Dalam menyambut elektrifikasi, Daihatsu turut membawa Rocky e-Smart Hybrid. Anda dapat melihat langsung di booth mereka, Hall 5A GIIAS ICE BSD City, Tangerang. Ia merupakan jenis HEV yang diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021. Mobil mengadopsi sistem seri. Artinya, tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik. Kemudian energi diteruskan guna menggerakkan motor utama. Adapun unit terpampang ialah varian X HEV 2WD.
Enjin Rocky Hybrid berbahan bakar bensin 1.200 cc dengan tiga silinder (tipe WA-VEX). Pemacu ini didesain khusus sebagai penyokong teknologi Hybrid. Menurut Daihatsu, powertrain memiliki struktur ringkas dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari. Karena dapat memberikan efisiensi bahan bakar optimal, serta memiliki harga terjangkau dan kompetitif di kelasnya.
Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga memiliki desain mekanisme yang ringkas. Contohnya, transaxle (transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF). Ia memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi dan mekanisme diferensial. Serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain kompak. Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan. Semua berkat penyematan baterai lithium ion berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.
Baca Juga: Baru Setahun, Daihatsu Rocky Mendapat Penyegaran
Menyoal keselamatan dan keamanan. Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda. Fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari. Ada pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas dalam memberikan peringatan maximum speed dan stop.
Tak hanya itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik. Disertai pula ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Di bagian lain. Unit juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist). Fungsinya menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda, ketika dalam kondisi menikung. Misal saat kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara. Dalam hal pilihan, di Jepang Daihatsu menyodorkan dalam dua varian, yakni X HEV dan Premium G HEV. Akankah dijual di Indonesia?
"Kami sudah membawa Rocky sebagai konsep hybrid. Kami menjelaskan konsep dari e-Smart lebih dulu. Saat ini belum kita pasarkan, Daihatsu Indonesia masih dalam tahap analisa. Memang ingin secepatnya (menjual) tapi melihat lagi dari segi kesiapan baik sales dan aftersales. Karena kami enggak mau cuma bisa jualan saja," ucap Sri Agung Handayani, Marketing Director, and Corporate Planning & Communication Director PT ADM. (Alx/Odi)
Baca Juga: Perodua Alza 2022 Muncul, Lebih Canggih dari Avanza-Xenia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.