Big bike Honda CB650R bersolek. Hanya berupa perubahan warna tanpa menyasar lainnya. Skema baru lebih menonjolkan aura street fighter. yaitu Matte Gunpowder Black Metallic dan Candy Chromosphere Red. Buat hitam, sekarang mendapat motif doff atau menggantikan tema mengilap. Sementara warna merah masih dipertahankan tapi sekarang lebih terang.
Komposisi warna baru disematkan pada sepatbor depan (front fender) dan tangki bahan bakar. Pada model terbaru, desain sepatbor belakang (rear fender) juga terasa lebih tegas dengan ekspos unsur logam semakin kuat. Harganya kini dibanderol Rp296,4 juta on the road wilayah Jakarta.
Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan, inovasi desain, teknologi, dan fitur Honda CB650R semakin lengkap. Hadirnya pilihan warna baru membuatnya kian gagah dan eksklusif. Hal ini semakin menyuguhkan kebanggaan bagi siapa saja yang mengendarainya. ”Rasa bangga itu menyempurnakan gaya hidup masa kini, terlebih untuk para penggemar sepeda motor sport premium. Selain itu, kami terus konsisten memberikan layanan khusus yang memanjakan pengguna big bike Honda melalui jaringan dealer Big Wing kami yang tersebar di berbagai kota,” ujar Thomas.
Baca Juga: Honda CB350 RS Meluncur di India, Tantang Royal Enfield Meteor 350
Soal styling bodi sebagian besar tak berubah. Masih bertahan dengan desain timeless dan menekankan pada ciri khas motor street fighter. Sepintas sosoknya hadir kesan sporty, modern, sekaligus sensasi ekstrem. Meski demikian, detail minor dari skema warna yang ditawarkan setidaknya membuat penampilan tambah mewah.
Kesan retro yang kuat ditampilkan melalui desain headlamp bulat. Daya tarik lainnya didapat melalui penyematan all LED lighting system dan lensa bening pada lampu senja, belakang, dan sein sehingga menghasilkan pencahayaan modern.
Dari samping, tampak jelas terekspos bagian mesin atau mekanikal. Sedang bagian belakang, gaya street fighter sangat kuat. Ini semua meningkatkan sensasi maskulin. Tapered handle bar juga turut meningkatkan kepercayaan diri dan kelincahan berkendara di setiap jenis medan.
Posisi riding agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup, didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian tempat duduk 810 mm.
Baca Juga: AHM Resmi Datangkan Honda CBR600RR, Lengkapi Lini Super Sport Big Bike Tanah Air
Tampilan full digital panel meter dengan pencahayaan berwarna biru, berisi informasi posisi gir, dan shift indicator. Dilengkapi pula informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu.
Honda CB650R baru makin sempurna dengan dukungan mesin tangguh dan fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara maksimal. Performa tinggi disematkan untuk mendukung penampilan. Ia dibekali mesin 4-silinder, 650 cc, DOHC, 6-percepatan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 Hp pada 11.000 rpm dan torsi kuat 60,7 Nm di putaran 8.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar tercatat 15,4 liter, dan spesifikasi mesin sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.
Model knalpot memiliki desain compact namun kokoh. Menambah kesan macho sekaligus memberi performa optimal pada putaran bawah ke tengah. Lubang gas buang sisa pembakaran ini juga mampu menghasilkan suara yang khas dan berkelas.
Big bike 650 cc ini ditopang rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips. Dirancang untuk memberikan kesan gagah dan kestabilan maksimal. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.
Pelek aluminium dibalut ban berukuran 120/70-R17 di depan, serta 180/55-R17 di belakang. Model ini menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan cakram 310 mm. Di bagian belakang tersemat kaliper berpiston tunggal dengan cakram 240 mm. Masing-masing menghasilkan daya pengereman berlimpah dengan ABS 2-channel sebagai peranti standar.
Fitur yang dijajakan membuatnya lebih unggul dari kompetitor. Menggunakan suspensi depan jenis inverted telescopic Showa 41 mm, untuk meningkatkan kenyamanan handling. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium, menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Bagian ini memiliki pengaturan hingga 10 level, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.
Assist/slipper clutch disematkan, membuat tuas kopling menjadi lebih ringan. Teknologi ini sekaligus mengurangai efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi peranti wajib untuk Honda CB650R. Bertugas menyesuaikan tenaga mesin demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip. Fitur kesemalatan lain yang tersemat yakni Emergency Stop Signal (ESS), mampu memberikan peringatan ke pengendara lain khususnya bagian belakang. Karena saat pengereman mendadak, kedua lampu sein menyala secara berkedip. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Honda CRF250 Rally Dapat Pembaruan Minor untuk 2021
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.