Segini Biaya Turun Mesin Skuter Matik, Cari Tahu Juga Penyebabnya

Turun mesin motor matic

Merawat motor harus memikirkan jangka panjang juga. Banyak biaya perawatan yang mesti tetap dipikirkan. Sebab tanpa perawatan yang memadai, motor kesayangan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Utamanya melakukan servis berkala, dalam hal ini dikhususkan jenis matik. Apabila penggunanya lalai, maka bisa berdampak kerusakan komponen atau bahkan sampai harus turun mesin. Jika hal itu terjadi, mau tidak mau harus masuk bengkel.

Bila mengalami permasalahan itu, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berapa besar biaya perbaikannya. Untuk kasus ini, kami mengambil contoh motor jenis matik. Namun sebelum membahas biaya pemulihan, bagusnya kita kenali dulu gejala dan penyebab terjadinya turun mesin atau kerusakan total.

Dilansir dari situs resmi Honda, ada empat ciri mudah untuk mengenali sepeda motor bakal turun mesin. Pertama dan paling gampang dikenali tentu asap putih yang keluar dari knalpot saat motor dinyalakan. Itu bisa muncul karena reaksi oli yang terbakar di ruang bakar mesin. Kondisi ini bisa semakin parah bila motor tak segera diperbaiki.

Ciri kedua motor susah hidup dinyalakan. Bisa disebabkan karena oli mesin naik ke ruang pembakaran sehingga busi kerap basah dan menimbulkan kerak. Kemudian motor kehilangan tenaga atau kompresi. Ketika mesin kekurangan oli, maka pelumasan komponen di dalam mesin tidak maksimal. Hal ini bisa membuat beberapa komponen seperti seher atau ring seher kinerjanya melemah. Lalu terakhir suara mesin kasar. Terdeteksi karena suara mesin berbeda dari biasanya. Kemungkinan terburuk oli mesin habis dan suara lebih kasar lagi.

Menyoal turun mesin, ada beberapa penyebabnya. Bahkan di antaranya terlihat sepele dan kurang mendapat perhatian. Di sini kami mengelompokkan menjadi lima penyebab motor harus perbaikan total.

Baca Juga: Masih Rentan Terbakar, Chevrolet Bolt EV Dianjurkan Parkir di Luar Rumah

biaya turun mesin

Telat Ganti Oli

Ini merupakan permasalahan paling umum yang sering terjadi pada pengguna motor matic. Terjadi karena kelalaian pemilik, entah itu karena sibuk, lupa atau bahkan karena masalah keuangan. Mundurnya jadwal penggantian oli membuat kualitas dan volume oli mesin berkurang. Akibatnya suara mesin kasar dan cepat panas. Bila dibiarkan, jangka panjangnya beberapa komponen bisa hancur. Seperti seher/piston akan ngancing dan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Jarang Melakukan Servis Besar

Jarang atau malas melakukan servis besar bisa menjadi penyebab motor turun mesin. Sepeda motor membutuhkan servis besar minimal sekali dalam setahun. Setidaknya membersihkan kerak-kerak yang menumpuk di bagian pembakaran mesin. Bila terlalu cuek, beberapa komponen bisa rusak.

Cara Pakai

Cara penggunaan motor juga mempengaruhi awet tidaknya mesin. Kebiasaan buruk dalam berkendara membuat spare part mesin cepat aus dan lemah.

Tidak Sesuai Standar

Istilah paling umum yakni tune-up atau bore-up. Memperbesar kapasitas silinder memiliki risiko turun mesin lebih tinggi. Apalagi tidak diimbangi dengan penyesuaian pada bagian lain. Bahasa sederhananya, motor yang dipaksa naik kecepatannya atau cc-nya, membuat part mesin bekerja ekstra sehingga membuat mesin cepat rusak.

Usia Pakai Sepeda Motor

Semakin sering motor dipakai maka kilometer bertambah. Jadi jangan heran jika motor tua perlu bongkar mesin, karena part/komponen di dalam mesin sudah mulai aus. Biasanya motor yang telah melewati kilometer 30.000 atau telah dipakai lebih dari 3 tahun, sudah mulai rewel minta perbaikan pada bagian mesin.

Biaya Turun Mesin Matic

Setelah mengetahui gejala serta penyebab motor matic harus turun mesin, selanjutnya yang harus dipahami yaitu berapa besar biaya perbaikannya. Tarif yang dikeluarkan untuk masalah ini tentu lebih besar. Lantaran beberapa bagian atau komponen perlu dibongkar dan diganti, serta memerlukan ketelitian khusus.

Umumnya para bengkel, baik itu bengkel resmi atau mandiri, mereka mematok ongkos atau harga jasa mulai dari Rp150 ribu hingga Rp1 juta tergantung jenis maticnya. Untuk part atau komponen yang diganti juga sangat bervariasi, tergantung dari kerusakan.

Contoh lazimnya saat bongkar mesin atas. Ini dilakukan ketika motor mengalami kebocoran kompresi, piston aus dan noken as rusak. Biasanya ditimbulkan karena kerak yang menumpuk di sekitar payung klep. Sedangkan piston yang aus umumnya disebabkan usia pakai dan sistem pelumasan yang tidak baik. Ini juga berdampak pada noken as.

Dalam kasus ini kami mengambil contoh New Honda Beat. Berikut estimasi biayanya jika harus bongkar mesin atas.

1. Piston kit Rp150 ribu

2. Gasket Top Set Rp80 ribu

3. Skir Klep Rp50 ribu

4. Korter Rp100 ribu

5. Noken As Rp300 ribu

6. Rocker Arm Rp170 ribu

7. Bongkar mesin atas Rp300 ribu

Daftar harga part dan jasa di atas adalah estimasi yang biasanya terjadi jika dilakukan bongkar mesin atas. Perlu diingat, masing-masing bengkel biasanya mematok tarif berbeda-beda, tergantung pada kebijakannya masing-masing. Selain itu lokasi bengkel juga menentukan harga jasa pembongkaran.

Bongkar Mesin Total

Bongkar mesin total ini dilakukan jika ada kerusakan di bagian connecting road/stang seher dan bearing connecting yang rusak. Rusaknya kedua part ini biasanya disebabkan karena usia pakai dan oli mesin yang bercampur dengan air. Cirinya ditandai dengan suara kasar yang berasal dari bagian tengah mesin. Untuk part yang diganti sama seperti saat bongkar mesin atas dan ditambah dengan stang seher dan bearing kruk as, berikut rinciannya.

1. Connecting Rod Rp200 ribu

2. Bearing Kruk As Rp110 ribu

3. Jasa Bongkar Pasang Rp400 ribu

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif bengkel terkait perbaikan untuk motor matic turun mesin tergantung pada tingkat kerusakan serta kesulitannya. Semakin parah tingkat kerusakan, maka semakin mahal pula biaya perbaikannya. (Bgx/Odi)

Sumber foto: Honda

Baca Juga: Penggolongan SIM C Sesuai Kapasitas Mesin Motor Berlaku Agustus 2021

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
  • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
  • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
  • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022