Rolls-Royce Phantom V 1961 Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

LONDON -- Perkembangan mobil listrik terus berjalan. Para pabrikan seluruh dunia berlomba-lomba mengembangkan teknologi mobil tanpa setrum ini. Desainnya juga disesuaikan, futuristik dan stylish. Tak ketinggalan dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi canggih dan modern. Untuk yang beredar di Indonesia, hampir semua brand telah mengedarkan versi plug-in namun segmennya masih tertentu saja. Tentunya harganya pun lebih mahal.

Tapi, agar menjadi trendy, mobil listrik sebetulnya tidak perlu mobil baru. Mobil lama dan vintage juga bisa. Apalagi kalau mobil itu langka dan mahal. Dua faktor itu bisa menjadi nilai tambah daya tarik bagi kalangan car enthusiast.
Lunaz menyadari hal tersebut. Perusahaan desain mobil klasik ini bikin terobosan yang bikin kita geleng kepala. Meskipun sebetulnya mengonversi mobil bermesin konvensional menjadi mobil bertenaga listrik sudah ada sejak lama.

Bespoke Shop Lunaz mentransformasi Rolls-Royce Phantom V keluaran tahun 1961 dari yang tadinya menggunakan powertrain dan drivetrain berbahan bakar fosil menjadi mobil bertenaga baterei. Proyek ini adalah proyek restorasi drivetrain electric vehicle (EV) pertama yang dikerjakan oleh perusahaan yang berbasis di Silverstone, Inggris tersebut.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Tampilan

Phantom V punya modal untuk naik kelas. Dengan panjang 6 meter dan bobot 2,5 ton, Phantom V memang terlihat bongsor. Menyandang mesin standar V8 6.25 liter yang menghasilkan 183 hp. Nah jantung pacu bensin itu dicabut oleh Lunaz, diganti dengan powertrain listrik dengan kemampuan lebih besar. Disebutkan motor listrik baru mengeluarkan tenaga 375 hp dan torsi puncak 700 Nm. Kenaikan tenaga itu juga dihasilkan oleh baterai berkapasitas 120 KwH yang mampu menempuh jarak 480 km dalam satu kali charging full.

Bukan pekerjaan mudah bagi Lunaz untuk melakukan transformasi ini. Untuk mengubah mobil klasik ini menjadi mobil listrik, Rolls-Royce Phantom ditelanjangi terlebih dulu tinggal menjadi rangka baja saja. Setelah itu, Lunaz melakukan scan 3D pada cangkang mobil. Baru kemudian mobil direstorasi mendekati spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan, yang diteruskan dengan langkah-langkah konversi lainnya.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Detailing

Lunaz mengakui yang agak sulit dalam pengerjaan restorasi ini adalah mengerjakan detailing mobil dari mulai skema warna sampai jahitan kursi. Bahkan harus mengerjakan refinishing ornamen kayu agar sesuai dengan orisinilnya. Setiap sudut kendaraan benar-benar diperhitungkan secara matang dan direfleksikan ke dalam detail gambar sehingga tidak ada bagian maupun ruang yang terbuang. Pasalnya, Lunaz harus melengkapi kendaraan yang sudah berumur 60 tahun ini dengan fitur-fitur kenyamanan modern.

Lunaz memang memasangi sistem infotainment modern dan canggih. Lengkap dengan koneksi internet sehingga bisa mirroring smartphone. Menyediakan pula layar sentuh untuk penumpang belakang sehingga bisa menikmati sajian hiburan. Terpasang pula mini bar kecil yang terintegrasi dengan tempat botol wine.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

“Kami merasa yakin bahwa melestarikan mobil paling indah di dunia adalah rekayasa engineering yang penting bagi dunia otomotif,” ujar Technical Director dan Managing Director Lunaz, Jon Hilton. “Komitmen kami adalah mengembalikan mobil ini pada kondisi sesempurna mungkin.”

Lunaz mungkin bukanlah perusahaan pertama yang meretrofit drivetrain EV ke dalam Rolls-Royce klasik. Tapi bisa jadi perusahaan pertama yang melakukan hal itu dengan motif bisnis. Nah proyek retrofit yang dilakukan Lunaz ini diklaim yang paling komplit dan kesohor. Dengan sejumlah peranti aftermarket, Lunaz sukses mengubah mobil klasik itu menjadi mobil baru seperti baru keluar dari pabrik plus teknologi yang canggih.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Biaya

RR ini bukan proyek konversi mobil klasik menjadi mobil listrik modern yang pertama dikerjakan Lunaz. Sebelumnya pernah mengadopsikan baterei listrik ke dalam Jaguar XK120 1953 dan Rolls-Royce Cloud 1956. Jadi workshop ini sudah familiar dengan proyek-proyek revilitalisasi mobil tua.

Lunaz sudah mengumumkan, mereka memiliki kapasitas meretrofikasi 30 mobil RR menjadi mobil listrik. Tapi tentu saja biaya yang harus disiapkan tak sedikit. Contohnya, untuk proyek retro Silver Cloud memakan biaya paling sedikit US$ 458.000 atau sekitar Rp 641 juta. Sedangkan untuk Phantom berkisar US$ 654.000 yang dirupiahkan sekira Rp 920 juta). (Eka/Raju)

Sumber dan foto: www.thedrive.com, motorauthority.com

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil, XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil, XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Insipirasi Modifikasi Rolls-Royce Spectre Garapan Builder LA, Tambah Sporty
    Insipirasi Modifikasi Rolls-Royce Spectre Garapan Builder LA, Tambah Sporty
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Sudah Full Robotic, Pabrik Jetour Lahirkan 400 Mobil Setahun
    Sudah Full Robotic, Pabrik Jetour Lahirkan 400 Mobil Setahun
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2024
  • Mercedes-Benz Tawarkan S450 President Edition, Edisi Terbatas Tamu Negara
    Mercedes-Benz Tawarkan S450 President Edition, Edisi Terbatas Tamu Negara
    Muhammad Hafid . 13 Nov, 2024
  • 500 Orang Member Altic Rayakan Anniversary ke-13, Gelar Turing dan CSR
    500 Orang Member Altic Rayakan Anniversary ke-13, Gelar Turing dan CSR
    Setyo Adi . 13 Nov, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Banyak yang Menarik di Gelaran GJAW 2024
    Banyak yang Menarik di Gelaran GJAW 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Penjualan Daihatsu Tembus 142.949 unit, Sigra Masih Mendominasi
    Penjualan Daihatsu Tembus 142.949 unit, Sigra Masih Mendominasi
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil per Bulan, Carry dan XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil per Bulan, Carry dan XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Neta Bakal Memperluas Lini Produk dan Jaringan Tahun Depan
    Neta Bakal Memperluas Lini Produk dan Jaringan Tahun Depan
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • OTO dan GWM Pajang Tank 500 di Summarecon Mall Bekasi
    OTO dan GWM Pajang Tank 500 di Summarecon Mall Bekasi
    OTO . Hari ini
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
    Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Alvando Noya . 22 Okt, 2024
  • Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
    Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
    Anjar Leksana . 21 Okt, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
  • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
  • Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Setyo Adi Nugroho . 18 Sep, 2024
  • Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
    Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
    Muhammad Hafid . 21 Okt, 2024
  • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
  • First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    Wahyu Hariantono . 08 Okt, 2024
  • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Ardiantomi . 01 Okt, 2024
  • First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    Anjar Leksana . 27 Sep, 2024