch, Honda Sensing juga tersedia. Isinya berupa Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Ditemani pula oleh Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) plus Auto High Beam.
Hybrid memang solusi jitu untuk mengejar efisiensi tanpa mengorbankan performa. Tapi untuk HR-V RS di Indonesia, Honda punya senjata tak kalah menggiurkan. Enjin turbo akan tersemat dan menjadikannya HR-V RS Turbo pertama yang mengaspal. Mesin diambil dari CR-V dan Civic, 4-silinder 1,5-liter VTEC turbo. Tenaga diprediksi mencapai 190 PS dan lontaran torsi 240 Nm lalu berpasangan dengan CVT. Jelas lebih powerful dibanding e:HEV. (Odi)
Sumber: Headlightmag
Baca Juga: Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5L Turbo Bakal Dipasarkan di Indonesia, Cek Nilai Jualnya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.