Maruti Suzuki Ertiga dan XL6 (XL7) facelift menuju momen peluncuran di India. Unit tes Ertiga dalam balutan kamuflase beberapa kali tepergok di jalan. Jika benar sesuai rumor berkembang, seremoni perilisan akan berlangsung 21 April 2022. Kabar lain yang marak soal pemakaian transmisi matik baru 6-percepatan. Lalu kini ada gosip tak kalah mengejutkan. Dilansir beberapa media di sana, Maruti Suzuki bakal memperkenalkan mesin baru yang lebih bertenaga.
Disebutkan Ertiga dan XL6 facelift akan memakai mesin baru K15C. Bahkan menjadi pengganti K15B untuk kedua model. Entah benar atau tidak. Kalau menjadi fakta tentu mendongkrak level performa kedua mobil keluarga itu. K15B sendiri adalah pengembangan K14B dengan kubikasi membesar plus tetap tersemat teknologi katup VVT. Besaran tenaga 105 PS dan torsi 138 Nm, sebenarnya imbang melawan kompetitor MPV 1,5-liter.
Sedangkan unit K15C adalah mesin anyar yang baru diperkenalkan oleh Suzuki. Merupakan versi Dualjet dari K15B plus dirancang sebagai enjin strong hybrid. Mesin ini debut di Suzuki Vitara spek Inggris. Apa itu strong hybrid? Bisa dibilang hybrid murni karena ada baterai lithium-ion 140V serta bisa berjalan dalam mode listrik sepenuhnya meski dalam kecepatan lambat. Sementara fungsi utama lain, tetap sebagai motor starter dan menawarkan tambahan torsi ke mesin untuk meningkatkan efisiensi.
Baca Juga: Bedah Teknologi Mild Hybrid Suzuki Ertiga yang Siap Dijual di Indonesia
Mesin strong-hybrid wujud evolusi dari mild-hybrid. Sistem yang kita kenal sebagai Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Selain baterai lithium-ion 140V, juga ada baterai lithium-ion 12V dan baterai lead-acid 12V untuk menyuplai energi listrik ke komponen seperti lampu dan AC. Keluaran daya dari motor elektrik sebesar 33 PS dan 60 Nm. Kalau dikombinasikan dengan mesin konvensional tercatat 115 PS namun torsi tetap 138 Nm.
Pemacu K15C di Vitara disandingkan dengan transmisi AMT 6-percepatan. Tapi buat Ertiga dan XL6 kelak sepertinya tetap memilih matik konvensional 6-percepatan. Sistem start-stop otomatis pun menjadi kelengkapan standar. Klaim keekonomisan bahan bakar Vitara spek UK mencapai 22,5 km/liter dalam kondisi kombinasi.
Maruti Suzuki memang berniat mengenalkan enjin baru ini ke pasar India. Beberapa kali diwartakan bakal menjadi jantung mekanis SUV kompak terbaru yang sedang tahap pengembangan. Tak lain SUV hasil pengembangan bersama antara Maruti Suzuki dan Toyota. Mobil tes sudah mulai berkeliaran diuji meski masih tertutup rapat. Nantinya akan menghadapi Hyundai Creta dan Kia Seltos.
Kalau benar mesin K15C singgah juga ke Ertiga dan XL6 tentu amat menarik. Apalagi turut dipakai New Ertiga dan XL7 facelift di Indonesia nanti. Peningkatan performa serta efisiensi bakal jadi daya tarik baru. Namun kami skeptis soal itu. Sebab rasio kompresi K15C sebesar 13:1 pastinya butuh bensin RON tinggi. Lagipula usia K15B belum terlalu lama dan masih layak diandalkan. Perpaduan dengan matik 6-speed bisa jadi senjata baru. (Odi)
Sumber: Gaadiwaadi
Baca Juga: Suzuki Ertiga dan XL7 Facelift Menanti Peluncuran, Dikabarkan Pakai Matik Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.