Seperti Apa Amunisi All New Honda CB150R Streetfire Dibanding Rivalnya?

Honda CB150R Streetfire

Honda CB150R Streetfire telah dilahirkan kembali dalam konsep baru. Wujudnya kini lebih modern serta berisi. Perihal fitur elektronik pun sedikit disempurnakan. Tak kalah penting sektor kaki-kaki dioptimalisasi. Hanya saja tak ada yang berubah dari segi teknis. Lantas seperti apa dirinya jika dihadapkan para rival utama?

Jika Berhadapan dengan Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 2021

Saat melihat harganya sudah pasti Honda unggul. Yamaha MT-15 dijual Rp37,13 juta OTR Jakarta alias hampir menyentuh kepala empat. Sementara CB150R teranyar hanya dibanderol Rp29,7 juta – Rp30,7 juta OTR Jakarta. Jauh. Tapi tentu, selisih itu bakal terbayar saat melihat kemampuannya.

Bicara naked bike 150 cc, MT-15 memiliki kelengkapan serta performa paling baik. Mana lagi yang menyediakan fitur assist dan slipper clutch? Dua perangkat ini cukup berpengaruh terhadap pengendaraan. Selain tuas kopling lebih halus, perpindahan gigi - terutama downshifting - bakal menghilangkan gejala ban terkunci.

Perbedaan output dengan CB series pun terbilang signifikan. Dapur pacu 155 cc SOHC empat katup berhasil menoreh angka 18,7 Hp/10.000 rpm serta torsi 14,7 Nm/8.500 rpm. Ia juga dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA), untuk distribusi tenaga tepat guna serta merata. Cukup terdepan.

Rancang bangun konstruksi MT tak kalah serius. Rangka Delta Box dipadukan tipe fork upside down untuk mengoptimalisasi pengendalian. Tentunya selain memberi dampak pada akurasi di tikungan, berpengaruh pula terhadap tampilan. Rasanya siapapun setuju tampangnya bengis dan kekar bukan? Sementara penopang belakang, memakai model suspensi tunggal, bersangga ke swing arm aluminium.

Fitur? Tak perlu ditanya lagi. Instrumen digital senantiasa menunjukan semua data fundamental. Tak hanya kecepatan, putaran mesin, posisi gear, serta penunjuk waktu. Disiapkan dua data trip meter, lengkap dengan catatan konsumsi bahan bakar, baik rata-rata maupun real time. Bahkan average speed bakal terekam juga di layar biru negative display.

Pencahayaannya tentu optimal. Lampu utama sudah LED, dipancarkan lensa proyektor. Selain hemat daya dan terang, model begini lebih fokus menentukan arah cahaya. Dioda turut digunakan juga pada tail light.

Menilai desain, kami rasa MT-15 begitu mudah disukai. Terutama jika dilihat dari depan, menunjukkan kesan bengisnya. Rumah lampu utama bak topeng itu rasanya berhasil menarik perhatian. Apalagi dijejali tabung suspense besar tadi.

Dari sisi dan belakang juga enak dilihat. Guratnya merepresentasikan keluarga MT: Tajam, maskulin dan sporty. Ukuran ban lebar di depan dan belakang pun tampak proporsional, apalagi disediakan pelek palang beropsi warna cerah. Sementara kelir tubuhnya dibagi tiga pilihan: Matte Grey, Metallic Black, serta Matte Blue. Masing-masing dikombinasikan tema warna roda berbeda, tinggal sesuaikan dengan selera.

Baca Juga: Honda Rilis All New CB150R Streetfire, Kini Pakai Fork Upside Down

Jika Berhadapan dengan Suzuki GSX-S150

Suzuki GSX-S150

Kalau berlomba dengan yang satu ini Honda kalah harga. Suzuki GSX-S150 dijual mulai Rp27,8 juta – Rp28,3 juta OTR Jakarta. Dengan performa mesin serta fitur lebih baik pula. Namun, setidaknya CB bisa agak sombong karena tak satupun line up GSX punya fork upside down.

Layaknya Suzuki GSX series, mereka senantiasa mencolok mesin satu silinder 150 cc DOHC empat katup berpendingin cairan. Diameter bore dan stroke-nya sendiri dibuat overbore pula. Sementara rasio kompresi dipadatkan sampai 11,5:1. Alhasil, dapur pacu memproduksi tenaga 18,9 Hp/10.500 rpm dan torsi 14 Nm/9.000 rpm.

GSX-S varian tertinggi dibekali perangkat keyless untuk menyalakan mesin. Remote itupun berfungsi untuk mengoperasikan answer back system. Ia menjadi satu-satunya naked sport 150 cc yang pakai sistem canggih semacam ini, malah banyak motor di atasnya belum punya.

Kalau soal panel meter digital sudah menjadi standar. Menyertakan data komplet. Lampu hazard dan pencahayaan utama LED juga lengkap tersedia. Sementara kapasitas tampung bensin lumayan besar, mencapai 11-liter. Cukup untuk berkeliling kota dan menikmati performanya tanpa harus khawatir cepat kembali ke SPBU.

Perihal desain bakal mengacu ke preferensi masing-masing. Tapi GSX-S150 tidak bisa dibilang buruk rupa. Bentuknya masih proporsional, disertai kemasan sporty kental. Dengan kombinasi warna-warna maskulin, berhias aksen kontras. A la naked sport masa kini. Tak ketinggalan zaman.

Baca Juga: Opsi Naked Bike 150 cc yang Enak Diajak Touring

Catatan Teknis CB150R Streetfire

CB150R mengandalkan format satu silinder 150 cc DOHC empat katup enam percepatan. Tentunya pula berpendingin cairan selayaknya CB150R lama. Data kertas menunjukkan mesin mampu mencapai tenaga 16 Hp di 9.000 rpm sementara torsi menoreh angka 13,7 Nm pada 7.000 rpm. Diterjemahkan lewat transmisi manual, tanpa assist dan slipper clutch.

Agenda pembaruan kali ini turut menyempurnakan sektor kaki-kaki. Model teleskopik lama sudah ditanggalkan. Ditukar dengan model inverted.Cover shock upside down ini tampil dengan laburan emas. Kontras dengan penampilan serba gelap atau matte-nya.

Secara ukuran, suspensi upside down buatan Showa punya diameter kurang lebih mirip CBR150R, yakni 37 mm. Hanya saja belum ada informasi soal jarak mainnya. Dan tak kalah krusial, tapered handlebar juga diperbaharui demi mengejar tampilan maskulin maksimal. Sekaligus memberi kenyamanan dalam berkendara harian maupun jarak jauh. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Diferensiasi Honda CB150R Streetfire Baru dan Lama, Kenapa Tidak Pakai Slipper Clutch?

Jelajahi Honda CB150R Streetfire

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
  • Honda Beat Street
    Honda Beat Street
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Street

Artikel Motor Honda CB150R Streetfire dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Beli All New Honda CBR150R dan CB150R Streetfire Selama Juli-September Dapat Diskon Sampai Rp 1,1 juta
    Beli All New Honda CBR150R dan CB150R Streetfire Selama Juli-September Dapat Diskon Sampai Rp 1,1 juta
    Zenuar Yoga . 31 Jul, 2021
  • Dapat Ubahan Signifikan, 11 Komponen Ini Bikin Honda CB150R Streetfire Menarik
    Dapat Ubahan Signifikan, 11 Komponen Ini Bikin Honda CB150R Streetfire Menarik
    Zenuar Yoga . 25 Mei, 2021
  • Aksesori Resmi Buat All New Honda CB150R Streetfire, Dijual Mulai Rp 50 Ribuan
    Aksesori Resmi Buat All New Honda CB150R Streetfire, Dijual Mulai Rp 50 Ribuan
    Zenuar Yoga . 07 Mei, 2021
  • Honda CB150R Streetfire Baru Meluncur, Apa Saja Bedanya dengan Model Lama?
    Honda CB150R Streetfire Baru Meluncur, Apa Saja Bedanya dengan Model Lama?
    Helmi Alfriandi . 06 Mei, 2021
  • Honda Rilis All New CB150R Streetfire, Kini Pakai Fork Upside Down
    Honda Rilis All New CB150R Streetfire, Kini Pakai Fork Upside Down
    Helmi Alfriandi . 05 Mei, 2021
  • Amunisi All New Honda CB150R Streetfire Vs Yamaha MT-15 dan Suzuki GSX-S150
    Amunisi All New Honda CB150R Streetfire Vs Yamaha MT-15 dan Suzuki GSX-S150
    Helmi Alfriandi . 06 Mei, 2021
  • Komparasi Honda CB150R Streetfire vs Yamaha Vixion R
    Komparasi Honda CB150R Streetfire vs Yamaha Vixion R
    Ardiantomi . 18 Jan, 2019
  • Test Ride Honda All New CB150R Streetfire: Handling Asyik, Tampilan Moge Look
    Test Ride Honda All New CB150R Streetfire: Handling Asyik, Tampilan Moge Look
    Zenuar Yoga . 25 Mei, 2021