Produk pertama Mitsubishi pada 2021 ialah Pajero Sport Limited Edition. Ada dua varian tersuguh. Pertama, Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition dilego Rp 609 juta OTR Jakarta. Kemudian Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition dijual Rp 568 juta on the road Jakarta. Mereka menggunakan basis Dakar AT yang berbanderol reguler mencapai Rp 554 juta. Lantas apa saja perbedaan antarunit?
Yang pertama tentu selisih harga. Misal antara Dakar AT dengan Rockford Fosgate Edition terpaut Rp 14 juta. Kalau di pasar aksesori. Paket Sound Quality (SQ) audio mobil lansiran Rockford Fosgate standar dilepas sekitar Rp 5,7 jutaan. Belum termasuk kabel dan instalansi. Isi rangkaian itu terdiri atas satu set speaker split component P165SE. Kemudian satu buah power 4 channel Rockford Fosgate R2 300x4 serta subwoofer P1S4 12 inci. Yang membedakan, milik Pajero Sport Limited Edition ini terpasang dua pasang tweeter. Ada di baris pertama dan kedua. Sehingga frekuensi (suara) atas lebih tersalur dengan baik. Efeknya, tatkala putar musik, vokal terasa jernih.
Mitubishi membenami sejumlah peranti audio Rockford Fosgate berupa front speakers. Terdiri atas tweeters plus mid range speakers. Sementara di belakang juga mirip. Tersisip rear tweeters, rear speakers plus subwoofer di ruang bagasi guna memberi dentuman bass. Kalau sudah standar pabrikan begini, niscaya konsumen tak perlu pusing merombak perangkat suara mobil. Atau membawanya ke instalatur audio. Kualitasnya boleh diadu. Jika Anda menilik speaker di Pajero Sport Dakar AT. Hanya ada tweeter dan mid-bass saja, tanpa subwoofer.
Baca Juga: Mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Bakal Diproduksi Lokal
Lalu perbedaan lain di kedua edisi terbatas. Yakni berupa powerful entertainment dengan Rockford Fosgate Audio pada bagian depan, tengah, hingga belakang kabin. Head unit berukuran tujuh inci, bisa memutar musik dari AM/FM Radio, Bluetooth, Ipod, Iphone, Ipad, USB Player dan Smartphone Connectivity. Di tipe Ultimate Rockford Fosgate memiliki roof monitor 9 inci. Penumpang baris kedua bisa menyaksikan video.
Nah di bagian luar, Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition tampil dengan beberapa sentuhan aksesori. Memang betul, tidak begitu banyak, malah masih mirip dari model biasa. Konsumen mendapat sisipan front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender. Lanjut special emblem Rockford Fosgate, berikut imbuhan spare tire cover plus hood emblem.
Baca Juga: Xpander Tetap Jadi Tulang Punggung Penjualan Mitsubishi di Indonesia
Agar memberikan nuansa yang berbeda dari Dakar AT reguler. Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition tersedia dengan warna putih. Sementara itu Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition berkelir hitam. Ia memiliki imbuhan front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender yang berwarna hitam. Lantas spesial emblem dari Rockford Fosgate, tambahan spare tire cover plus hood emblem. Sehingga menampilkan kesan garang juga tangguh. Lanjut ke dekorasi kabin. Varian Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition menggunakan perpaduan antara warna beige dan hitam. Sedangkan Dakar Rockford Fosgate Edition menggunakan warna full black. Tatanan interior malah nyaris sama dari unit biasa.
Fitur keamanan dan keselamatan yang ada pada kedua mobil limitasi itu sama. Anda disuguhi Lane Change Assist (LCA) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Lalu tersedia Adaptif Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Autonomous Emergency Braking, Around View Monitor. Juga tertanam Hill Descent Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control serta tujuh kantong udara.
Enjin masih dipercayakan pada mekanical pacu peminum solar berkode 4N15 2,4 liter Mivec turbocharged and intercooled. Mesin bertipe DOHC, 16 valve Direct Diesel Injection. Jantung mekanis menghasilkan tenaga besar mencapai 181 PS sejak 3.500 rpm. Lalu imbuhan Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin. Alhasil mesin semakin kuat, tonjokkan momen puntir sampai 430 Nm di 2.500 rpm. Racikan itu, menurut Mitsubishi, sanggup meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang CO2. Transmisinya otomatis 8-speed dengan dukungan paddle shift di balik lingkar kemudi. Ini turut mengoptimalkan perpindahan gigi dalam kemudahan berkendara. (Alx/Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.