Sejarah Mesin V-Twin Milik Harley-Davidson

JAKARTA, 21 Juli 2016 - Siapa yang tidak kenal dengan sosok kuda besi asal negeri Paman Sam, Harley Davidson. Motor ini sangat mudah dikenali dengan mesin besar bertipe V kembar. Namun tahukah Anda jika mesin dengan tipe V ini memiliki beberapa ubahan alias rovolusi dari tahun ke tahun sesuai dengan bentuk sasis dan modelnya. Mesin Harley-Davidson mulai dikembangkan pada tahun 1909-1911. Motor asal Amerika ini menggunakan mesin bertipe V-Twin dengan model F-Head. Modelnya sangat sederhana dengan gearboxs terpisah dan menggunakan kickstarter. Di zamannya, mesin ini sangat popular dengan motor bergaya Chopper. Lanjut di tahun 1911-1929 motor yang khas dengan suara gemuruh ini sudah mengalami evolusi pertamanya dengan mesin V-Twin model V-Twin. Untuk sebagian besar, mesin V-Twin dimulai pada tahun ini karena mesin ini sudah mulai diperhalus secara proses dan hasilnya. Material yang digunakan sudah terbilang lebih baik dari sebelumnya karena sudah mulai menggunakan bahan coran besi atau lebih dikenal engan istilah “babet” Harley-Davidson terus berupaya untuk membuat kuda besinya memiliki suara dan getaran mesin yang lebih halus. Di tahun 1929-1973 mesin V-Twin model Flathead pun terlahir untuk pertama kalinya dan “nyemplak” di motor Harley Davidson tipe WL dan WLA tahun 1930-an. 21072016-Moto-HD-Engine Kemudian di tahun 1936-1947 mesin V-Twin dengan model Knucklehead diperkenalkan. Nama tersebut terinspirasi dari bentuk yang berbeda dari “rocker box” dengan dua silinder 45 derajat. Mesin ini mengerakan pushrod melalui katup overhead dengan dua katup per silindernya. Model ini terbilang sukses dan hingga saat ini banyak builder dunia yang mencari mesin V-Twin model Knucklehead ini. Bentuk “crankass” dari model Knuckleead terus di kembangkan di tahun 1948-1955 yang juga melahirkan mesin V-Twin dengan model Panhead. Mesin ini bisa dibilang penyempurnaan dari model sebelumnya yakni Knucklehead. Mesin ini cukup popular di eranya dan banyak biker menginginkan kuda besi asal Amerika ini. Mesin tersebut bertahan hingga 11 tahun lamanya hingga akhirnya model tersebut tergantikan oleh model Shovelhead. Mesin berpendingin udara dengan silinder kembar ini memiliki kapasitas mesin 1.208cc dan 1.340cc dan melahirkan Harley Davidson seri FLH hingga Electra Glide II di tahun 1983 akhir. 21072016-Moto-Harley Kemudian di tahun 1984-1999 motor dengan gaya cruise ini mulai memperkenalkan model Evolution. Tidak ada perubahan signifikan pada model ini,Harley Davidson tipe sportster pun terlahir dengan “kodrat” menggunakan mesin khas dengan memanjang mirip ikan arwana ini. Namun sayangnya, pada tahun 1999 akhir mesin ini digantikan dengan mesin model Twin Cam 88 untuk model turing dan softail. Kemudian di tahun 2007 hingga saat ini mesin hanya berganti nama menjadi Twin Cam 96 dengan penyempurnaan dari model twin cam 88. HD masih menggunakan mesin yang sama digunakan oleh softail, electra glide hingga ultra glide dan untuk Harley-Davidson tipe sportster menggunakan mesin V-Twin dengan model Ironhead berkapasitas 1.22cc dan 883cc untuk model Fourtyeight. ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Italjet Dragster 250 Hadir di IIMS 2025
    Italjet Dragster 250 Hadir di IIMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Maka Motors Debut di GIIAS 2025, Jagokan Cavalry Berjarak Tempuh 160 Km
    Maka Motors Debut di GIIAS 2025, Jagokan Cavalry Berjarak Tempuh 160 Km
    Bangkit Jaya Putra . 14 Feb, 2025
  • Royal Enfield Guerilla 450 Rilis di IIMS 2025 Mulai Rp149 Jutaan, Ini Spek dan Fiturnya
    Royal Enfield Guerilla 450 Rilis di IIMS 2025 Mulai Rp149 Jutaan, Ini Spek dan Fiturnya
    Bangkit Jaya Putra . 14 Feb, 2025
  • IIMS 2025: Alva Umumkan Perluasan Jaringan Boost Charge Station
    IIMS 2025: Alva Umumkan Perluasan Jaringan Boost Charge Station
    Anjar Leksana . 14 Feb, 2025
  • AHM Rilis Honda Monkey Baru di IIMS 2025
    AHM Rilis Honda Monkey Baru di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . 13 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2025
  • Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 07 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Zenuar Yoga . 04 Feb, 2025
  • Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 14 Jan, 2025
  • Kaleidoskop 2024: Daftar Moge yang Meluncur Tahun Ini (Part-2)
    Kaleidoskop 2024: Daftar Moge yang Meluncur Tahun Ini (Part-2)
    Zenuar Yoga . 30 Des, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024