Terdapat sejumlah pembaruan MG ZS facelift 2021 di Indonesia. Ia merupakan pesaing terdekat Honda HR-V dan Kia Seltos di level kompak SUV. Ubahan tubuh memang tidak begitu mencolok, namun sejumlah perangkat diberikan. Contoh, transmisi kini berjenis CVT seperti rivalnya. Secara umum sistem penyaluran ini memiliki banyak faedah di bagian efisiensi BBM. Namun sayang, mereka belum merilis berapa banderol resmi tiap varian. Tapi, sila cek dulu perbedaan dari model lawas.
Ubahan yang dilakukan brand Cina-Inggris ini tak bisa dikatakan sebagai minor change. Sebab bagian penyaluran daya turut diganti. Sekarang MG ZS memakai transmisi CVT delapan percepatan. Sementara model lama masih pakai girboks konvensional 4-speed plus tiptronik untuk memindahkan gigi secara manual. Meski mekanikal pacu dipakai masih sama.
Baik di model baru maupun lama menggunakan enjin berkubikasi 1.498 cc naturally aspirated. Unit berkode 15S4C punya konfigurasi DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH. Hasil pembakaran sistem injeksi multi-point memberi lontaran daya maksimum 114 PS di 6.000 rpm. Kemudian torsi puncak tersedia 150 Nm di 4.500 rpm. Walau sekarang transmisi ditukar ke CVT, resultan tenaga tak berubah.
Baca Juga: Selisih Rp30 Jutaan, Ini Bedanya MG HS Ignite dan Magnify
Lalu pahatan eksterior kalau dari samping masih agak sama. Namun wajah depan MG ZS major change disentuh ulang, sehingga terlihat lumayan manis sebagai urban SUV. Lihatlah kisi-kisi membentuk heksagonal kemudian moncong kromium dipangkas menjadi bingkai tipis di tepi jaring-jaring. Dual grille lebih mencuat bersama bentuk sudut mata depan kian runcing. Sorot lampu depan pun menggunakan LED proyektor berikut imbuhan garis DRL.
Kalau model lama, masih kentara mengikuti raut muka Kodo Design khas Mazda. Kemudian gaya pelek lima palang ditanggalkan, berubah menjadi model lima kelopak bunga dua warna 17 inci. Berlanjut ke buritan, sepasang lampu belakang juga memakai teknologi diode. Tapi garisnya beda, dibikin seperti bumerang terbalik dan ditambahi cekungan di bawahnya. Kalau malam terlihat seperti mata mengintimidasi. Bumper belakang pun sedikit berubah dengan sepasang lubang knalpot palsu. Lalu panoramic sunroof tetap diberikan.
MG ZS lama menggukan pelapis interior dua kombinasi: hitam dan cokelat muda. Di model terbaru agak mirip, tapi komposisinya diubah. Poin menarik, sekarang ia pakai layar sentuh lebih besar, 10 inci beserta sambungan Apple CarPlay. Bisa menampilkan penginderaan kamera 360 derajat. Di bawahnya, pengaturan penyejuk kabin tetap pakai AC digital.
Selanjutnya dua kenop putar berganti menjadi tombol berderet ala piano. MG juga menyulap cluster meter menjadi serbadigital. Tak ada lagi jarum konvensional penunjuk kecepatan plus putaran mesin. Semua berisi informasi kondisi mobil. Misal pencahayaan, kecepatan, penggunaan bahan bakar, kecepatan, suhu mesin, info cruise control, penunjuk waktu dan masih banyak lagi petunjuk penting lain.
Fitur keamanan dan keselamatan yang dibawa masih sama. Sebagai standar di semua varian tersedia: Anti-lock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control). Ditambah juga TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points, Front Side Curtain Airbags dan Tire Pressure Monitoring system di Ignite. Cukup kuatkah dalam menantang dominasi Honda HR-V di Tanah Air? (Alx/Odi)
Baca Juga: New MG ZS Meluncur dengan Wajah dan Transmisi Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.