Siap-Siap Menunggu Kehadiran Suzuki V-Strom 250
NEW DELHI, Motovaganza.com – Pameran otomotif terbesar di India, Auto Expo, akan bergulir pada 7-12 Februari 2020 mendatang. Entah kenapa Honda, Yamaha dan BMW memilih absen di gelaran yang berlangsung di Exposition Mart tersebut. Alhasil Suzuki akan menjadi pabrikan roda dua terbesar yang hadir. Apa kejutan yang disiapkan?
Beberapa kabar beredar menyebutkan jika Suzuki akan meluncurkan beberapa model baru di ajang ini. Salah satu tebakannya adalah kehadiran Suzuki V-Strom 250. Apa indikasinya?
Sebenarnya gampang. Kehadiran Gixxer SF 250 tahun lalu bisa dijadikan acuan. Meski spekulatif, tak menutup kemungkinan Suzuki menciptakan turunan berbasis motor 250 cc-nya itu. Toh, pekerjaan seperti ini juga lumrah dilakukan pabrikan otomotif manapun.
Berbagi sasis, mesin, teknologi, walau diramu dengan paras berbeda. Latar belakang ini pula yang akhirnya menguak terkaan soal keberadaan V-Strom 250.
Ia diyakini mengadopsi rancang bangun dari Gixxer SF 250. Mengaplikasi mesin injeksi satu silinder Suzuki, berkubikasi total 249 cc. Soal tampang, sudah jelas merujuk kepada big bike V-Strom yang ada sekarang. Sebuah pilihan baru sekaligus menarik, khususnya bagi motoris penyuka aktivitas touring.
Mesin
Memang ada perbedaan dengan sajian V-Strom 250 peruntukan pasar Jepang dan Australia. Di sana, motor touring seperempat silinder itu menggunakan mesin dua silinder. Tepatnya dua silinder segaris dan pendingin cairan. Jantung mekanis SOHC-nya mampu menghasilkan daya 24,6 Hp/8.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 23,4 Nm / 6.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual. Mesin V-Strom 250 versi Australia saat ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan telah memenuhi persyaratan Euro 4. Konsumsi bahan bakarnya mampu mencatat 29,2 kpl. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter, motor dapat menempuh jarak hingga 496 km dalam sekali pengisian full. Baca juga: Menilik Suzuki Katana 150, Calon Rival Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175 Baca juga: Suzuki Indonesia Gelar Kompetisi Desain GSX SeriesFitur
Sementara, spesifikasi lain masih sama dengan pasar Jepang. Menggunakan suspensi teleskopik di depan, dan peredam kejut jenis monoshock pada bagian belakang. Bagian kaki-kaki V-Strom 250 dilengkapi ban ukuran 110/80-17 (depan) dan 140/70-17 (belakang). Termasuk lampu depan, menggunakan cover bulat dan masih bohlam. Di bawahnya diberikan seperti paruh burung, layaknya motor adventure. Sedangkan pada bagian atas, disematkan windscreen kecil untuk melindungi panel instrumen berteknologi negative display. Sajiannya pun lengkap, meliputi: spidometer, takometer, odometer, posisi roda gigi, konsumsi bahan bakar rata-rata, indikator bahan bakar, indikator RPM, Indikator waktu penggantian oli, dan jam. Mirip dengan milik Suzuki GSX series buatan Indonesia, pun bentukan lampu belakangnya. Untuk mengakomodasi perjalanan jarak jauh, Suzuki memberikan rak berbahan alumunium yang dapat dipasang langsung dengan box. Setiap sisi bagian buntut juga sudah dipasangkan pengait untuk memasang tali ataupun side pannier opsional. Secara keseluruhan, aplikasi itu itu bisa ditemui pada V-Strom satu silinder ala India. Memang tak semenggugah versi dua silinder, tapi menyoal harga tentulah lebih bersahabat. Kita tunggu saja kepastiannya mulai 7 Februari 2020. Baca juga: Suzuki V-Strom 250 Versi Silinder Tunggal Hadir di India? Sumber: Ride Apart ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIANArtikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test