Rolls-Royce Phantom V 1961 Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

LONDON -- Perkembangan mobil listrik terus berjalan. Para pabrikan seluruh dunia berlomba-lomba mengembangkan teknologi mobil tanpa setrum ini. Desainnya juga disesuaikan, futuristik dan stylish. Tak ketinggalan dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi canggih dan modern. Untuk yang beredar di Indonesia, hampir semua brand telah mengedarkan versi plug-in namun segmennya masih tertentu saja. Tentunya harganya pun lebih mahal.

Tapi, agar menjadi trendy, mobil listrik sebetulnya tidak perlu mobil baru. Mobil lama dan vintage juga bisa. Apalagi kalau mobil itu langka dan mahal. Dua faktor itu bisa menjadi nilai tambah daya tarik bagi kalangan car enthusiast.
Lunaz menyadari hal tersebut. Perusahaan desain mobil klasik ini bikin terobosan yang bikin kita geleng kepala. Meskipun sebetulnya mengonversi mobil bermesin konvensional menjadi mobil bertenaga listrik sudah ada sejak lama.

Bespoke Shop Lunaz mentransformasi Rolls-Royce Phantom V keluaran tahun 1961 dari yang tadinya menggunakan powertrain dan drivetrain berbahan bakar fosil menjadi mobil bertenaga baterei. Proyek ini adalah proyek restorasi drivetrain electric vehicle (EV) pertama yang dikerjakan oleh perusahaan yang berbasis di Silverstone, Inggris tersebut.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Tampilan

Phantom V punya modal untuk naik kelas. Dengan panjang 6 meter dan bobot 2,5 ton, Phantom V memang terlihat bongsor. Menyandang mesin standar V8 6.25 liter yang menghasilkan 183 hp. Nah jantung pacu bensin itu dicabut oleh Lunaz, diganti dengan powertrain listrik dengan kemampuan lebih besar. Disebutkan motor listrik baru mengeluarkan tenaga 375 hp dan torsi puncak 700 Nm. Kenaikan tenaga itu juga dihasilkan oleh baterai berkapasitas 120 KwH yang mampu menempuh jarak 480 km dalam satu kali charging full.

Bukan pekerjaan mudah bagi Lunaz untuk melakukan transformasi ini. Untuk mengubah mobil klasik ini menjadi mobil listrik, Rolls-Royce Phantom ditelanjangi terlebih dulu tinggal menjadi rangka baja saja. Setelah itu, Lunaz melakukan scan 3D pada cangkang mobil. Baru kemudian mobil direstorasi mendekati spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan, yang diteruskan dengan langkah-langkah konversi lainnya.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Detailing

Lunaz mengakui yang agak sulit dalam pengerjaan restorasi ini adalah mengerjakan detailing mobil dari mulai skema warna sampai jahitan kursi. Bahkan harus mengerjakan refinishing ornamen kayu agar sesuai dengan orisinilnya. Setiap sudut kendaraan benar-benar diperhitungkan secara matang dan direfleksikan ke dalam detail gambar sehingga tidak ada bagian maupun ruang yang terbuang. Pasalnya, Lunaz harus melengkapi kendaraan yang sudah berumur 60 tahun ini dengan fitur-fitur kenyamanan modern.

Lunaz memang memasangi sistem infotainment modern dan canggih. Lengkap dengan koneksi internet sehingga bisa mirroring smartphone. Menyediakan pula layar sentuh untuk penumpang belakang sehingga bisa menikmati sajian hiburan. Terpasang pula mini bar kecil yang terintegrasi dengan tempat botol wine.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

“Kami merasa yakin bahwa melestarikan mobil paling indah di dunia adalah rekayasa engineering yang penting bagi dunia otomotif,” ujar Technical Director dan Managing Director Lunaz, Jon Hilton. “Komitmen kami adalah mengembalikan mobil ini pada kondisi sesempurna mungkin.”

Lunaz mungkin bukanlah perusahaan pertama yang meretrofit drivetrain EV ke dalam Rolls-Royce klasik. Tapi bisa jadi perusahaan pertama yang melakukan hal itu dengan motif bisnis. Nah proyek retrofit yang dilakukan Lunaz ini diklaim yang paling komplit dan kesohor. Dengan sejumlah peranti aftermarket, Lunaz sukses mengubah mobil klasik itu menjadi mobil baru seperti baru keluar dari pabrik plus teknologi yang canggih.

Lunaz Rolls-Royce Phantom V 1961

Biaya

RR ini bukan proyek konversi mobil klasik menjadi mobil listrik modern yang pertama dikerjakan Lunaz. Sebelumnya pernah mengadopsikan baterei listrik ke dalam Jaguar XK120 1953 dan Rolls-Royce Cloud 1956. Jadi workshop ini sudah familiar dengan proyek-proyek revilitalisasi mobil tua.

Lunaz sudah mengumumkan, mereka memiliki kapasitas meretrofikasi 30 mobil RR menjadi mobil listrik. Tapi tentu saja biaya yang harus disiapkan tak sedikit. Contohnya, untuk proyek retro Silver Cloud memakan biaya paling sedikit US$ 458.000 atau sekitar Rp 641 juta. Sedangkan untuk Phantom berkisar US$ 654.000 yang dirupiahkan sekira Rp 920 juta). (Eka/Raju)

Sumber dan foto: www.thedrive.com, motorauthority.com

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • LAPORAN EKSKLUSIF: Berkunjung Ke Pabrik AION, Melihat Bilah Baterai EV Dipelintir
    LAPORAN EKSKLUSIF: Berkunjung Ke Pabrik AION, Melihat Bilah Baterai EV Dipelintir
    Eka Zulkarnain H . 25 Apr, 2025
  • LAPORAN EKSKLUSIF: Jelajah Pabrik Canggih AION di Guangzhou, Punya Teknologi Kelas Dunia
    LAPORAN EKSKLUSIF: Jelajah Pabrik Canggih AION di Guangzhou, Punya Teknologi Kelas Dunia
    Eka Zulkarnain H . 25 Apr, 2025
  • IMX 2025 8VOLUTION Hadir di Semarang Akhir Pekan Ini, Buka Rangkaian Event Setahun
    IMX 2025 8VOLUTION Hadir di Semarang Akhir Pekan Ini, Buka Rangkaian Event Setahun
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2025
  • Debut di Shanghai Auto Show 2025, Mobil-Mobil Ini Cocok Meluncur di Indonesia
    Debut di Shanghai Auto Show 2025, Mobil-Mobil Ini Cocok Meluncur di Indonesia
    Alvando Noya . 25 Apr, 2025
  • Mengenal Jaecoo Lebih Dekat di OTO Mall Exhibition MKG 2
    Mengenal Jaecoo Lebih Dekat di OTO Mall Exhibition MKG 2
    Anindiyo Pradhono . 25 Apr, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • BYD Yangwang U8L: SUV Super Mewah yang Bisa Mengapung, Incaran Baru Para Sultan!
    BYD Yangwang U8L: SUV Super Mewah yang Bisa Mengapung, Incaran Baru Para Sultan!
    Alvando Noya . 25 Apr, 2025
  • Daihatsu Bangun Pusat Pelatihan Otomotif Nasional di Subang, Dukung SMK Vokasi Modern
    Daihatsu Bangun Pusat Pelatihan Otomotif Nasional di Subang, Dukung SMK Vokasi Modern
    Alvando Noya . 25 Apr, 2025
  • Cocok untuk Mobil Elektrifikasi, Bridgestone Sediakan Promo Turanza 6 Enliten
    Cocok untuk Mobil Elektrifikasi, Bridgestone Sediakan Promo Turanza 6 Enliten
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2025
  • Ajak Konsumen Ganti Oli, Mobil Lubricants Kasih Iming-iming Emas dan Smartphone
    Ajak Konsumen Ganti Oli, Mobil Lubricants Kasih Iming-iming Emas dan Smartphone
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2025
  • IEE Series 2025: Suguhkan Inovasi Energi Masa Depan Lewat The Battery Show Indonesia
    IEE Series 2025: Suguhkan Inovasi Energi Masa Depan Lewat The Battery Show Indonesia
    Zenuar Yoga . 25 Apr, 2025
  • Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2025
  • Daftar Harga Model LCGC Incaran Terbaru, Ada Sigra, Calya, Agya, Ayla, dan Brio Satya
    Daftar Harga Model LCGC Incaran Terbaru, Ada Sigra, Calya, Agya, Ayla, dan Brio Satya
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2025
  • Sebelum Beli, Simak Fakta Tentang Ford Everest Sport Next-Gen
    Sebelum Beli, Simak Fakta Tentang Ford Everest Sport Next-Gen
    Muhammad Hafid . 24 Apr, 2025
  • Alasan-alasan Wuling Almaz RS Pro Hybrid Cocok Dijadikan Mobil Keluarga
    Alasan-alasan Wuling Almaz RS Pro Hybrid Cocok Dijadikan Mobil Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 24 Apr, 2025
  • Harga Bekas Volkswagen Tiguan Allspace 1,4 Turbo Kini Terjangkau 
    Harga Bekas Volkswagen Tiguan Allspace 1,4 Turbo Kini Terjangkau 
    Anjar Leksana . 21 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Alvando Noya . 18 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025