Simak Beda Suspensi Ohlins NMax Lama dan Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Ohlins sudah menyiapkan shock baru untuk All New Yamaha NMax generasi anyar. Memang Anda masih harus sedikit bersabar. Diproduksi di Thailand, peredam ini diperkirakan akan masuk ke Indonesia sekitar Juni-Juli mendatang. Penampakan produk terbaru ini sudah dimunculkan melalui website Yamaha Thailand. Unit ini hadir sebagai opsi untuk All New Yamaha NMax, yang sudah meluncur di negeri itu. Menariknya terdapat perbedaan signifikan dengan produk eksis. Peredam kejut Ohlins baru ini punya desain yang tak sama dibanding versi lama. Di mana saja perbedaannya? Bagi Anda pemilik NMax generasi pertama, pasti akrab dengan suspensi belakang Ohlins yang menggunakan tabung bawah. Perangkat ini berisikan balon untuk mengatur aliran oli agar naik-turunnya suspensi menjadi lebih lambat. Dengan begitu, roda belakang NMax mendapatkan cengkeraman ke aspal lebih baik. Alhasil berdampak positif terhadap handling dan stabilitas, terutama di tikungan. Item itu sebenarnya juga dapat ditemui pada produk terbaru Ohlins. Hanya saja sekarang peletakan tabung alias subtank berada di bagian atas. Fungsinya pun sama untuk pengendara dan tak ubahnya dengan penampilan suspensi bawaan All New NMax.

Tipe Spring

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis spring atau per. Jika menilik dari tampilan pada website Yamaha Thailand, sok Ohlins anyar memakai per linear. Kentara dengan pola jarak antar per yang sama dari atas sampai bawah. Meskipun pasar Indonesia tampak bakal punya spek berbeda. Terlebih melihat detail yang dibocorkan pihak Ohlins Indonesia kepada kami. Jelas sekali mereka memilih per progresif. Yakni tipe dengan desain per rapat di atas dan renggang pada bagian bawah. Lantas diperkuat lagi dengan informasi spring rate-nya. Dari data yang diberikan, terdapat dua ukuran terkait kekakuan per baru ini yaitu rentang 14-21 N/mm dan 16-25 N/mm. Kendati begitu, kami pikir mereka bakal menerapkan spring rate pertama (14-21 N/mm). Terlebih jika mengacu kepada data yang dipakai sok Ohlins lama dengan ukuran 14-16 N/mm. Sama-sama punya batas terbawah 14 N/mm, namun sok baru paling baru ini memiliki batas atas lebih besar. Dapat diartikan, lebih empuk ketimbang model yang ada sekarang. Baca juga: Ohlins Yamaha NMax dengan Tabung Atas, Lebih Empuk dan Murah

Dimensi dan Jarak Main

Shock belakang Ohlins di pasaran sekarang ini berukuran 335 mm dengan diameter piston 36 mm. Rancang bangun demikian dibuat sebagai toleransi dari suspensi NMax lawas keluaran pabrikan yang memiliki ketinggian 333,9 mm. Sementara peredam kejut All New NMax didesain 310,8 mm. Mengacu pada hal itu, ukuran suspensi baru Ohlins dibuat menjadi 314,5 mm. Otomatis berbeda pula ukuran antara sok lama dengan yang baru dari Ohlins ini. Termasuk soal catatan travel suspension keduanya. Jika model lama memiliki jarak main 99 mm, maka untuk model terbaru hanya 84,5 mm.
Yamaha NMax Yamaha NMax (Subtank)
Length (mm) 335 314.5
Stroke (mm) 99 84.5
Compression (click) 16 -
Rebound (click) - 16
Spring Rate (N/mm) 14-16 14-21/16-25

Fitur dan Harga

Seperti kami bahas sebelumnya, sok lama Ohlins memiliki fitur compression. Terintegrasi di area subtank dengan penyetelan mudah berjumlah 16 klik. Namun, produk itu tidak memiliki setelan rebound. Sebaliknya, perangkat itu tersedia di shock baru Ohlins. Dilihat dari konstruksi yang ada, pengaturan berada di bagian terbawah shock dan jumlahnya 16 klik. Meski tanpa adanya kompresi. Meski begitu keduanya tetap mempunyai fitur preload. Lantas perbedaan terakhir yang tak kalah menarik, ialah harga. Ohlins menjanjikan harga produk anyar mereka bakal dijual sangat kompetitif. Tidak hanya itu, banderolnya pun lebih murah dari produk eksis Ohlins sekarang. Ohlins peruntukan NMax lama (tipe YA-776) dipasarkan Rp 7,75 juta. Sementara itu, sok Ohlins All New NMax kemungkinan dipatok Rp 7,5 juta. Menarik? Kita tunggu peredarannya di Tanah Air. Baca juga: Ini Bedanya Spesifikasi Suspensi Ohlins untuk NMax Lama dan Baru ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Asia Harley Days 2024 Sukses Digelar di Thailand
    Asia Harley Days 2024 Sukses Digelar di Thailand
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Promo Eksklusif Yamaha Aerox Alpha, Bisa Order Secara Online
    Promo Eksklusif Yamaha Aerox Alpha, Bisa Order Secara Online
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • AHM Berharap Subsidi Motor Listrik Dilanjut, Sebut Bisa Tingkatkan Daya Beli
    AHM Berharap Subsidi Motor Listrik Dilanjut, Sebut Bisa Tingkatkan Daya Beli
    Bangkit Jaya Putra . 19 Des, 2024
  • Ketahui Perbedaan Empat Tipe Yamaha Aerox Alpha yang Baru Mengaspal
    Ketahui Perbedaan Empat Tipe Yamaha Aerox Alpha yang Baru Mengaspal
    Zenuar Yoga . 19 Des, 2024
  • AHM: PPN 12 Persen dan Opsen Pajak Bawa Dampak Serius pada Industri Sepeda Motor
    AHM: PPN 12 Persen dan Opsen Pajak Bawa Dampak Serius pada Industri Sepeda Motor
    Bangkit Jaya Putra . 18 Des, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024