Versi mewah Toyota Land Cruiser J300 menyusul juga. Model berlogo Lexus pasti datang melengkapi kelahiran sang legenda offroader. Setia mendampingi sejak pertama kali era TLC 80. Sekaligus kabar gembira untuk pasar Amerika Serikat karena tidak mendapat jatah generasi terbaru TLC 300. Makanya Lexus LX 600 2022 sangat ditunggu khalayak sana.
Namun tidak ada kata terlambat untuk sebuah SUV jago lumpur nan mewah. Meski harus menunggu 14 tahun lamanya berganti regenerasi, konsumen bakal mendapat perubahan revolusioner. Semua mengikuti langkah penyempurnaan Land Cruiser.
Bermula dari platform TNGA-F (Toyota New Global Platform) sebagai konstruksi utama. Meski tetap mempertahankan pola body-on-frame yang terkesan tradisional, urusan kapabilitas tak perlu diragukan lagi. Masih menjaga trah Land Cruiser sebagai mobil penjelajah daratan. Bukan berarti memanfaatkan sasis lama dan dikembangkan. Diklaim mendapat rancang ulang untuk pengurangan bobot dan mengubah titik gravitasi. Diklaim berat berkurang hingga 200 kg dibanding model terdahulu.
Desain eksterior masih mencirikan Lexus LX 570 seri J200. Terutama model facelift yang dapat dikenali dari kemiripan raut muka. Identitas Lexus Spindle Grille yang superbesar tetap mendominasi seluruh fasad. Bedanya dibuat model bilah ganda berjejer horizontal. Begitu pula headlamp bentuk parallelogram masih dipertahankan. Kalau dibandingkan dengan wajah Land Cruiser, Lexus penuhi sudut meruncing, sementara TLC serbakotak.
Baca Juga: Toyota Land Cruiser 300 Mendebut Bawa Banyak Penyempurnaan
Khusus trim F Sport, ditopang pelek gahar 22-inci. Ukuran terbesar yang pernah dipakai oleh Lexus. Bukan hanya mengubah visual lebih bercita rasa sporty, Lexus pun mempercayakan limited-slip differential jenis Torsen agar traksi belakang makin menggigit. Setelan peredaman depan dan belakang juga berbeda. Termasuk sistem suspensi variabel dan electronic power steering.
Rancang interior cenderung sederhana tidak dibuat rumit. Pusat segala kontrol dikumpulkan dalam satu area yang dibingkai aksen perak. Terpampang layar monitor ganda sebagai informasi visual. Monitor besar berukuran 12,3-inci menunjukkan navigasi, informasi kendaraan dan sistem Multi-Terrain dan audio. Bawahnya ukuran 7-inci berisi pengaturan climate dan bisa juga menampilkan data off-road beserta kamera luar.
Paling menarik pengaturan layout kursi. Untuk pertama kali sejak LX mendebut pada 1995, ada format empat kursi terpisah. Menunjukkan level kemewahan berbeda dari Land Cruiser, khusus penumpang yang butuh privasi. Bahkan kursi belakang bisa direbahkan hingga 48 derajat demi menambah kenyamanan. Walau tidak akan selapang MPV Lexus LM, Upaya untuk memanjakan penumpang dalam SUV mewah pantas diapresiasi. Ditambah pula pengaturan kursi depan agar didapat ruang kaki lebih luas. Lalu muncul sandaran kaki agar bisa selonjoran. Sistem entertainment tersedia terpisah dengan monitor gandar.
Baru satu mesin ditawarkan. Itupun tak lagi memakai unit V8 5,7-liter naturally aspirated. Mengikuti opsi di TLC 300 yang terjangkit tren engine downsizing. Penggantinya yaitu tipe V35A V6 3,5-liter twin-turbo dengan torehan daya lebih perkasa. Tenaga 409 hp (415 PS) plus torsi maksimum 650 Nm. Tersalur mulus via transmisi otomatis 10-speed menggantikan 8-speed. Versi diesel dalam trim LX 500d kemungkinan menyusul.
Kehebatan menjelajah di segala medan ditopang sistem Multi-Terrain. Ada enam mode untuk disesuiakan permukaan jalan yang akan dilewati, Auto, Dirt, Sand, Muda, Deep Snow dan Rock. Paling pintar dan tak mau repot, biarkan di mode Auto. Sistem akan membaca dari berbagai sensor untuk memperkirakan kondisi jalan dan memilih mode paling tepat.
Belum ada harga resmi diumumkan. Pemasaran di Amerika Serikat pun baru dimulai kuartal pertama 2022. Mengingat Lexus LX 570 dijual di Indonesia saat ini, tentu tinggal menanti kapan kehadiran generasi keempat. (Odi)
Baca Juga: GR Sport Tersaji dalam Trim Toyota Land Cruiser 300, Punya Sederet Fitur Istimewa
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.