Sebelum Diproduksi Massal, Bus Listrik E-Inobus Buatan INKA Lakukan Tes Jalan

Inobus

Bus listrik pertama buatan Indonesia sudah melakukan uji landasan pada 13 Agustus. Kemudian telah lulus uji dengan mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor pada 10 September 2020. Yang terbaru, pengetesan dilakukan kerja bareng Transjakarta. Proses itu direncanakan terus dilakukan selama tiga bulan.

Tujuan utamanya ialah untuk mengetahui performansi baterai, motor dan perangkat penunjang. Khususnya pada rute operasional Transjakarta. "Saat ini, INKA sedang menawarkan E-Inobus ukuran 8-meter ke Transjakarta. Lantas perusahaan mensyaratkan pengujian bus selama kurang lebih 3 bulan pada rute operasional mereka. Jadwal pengujian tentatif. Dimulai pada 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Adapun pra-pengujiannya sendiri dilakukan selama 2 minggu. Kemudian dilanjutkan dengan uji operasional selama 3 bulan,” ujar Febry Pandu Wijaya, SM Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA (Persero) dalam rilis (1/1).

E-Inobus memiliki kecepatan maksimal 90 km/jam. Sedangkan gradeability atau kemampuan mendaki tanjakan maksimal 14 persen. Jarak tempuh sekali pengisian bisa mencapai 200 km. Tergolong lumayan dalam kategori seukuran ini. Kemudian waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh diperlukan waktu 3 - 4 jam. Adapun tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih baik. Catatan pabrikan rata – rata sebesar 71 dB. Relatif senyap jika dibandingkan dengan bus bermesin diesel di kisaran 85 dB.

Baca Juga: Pandemi COVID-19 Belum Membaik, IIMS 2021 Mundur Lagi

bus listrik indonesia

Adapun besaran energi yang dipakai bus listrik diklaim 58 persen lebih efisien dibanding bus diesel. Berikut gambaran konsumsinya. Pemakaian jumlah setrum E-inobus dari hasil uji lintas dalam kota dan luar kota (tol) dengan total jarak 122 km. PT INKA merekam hasil pemakaian rata – rata 1,4 km/kwh. Berarti, untuk biaya operasional per kilometer bisa dihitung 0,71 x Rp 1.650 per kwh. Hasilnya ialah Rp 1.171 yang dikeluarkan guna menempuh jarak 1 km.

Lalu sebaliknya, penggunaan bus diesel dapat menempuh jarak 3 km/liter. Sekarang harga solar per liter Rp 9.300. Menurut hitungan mereka, maka didapatkan biaya operasional per kilometer 0,3 x Rp 9.300 per liter. Keluar besaran biaya Rp 2.790 tiap 1 km. Lantas bagaimana dengan perawatan rutin?

Ongkos pemeliharaan dibilang lebih efisien bus listrik hingga 49 persen. Perbandingan perwatan bus diesel maupun elektrik pernah disampaikan pada Maintenance Forum tahun 2018 di Serbia. Kondisi kedua kendaraan dijalankan sejauh 250 km per hari. Hasil perbandingan biaya pemeliharaan adalah bus peminum solar sebesar 396 Euro atau Rp 6,7 juta. Lalu bus elektrik cuman 201 Euro, setara Rp 3,4 juta.

Untuk diketahui, E-Inobus merupakan produk kerja sama PT Inka persero dengan Tron-E dari Taiwan, sebagai mitra komponen drive train serta baterai bus. Sedangkan Piala Mas dari Malang sebagai rekanan pembuat bodi bus listrik. Dalam waktu dekat perseroan berencana memasarkan produk bus listrik E-Inobus untuk area dalam negeri. Seperti PT Transjakarta dan bagi area luar negeri seperti Democratic Republik of the Congo (DRC) yang juga tertarik. Penggunaan teknologi elektrifikasi untuk moda transportasi dinilai positif. Selain lebih hemat biaya operasioal, bus listrik setidaknya tanpa mengeluarkan emisi gas buang. Jauh lebih ramah lingkungan dari mesin konvensional. (Alx/Odi)

Baca Juga: Motor Listrik NIU Buka Premium Store di Grand Indonesia Jakarta

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Truk Unggulan

Artikel Truk dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mitsubishi Fuso Dukung Gelaran Jambore Nasional Canter Mania 2024
    Mitsubishi Fuso Dukung Gelaran Jambore Nasional Canter Mania 2024
    Setyo Adi Nugroho . 16 Des, 2024
  • Karoseri Mikrobus Trijaya Union Percayakan Kebutuhan AC Kabin dari Yaruki
    Karoseri Mikrobus Trijaya Union Percayakan Kebutuhan AC Kabin dari Yaruki
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Mitsubishi Fuso eCanter Punya Segudang Kelebihan, Efisiensi Cost Tembus 30 Persen!
    Mitsubishi Fuso eCanter Punya Segudang Kelebihan, Efisiensi Cost Tembus 30 Persen!
    OTO . 05 Des, 2024
  • 50 Isuzu Menemani di Jalan, Gelar Konvoi Kendaraan dan Tanam Bibit Pohon
    50 Isuzu Menemani di Jalan, Gelar Konvoi Kendaraan dan Tanam Bibit Pohon
    OTO . 25 Nov, 2024
  • Yusen Logistics Resmi Pakai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter
    Yusen Logistics Resmi Pakai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter
    Anjar Leksana . 14 Nov, 2024
  • Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
    Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
    Anjar Leksana . 14 Nov, 2023
  • Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
    Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
    Ivan Hermawan . 05 Des, 2020
  • Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
    Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
    Helmi Alfriandi . 03 Feb, 2020
  • Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
    Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
    Zenuar Yoga . 26 Sep, 2024
  • Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
    Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
    Muhammad Hafid . 08 Okt, 2022
  • Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
    Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
    Muhammad Hafid . 13 Mei, 2020
  • First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
    First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
    Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
    Anjar Leksana . 30 Mar, 2022
  • First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
    First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
    Ahmad Karim . 08 Mar, 2020
  • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
    First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
    Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019
  • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
    First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
    Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019