Riset Populix: Terungkap Beberapa Kekhawatiran Masyarakat Terhadap EV di Indonesia

populix

Indonesia merupakan negara dengan populasi besar dan kebutuhan transportasi tinggi. Beberapa tahun belakangan, menunjukkan pertumbuhan signifikan terhadap penggunaan kendaraan listrik (EV). Berdasar Gaikindo, pertumbuhan 2023 saja mencapai 65,22 persen. Tahun ini diprediksi semakin naik. Namun demikian, isu baterai dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik menjadi hambatan terbesar industri kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini dapat dilihat dari riset Populix terbaru bertajuk “Electric Vehicle Dynamics: Unveiling Consumer Perspectives and Market Insights”.

Dalam riset mereka, menunjukan kekhawatiran dengan sisa baterai selama perjalanan (65 persen), kapasitas jarak tempuh terbatas (61 persen ) dan tidak semua bengkel menerima perbaikan meskipun kerusakannya non-listrik (49 persen). Selain itu, keterbatasan infrastruktur atau fasilitas charging (43 persen). Lokasi stasiun pengisian daya masih sedikit dan cenderung jauh (42 persen) juga menjadi tantangan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Seiring dengan berkembangnya pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Kolaborasi antara regulator dan produsen EV menjadi semakin krusial guna mengatasi tantangan mendasar. Misalnya seperti aksesibilitas, jarak tempuh, biaya, hingga ketersediaan infrastruktur pengisian daya. Itu bisa menghambat integrasi kendaraan listrik bagi mobilitas konsumen sehari-hari. Dengan memahami tantangan dan preferensi konsumen. Sinergi ini menjadi kunci dalam mendorong adopsi EV secara lebih luas. Serta meningkatkan pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia," ujar Timothy Astandu, CEO & Co-Founder Populix, dalam surel kepada OTO.com.

Dinamika Penggunaan Kendaraan Listrik

Riset mereka juga memperlihatkan beberapa aspek. Pengisian daya kendaraan listrik paling nyaman dilakukan di rumah (59 persen), sementara stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) hanya digunakan oleh 15 persen responden. Tempat penukaran baterai kendaraan listrik yang paling populer adalah lokasi brand resmi (78 persen). Diikuti oleh stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) (42 persen).

Frekuensi penggunaan SPKLU atau SPBKLU bervariasi. Menurut Populix, sebanyak 55 persen melakukan pengisian daya di tempat itu. Setidaknya satu kali seminggu dan bahkan sebagian kecil menggunakannya setiap hari.

Nah, di dalam kategori sepeda listrik, tujuan utama penggunaan termasuk belanja kebutuhan sehari-hari berkisar (79 persen). Antar-jemput teman atau keluarga (62 persen), mengunjungi teman atau keluarga (58 persen), mengirim barang (23 persen) dan bekerja (13 persen). Konsumen memiliki ekspektasi harga sepeda listrik rata-rata sebesar Rp4.700.000 dengan jarak tempuh 12,32 km guna memenuhi kebutuhan mobilitas mereka. Sepeda listrik paling banyak digunakan di Indonesia adalah Uwinfly (32 persen), Exotic (22 persen) dan Polygon (12 persen).

Responden menggunakan motor listrik dengan tujuan utama untuk belanja kebutuhan sehari-hari (72 persen). Mengunjungi teman atau keluarga (57 persen), antar-jemput teman atau keluarga (57 persen), bekerja (47 persen) dan perjalanan dalam kota (46 persen). Untuk memenuhi tujuan itu, konsumen merasa bahwa jarak tempuh motor listrik ideal adalah 74,93 km. Sementara itu, ekspektasi masyarakat terhadap harga motor listrik rata-rata sebesar Rp18.000.000. Adapun tiga merek paling banyak digunakan adalah Volta (15 persen), Honda (15 persen) dan Polytron (13 persen).

Untuk mobil listrik, tujuan utama penggunaan meliputi mengunjungi teman atau keluarga (71 persen). Perjalanan dalam kota (69 persen), bekerja (67 persen), antar-jemput teman atau keluarga (63 persen). Kemudian belanja kebutuhan sehari-hari (60 persen). Rata-rata konsumen menilai harga mobil listrik yang ideal adalah sebesar Rp250.000.000 dan memiliki jarak tempuh minimal 261,18 km. Merek yang saat ini paling banyak digunakan: Wuling (57 persen), Hyundai (24 persen) dan Toyota (9 persen).

VP of Research Populix Indah Tanip menjelaskan. Saat ini pembelian kendaraan listrik masih didorong kuat oleh program-program promosi. Adapun bentuk promo yang paling disukai oleh konsumen mencakup diskon khusus dari produsen. Misalnya potongan harga atau cashback (65 persen ), garansi baterai atau unit (65 persen). Lalu subsidi pemerintah dalam bentuk diskon atau insentif langsung (57 persen), serta penawaran paket spesial selama periode tertentu (43 persen).

Sumber Informasi EV di Indonesia

Mayoritas responden mencari informasi seputar kendaraan listrik dari media sosial dan channel online (89 persen) serta aset-aset BTL (80 persen). Adapun lima sumber media sosial dan channel online paling banyak digunakan meliputi iklan YouTube (39 persen). Kemudian media sosial resmi brand (38 persen), website resmi brand (35 persen). Iklan Instagram (22 persen), dan review di forum online (20 persen).

Lanjut mengenai kategori BTL (Below the Line). 53 persen responden menyebut rekomendasi teman dan keluarga sebagai sumber informasi terpercaya. Kemudian diikuti oleh pameran otomotif di mall (41 persen) dan event otomotif seperti GIIAS atau IIMS (27 persen). Perlu diketahui pula. Selain media sosial dan channel online. Aset-aset BTL, responden juga mencari informasi seputar kendaraan listrik dari aset-aset ATL (Above the Line). Khususnya publikasi atau website otomotif sebagaimana dipercaya oleh 20 persen responden. Poster di jalanan atau iklan billboard yang menjadi sumber informasi 17 persen. (Alx/Odi)

Baca Juga: E-Fuel, Solusi Bahan Bakar Masa Depan?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Mercedes-Benz Kerahkan 60 Unit S-Class Untuk Pelantikan Presiden & Wapres RI Baru
    Mercedes-Benz Kerahkan 60 Unit S-Class Untuk Pelantikan Presiden & Wapres RI Baru
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Tawarkan Home Charging Untuk Konsumen, Ada Rekomendasi Khusus
    BYD Tawarkan Home Charging Untuk Konsumen, Ada Rekomendasi Khusus
    Setyo Adi . Hari ini
  • EKSKLUSIF DARI MARANELLO: Ferrari F80 Resmi Buka Selubung, Penerus LaFerrari dengan DNA F1
    EKSKLUSIF DARI MARANELLO: Ferrari F80 Resmi Buka Selubung, Penerus LaFerrari dengan DNA F1
    Munawar Chalil . 17 Okt, 2024
  • Hyundai Motors Indonesia Tunjuk Presdir Baru, Perkuat Langah Strategis Elektrifikasi
    Hyundai Motors Indonesia Tunjuk Presdir Baru, Perkuat Langah Strategis Elektrifikasi
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2024
  • Aion Pastikan Harga Resmi Hyptec HT Meluncur Akhir Bulan Ini
    Aion Pastikan Harga Resmi Hyptec HT Meluncur Akhir Bulan Ini
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pesaing Toyota Alphard, BYD Denza D9 Meluncur di Indonesia Sebentar Lagi
    Pesaing Toyota Alphard, BYD Denza D9 Meluncur di Indonesia Sebentar Lagi
    Anjar Leksana . Hari ini
  • 60 Mercedes-Benz S-Class Jadi Kendaraan Tamu Negara
    60 Mercedes-Benz S-Class Jadi Kendaraan Tamu Negara
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Pengiriman Aion Hyptec HT ke Konsumen Mulai Akhir Oktober 2024
    Pengiriman Aion Hyptec HT ke Konsumen Mulai Akhir Oktober 2024
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    OTO . 17 Okt, 2024
  • GWM Indonesia Buka Diler Resmi di Sumatra Utara
    GWM Indonesia Buka Diler Resmi di Sumatra Utara
    Zenuar Yoga . 17 Okt, 2024
  • Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
    Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2024
  • Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Daftar Lawan Toyota Hilux Rangga di Segmen Kendaraan Niaga Ringan
    Anjar Leksana . 16 Okt, 2024
  • Mobil dan Motor Ini Punya Nama yang Sama
    Mobil dan Motor Ini Punya Nama yang Sama
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2024
  • Kupas Tuntas Zeekr X, SUV Listrik yang Siap Masuk Indonesia
    Kupas Tuntas Zeekr X, SUV Listrik yang Siap Masuk Indonesia
    Muhammad Hafid . 23 Sep, 2024
  • Berkenalan dengan MPV Listrik Zeekr 009 yang Bakal Dijual di Indonesia
    Berkenalan dengan MPV Listrik Zeekr 009 yang Bakal Dijual di Indonesia
    Muhammad Hafid . 23 Sep, 2024
  • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
  • Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Setyo Adi Nugroho . 18 Sep, 2024
  • Cara Berkendara Mobil Listrik Secara Hemat dan Tingkatkan Jarak Tempuh
    Cara Berkendara Mobil Listrik Secara Hemat dan Tingkatkan Jarak Tempuh
    Anjar Leksana . 06 Sep, 2024
  • Langkah dan Cara Klaim Asuransi Mobil Secara Mudah
    Langkah dan Cara Klaim Asuransi Mobil Secara Mudah
    Anjar Leksana . 02 Sep, 2024
  • Persiapan Berkendara dengan Mobil Listrik dalam Berbagai Kondisi
    Persiapan Berkendara dengan Mobil Listrik dalam Berbagai Kondisi
    Setyo Adi Nugroho . 27 Agu, 2024
  • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
  • First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    Wahyu Hariantono . 08 Okt, 2024
  • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Ardiantomi . 01 Okt, 2024
  • First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    Anjar Leksana . 27 Sep, 2024
  • First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 23 Sep, 2024