Potensial skutik petualang di kelas entry level sangat besar. Dengan segala ubahan yang dibawanya, membuat Honda ADV160 makin naik kelas. Pabrikan merevisi sektor mesin, fitur, hingga melakukan ubahan minor di bagian desain. Meski hingga saat ini belum ada lawan sepadan, pabrikan tetap menjawab kebutuhan konsumen dengan merilisnya.
Perihal varian yang tersedia, Astra Honda Motor masih menawarkan dalam 2 opsi. Pertama ADV160 CBS dan ADV160 ABS. Keduanya masing-masing ditawarkan dengan banderol Rp36 juta dan Rp39,25 juta OTR Jakarta. Sengaja dikalkulasi ada gap harga Rp3,25 juta.
Dengan selisih harga tersebut, setidaknya ada 8 perbedaan. Buat Anda yang memiliki rencana meminang skutik ini, tapi masih bingung menentukan varian mana yang pantas buat dipilih, kami akan rangkum 8 perbedaan yang bisa dijadikan referensi sebelum meminangnya.
Perbedaan pertama mengacu nama varian, tentunya penyematan rem ABS (Anti-lock Braking System. Untuk varian paling mahal sudah dilengkapi dengan peranti keamanan ABS yang fungsinya mencegah ban terkunci ketika pengendara melakukan pengereman keras atau hard braking.
Teknologi ABS hanya terpasang di roda depan saja alias 1-channel. Kendati begitu, sistem deselerasi di belakang sudah ditopang dengan cakram tunggal. Sementara untuk varian paling bawah hanya dibekali dengan combi brake system (CBS). Fitur ini merupakan sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan rem belakang. Mekanismenya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri atau tuas rem belakang maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.
Buat komponen kaliper rem menggunakan besaran Nissin 3 piston untuk tipe CBS, dan 2 piston untuk tipe ABS, yang keduanya dilabur kelir hitam.
Perbedaan kedua dan masih berkaitan dengan fitur keamanan. Untuk varian ABS, kini sudah dilengkapi dengan kontrol traksi atau yang pabrikan sebut sebagai Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Teknologi ini berfungsi untuk mencegah hilang traksi atau slip, khususnya di roda belakang. Untuk cara kerjanya berdasarkan sensor di 2 roda yang bisa mendeteksi jika terjadi perbedaan kecepatan putaran antara roda depan dan belakang.
Sejatinya ini adalah fitur yang sama dengan Honda ADV150 terdahulu. ESS hanya tersedia di varian paling tinggi ABS. Fungsinya, ketika pengendara melakukan pengereman secara mendadak, semua lampu sein baik di depan dan belakang akan otomatis berkedip untuk memberi peringatan ke pengendara di belakang.
ESS sendiri berdampingan dengan modul ABS, ketika modul ABS membaca ada pengereman mendadak maka secara otomatis mengirimkan sinyal ke ke relay untuk membuat lampu berkedip. Selanjutnya, fitur ini hanya aktif ketika motor di atas kecepatan 50 km/jam.
Perbedaan keempat ada di opsi warna yang tersedia. Untuk varian CBS dilabur dengan kelir metalik dengan pilihan warna putih, hitam, dan merah. Sementara untuk varian ABS tampil lebih premium dengan sentuhan warna matte (doff) dengan opsi warna yang sama yakni merah, putih, dan hitam.
Diferensiasi ke-5 adalah warna pelek. Untuk Honda ADV160 varian CBS mengaplikasikan warna hitam. Sedangkan untuk tipe ABS dilabur dengan warna burnt titanium atau mirip-mirip dengan Broze. Warna pelek tipe ABS terlihat lebih mewah, berpadu serasi dengan opsi warna matte di sekujur tubuh new Honda ADV160.
Selain warna bodi dan pelek, yang berbeda ternyata komponen setang. Ketika kami amati, untuk varian CBS menggunakan laburan warna hitam, sedangkan untuk varian ABS menggunakan burnt titanium senada dengan warna pelek.
Selanjutnya untuk varian paling mahal atau Honda ADV160 ABS dibekali dengan penanda HSCT di bagian cover bodi depan. Tepatnya ada di bagian atas headlamp sebelah kiri dengan detail emblem bertulisan HSTC.
Selain emblem, tulisan atau pengaturan HSTC juga ada di panel meter terbaru ADV160. Untuk varian CBS tentunya tidak ada karena menyesuaikan dengan teknologi yang dipasangkan di masing-masing varian.
Perbedaan terakhir ada di penyematan emblem ADV160 di bagian panel bodi kiri dan kanan belakang. Untuk varian ABS tampil lebih mewah dengan emblem berkelir gold alias emas, sementara untuk CBS menggunakan emblem dengan warna silver.
Selebihnya untuk kedua varian tetap menggunakan fitur yang serupa seperti penggunaan keyless dengan security alarm, panel meter full digital baru, idling stop system (ISS), side stand switch, dermaga isi daya gawai tipe USB Port A, lampu full LED, lampu hazard, dan layout bagasi utama yang meningkat menjadi 30 liter atau naik 2 liter dari versi sebelumnya. (Kit/Odi)
Baca Juga: Honda ADV160 Resmi Mendebut, Tambah Tenaga dan Makin Nyaman
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.