Siap-Siap Menunggu Kehadiran Suzuki V-Strom 250

Siap-Siap Menunggu Kehadiran Suzuki V-Strom 250
CONTENTS
NEW DELHI, Motovaganza.com – Pameran otomotif terbesar di India, Auto Expo, akan bergulir pada 7-12 Februari 2020 mendatang. Entah kenapa Honda, Yamaha dan BMW memilih absen di gelaran yang berlangsung di Exposition Mart tersebut. Alhasil Suzuki akan menjadi pabrikan roda dua terbesar yang hadir. Apa kejutan yang disiapkan? Beberapa kabar beredar menyebutkan jika Suzuki akan meluncurkan beberapa model baru di ajang ini. Salah satu tebakannya adalah kehadiran Suzuki V-Strom 250. Apa indikasinya? Sebenarnya gampang. Kehadiran Gixxer SF 250 tahun lalu bisa dijadikan acuan. Meski spekulatif, tak menutup kemungkinan Suzuki menciptakan turunan berbasis motor 250 cc-nya itu. Toh, pekerjaan seperti ini juga lumrah dilakukan pabrikan otomotif manapun. Berbagi sasis, mesin, teknologi, walau diramu dengan paras berbeda. Latar belakang ini pula yang akhirnya menguak terkaan soal keberadaan V-Strom 250. Ia diyakini mengadopsi rancang bangun dari Gixxer SF 250. Mengaplikasi mesin injeksi satu silinder Suzuki, berkubikasi total 249 cc. Soal tampang, sudah jelas merujuk kepada big bike V-Strom yang ada sekarang. Sebuah pilihan baru sekaligus menarik, khususnya bagi motoris penyuka aktivitas touring.

Mesin

Memang ada perbedaan dengan sajian V-Strom 250 peruntukan pasar Jepang dan Australia. Di sana, motor touring seperempat silinder itu menggunakan mesin dua silinder. Tepatnya dua silinder segaris dan pendingin cairan. Jantung mekanis SOHC-nya mampu menghasilkan daya 24,6 Hp/8.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 23,4 Nm / 6.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual. Mesin V-Strom 250 versi Australia saat ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan telah memenuhi persyaratan Euro 4. Konsumsi bahan bakarnya mampu mencatat 29,2 kpl. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter, motor dapat menempuh jarak hingga 496 km dalam sekali pengisian full. Baca juga: Menilik Suzuki Katana 150, Calon Rival Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175 Baca juga: Suzuki Indonesia Gelar Kompetisi Desain GSX Series

Fitur

Sementara, spesifikasi lain masih sama dengan pasar Jepang. Menggunakan suspensi teleskopik di depan, dan peredam kejut jenis monoshock pada bagian belakang. Bagian kaki-kaki V-Strom 250 dilengkapi ban ukuran 110/80-17 (depan) dan 140/70-17 (belakang). Termasuk lampu depan, menggunakan cover bulat dan masih bohlam. Di bawahnya diberikan seperti paruh burung, layaknya motor adventure. Sedangkan pada bagian atas, disematkan windscreen kecil untuk melindungi panel instrumen berteknologi negative display. Sajiannya pun lengkap, meliputi: spidometer, takometer, odometer, posisi roda gigi, konsumsi bahan bakar rata-rata, indikator bahan bakar, indikator RPM, Indikator waktu penggantian oli, dan jam. Mirip dengan milik Suzuki GSX series buatan Indonesia, pun bentukan lampu belakangnya. Untuk mengakomodasi perjalanan jarak jauh, Suzuki memberikan rak berbahan alumunium yang dapat dipasang langsung dengan box. Setiap sisi bagian buntut juga sudah dipasangkan pengait untuk memasang tali ataupun side pannier opsional. Secara keseluruhan, aplikasi itu itu bisa ditemui pada V-Strom satu silinder ala India. Memang tak semenggugah versi dua silinder, tapi menyoal harga tentulah lebih bersahabat. Kita tunggu saja kepastiannya mulai 7 Februari 2020. Baca juga: Suzuki V-Strom 250 Versi Silinder Tunggal Hadir di India? Sumber: Ride Apart ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • IMOS 2024: TVS Pamer Skuter Listrik Iqube Varian Standar, Klaim Harga Lebih Murah
    IMOS 2024: TVS Pamer Skuter Listrik Iqube Varian Standar, Klaim Harga Lebih Murah
    Muhammad Hafid . 31 Okt, 2024
  • NJS Helmet Luncurkan Dua Helm Berbahan Karbon di IMOS 2024, Harga Mulai dari Rp2,8 juta
    NJS Helmet Luncurkan Dua Helm Berbahan Karbon di IMOS 2024, Harga Mulai dari Rp2,8 juta
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
  • Bersama FIFGroup, Moxa Hadirkan Promo Bundling di IMOS 2024
    Bersama FIFGroup, Moxa Hadirkan Promo Bundling di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2024
  • TVS Perlihatkan Naked Bike Apache RTR 310 di IMOS 2024
    TVS Perlihatkan Naked Bike Apache RTR 310 di IMOS 2024
    Setyo Adi Nugroho . 31 Okt, 2024
  • IMOS 2024: Polytron Jagokan Fox 500, Tawarkan Banyak Promo dan Test Ride
    IMOS 2024: Polytron Jagokan Fox 500, Tawarkan Banyak Promo dan Test Ride
    Muhammad Hafid . 31 Okt, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024