Penggemar Honda Civic Type R lagi menunggu lahirnya generasi baru. Honda sendiri sudah beberapa kali menebar versi prototipe saat sedang fase pengetesan. Bahkan publik sudah melihatnya langsung di Tokyo Auto Salon 2022. Masih terus menggoda sembari berjalannya proses pengembangan. Disinyalir menyajikan performa lebih gila dibanding generasi 10.
Karena Civic Type R FK8 masih begitu bertaring dalam kancah hatchback panas. Ia pernah memborong rekor beberapa sirkuit ternama di Eropa, sebagai mobil penggerak roda depan (FWD) tercepat sejak 2017. Sebut saja Nürburgring Nordschleife, Silverstone, Magny-Cours, Spa-Francorchamps, Estoril hingga Hungaroring, menjadi bukti kehebatannya. Invasi pun sampai merambah Sirkuit Suzuka di Jepang.
Memang usia FK8 tinggal sedikit lagi. Kemungkinan generasi ke-11 menggantikannya tahun ini juga. Namun bukan berarti berhenti unjuk gigi. Lagi-lagi rekor mobil FWD terpecah. Sekarang giliran sirkuit The Bend Motorsport Park di Australia. Dieksekusi oleh Tony D'Alberto. Seorang pembalap berpengalaman di Australian GT Championship dan Australian Endurance Championship.
Baca Juga: Honda Civic Type R Tengah Pengujian di Nürburgring
Ada dua varian Civic Type R dikebut oleh Tony. Versi standar dan Limited Edition. Trek sepanjang 4,95 km dituntaskan dalam waktu 2 menit 13,251 detik dengan Type R standar. Kemudian ia berpindah ke Limited Edition yang memakai pelek BBS berbalutkan ban Michelin Pilot Sport Cup 2, mendapat revisi peredaman suspensi, kemudi dikalibrasi ulang dan lebih ringan 22,68 kg. Hasilnya makin impresif. Mampu mempersingkat 0,99 detik menjadi 2 menit 12,260 detik.
Upaya pemecahan rekor ini sebenarnya agenda lama. Tapi bukan termasuk dalam program Type R Challenge yang menjajah sirkuit top Eropa. Melainkan dalam rangkaian peluncuran Honda Civic Type R Limited Edition untuk pasar Australia. Karena pandemi Covid-19, semua mengalami penundaan. Namun ini bisa menjadi salam perpisahaan manis untuk FK8.
Model terbaru generasi 11 sudah dites di Suzuka. Melihat niatan mereka dalam penyajian foto-foto penggoda, sepertinya mobil ini bakal begitu istimewa. Mungkin sekali bisa semakin cepat lagi dari generasi 10. Rumor menyebutkan bakal beralih ke penggerak AWD dan mesin hybrid 400 hp. Tapi itu terdengar terlalu berimajinasi.
Paling mungkin masih tetap mempertahankan enjin K20C1 4-silinder 2,0-liter turbo. Raihan tenaga 306 hp dan 400 Nm seperti di FK8 sekarang saja sudah termasuk sangar dalam jajaran hot hatch paling hebat. Bisa saja mengalami upgrade untuk mengdongrak output. Berdasarkan klaim untuk Civic Type R standar, akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan kecepatan puncaknya 272 km/jam. (Odi)
Baca Juga: Honda Sebar Lagi Foto Honda Civic Type R 2023, Pengujian Masih Intens
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.