Yamaha R15 generasi baru ditawarkan dalam dua 2 varian. Pertama R15 Connected senilai Rp38,9 juta dan R15M Connected Rp43,5 juta. Ada selisih harga Rp4,6 juta, tentunya ada perbedaan penting di antara keduanya. Mari kita bedah satu per satu.
Secara garis besar, baik R15 standar dan versi M punya bahasa desain yang baru dan sedikit mengambil siluet visual dari motor balap YZR-M1, superbike YZF-R1 dan YZF-R7. Dari depan sampai buritan keduanya sama, namun dibedakan dengan penggunaan beberapa part kosmetika.
Varian Yamaha R15M tampil lebih sporty dan eksklusif. Pembeda pertama ada di livery, R15M punya 2 opsi yakni Icon Performance (Metallic Grey) dan The Racing Blood of Yamaha (60Th Anniversary Grand Prix). Khusus untuk warna silver memiliki detail striping yang identik dengan superbike Yamaha YZF R1 dan YZF R1M.
Karena sebagai trim paling mahal, varian ini dilengkapi emblem atau logo bertuliskan R15M 3D di dekat tangki BBM. Detail yang lain adalah dari penggunaan jok berdesain spesial karbon dengan embos tulisan M, tutup atau cover suspensi depan berlogo M, kaliper emas, sampai lengan ayun dan cover knalpot yang dicat abu-abu metalik.
R15M punya banyak fitur. Dibenamkan Assist & Slipper Clutch, Traction Control System (TCS), Dual Channel ABS, panel meter full-digital, suspensi depan upside down, dan teknologi konektivitas Yamaha Connect alias Y-Connect. Kemudian ada juga panelmeter yang tampilannya mirip moge R1. Di situ, selain menampilkan ragam informasi dari kendaraan dan indikator Y-Connect, pengendara juga bisa mengatur 2 mode interface: Street dan Track. Kemudian lampu LED proyektor, pemanis DRL, dan lampu stop belakang yang sudah LED. Sayangnya penanda sein masih mengusung lampu halogen biasa.
Lantas bagaimana dengan R15 Connected standar? Karena diposisikan paling terjangkau, terpaksa beberapa teknologi harus absen. Misalnya tak ada Quick Shifter, Dual ABS, kontrol traksi, dan panel meternya masih menggunakan tipe yang lama seperti di generasi sebelumnya.
Baca Juga: Yamaha Indonesia Rilis R15 Connected Series, Harga Naik Tipis
Rangka berjenis twin spar atau delta-box sama-sama menggendong mesin 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Saat penjelasan teknis, motor ini masih memproduksi tenaga dan torsi yang sama dengan R15 V3. Artinya, tetap dengan tenaga maksimal 14,2 kW atau 19 daya kuda di putaran mesin 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi manual 6-percepatan.
Kehadiran R15 anyar di Indonesia boleh dibilang membuat standar baru untuk segmen motor sport full fairing 150 cc. Bagaimana tidak, ia jadi model yang paling canggih saat ini dengan ragam teknologi dibawa. Sebut saja fitur Quick Shifter, kontrol traksi, Dual-ABS, dan panel meter opsi street dan track belum dimiliki para kompetitor terdekatnya. Mau tak mau, agar bisa berkompetisi di pasar, setidaknya Honda CBR150R atau GSX-R150 harus disuntik salah satu teknologi canggih itu.
Sebagai informasi, dengan segala ubahan yang terjadi di R15 terbaru turut mengatrol harganya. Jika dibandingkan dengan model terdahulu, R15 Connected (standar) dijual lebih mahal Rp1.495.000. Sementara R15M Connected ABS menjadi motor sporty entry level paling mahal di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan Honda CBR150R ABS selisihnya adalah Rp2.420.000. Tapi perlu diingat lagi, jagoan Honda tak dibekali teknologi canggih seperti yang ada di R15M. (Kit/Odi)
Baca Juga: Komponen dan Fitur Moge yang Ada di Yamaha All New R15M
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.