Mitsubishi Indonesia (MMKSI) memperkenalkan Triton terbaru di GIIAS 2024 yang baru lalu. Triton ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan kendaraan komersial ringan, seperti di sektor tambang, perkebunan, dan industri. Varian double cabin paling terjangkau, HDX MT, ditawarkan dengan harga Rp418,65 juta on the road Jakarta. Triton ini memiliki beberapa perbedaan teknis dibandingkan dengan trim lainnya. Berikut adalah detail lengkapnya.
All New Triton dilengkapi dengan mesin diesel turbo 2,4 liter dengan kode 4N16 Euro 4, DOHC 16 katup. Kendaraan ini diklaim lebih kuat dan efisien berdasarkan data teknis. Mesin empat piston ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 110 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm antara 1.000 hingga 3.750 rpm. Sebagai kendaraan yang dirancang untuk bekerja, Triton ini dilengkapi dengan fitur 4x4 yang memungkinkannya melintasi berbagai medan. Tipe HDX MT hadir dengan transmisi manual lima kecepatan dan sistem Easy Select 4WD tipe lever.
“Enjin All New Triton kodenya sama semua 4N16. Tapi output berbeda-beda, artinya mesin ini punya range performance banyak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya HDX yang bertenaga 110 PS. Tapi torsi 200 Nm sudah bisa didapat dari putaran 1.000 rpm. Jadi cocok sekali untuk mobil pekerja,” terang Rifat Sungkar, pereli sekaligus brand ambassador Mitsubishi, di Bogor (9/9).
Model terbaru Mitsubishi All New Triton hadir dengan slogan "Turn On the Beast Mode" karena adanya peningkatan pada ladder frame, yang membuat luas penampang chassis menjadi 65 persen lebih besar dari model sebelumnya. Kendaraan ini juga menampilkan desain Dynamic Shield yang baru di bagian depan, yang ditandai dengan lampu berbentuk T. Dari segi dimensi, ia juga mengalami peningkatan, dengan panjang 5.265 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.765 mm, jarak sumbu roda 3.130 mm, ground clearance 222 mm, dan dimensi kargo 1.475 mm x 1.545 mm x 525 mm. Bobot totalnya adalah 2.600 kg dengan profil ban 265/70 pada velg 16 inci.
Penyempurnaan juga dilakukan pada peredam getaran. All New Triton dilengkapi dengan suspensi depan double wishbone independen dan coil spring, sementara penyangga belakang menggunakan rigid leaf spring. Sistem pengereman terdiri dari cakram dan drum. Fitur-fitur yang disertakan meliputi ABS, EBD, BA, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist, Active Stability & Traction Control (ASTC), dan immobilizer. Untuk kabin, tersedia head unit 2 DIN yang mendukung pemutaran musik melalui AM/FM, MP3, USB-A, dan Bluetooth.
“Kami menyediakan output mesin yang berbeda sesuai kebutuhan pasar. Ini juga banyak masukan dari pelanggan dan kami banyak belajar dari model lama. Di sisi lain kami juga berusaha untuk memberikan efisiensi. Sehingga ini menjadi kombinasi bagus bagi pelanggan (di pertambangan dan perkebunan),” tambah Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI. (Alx)
Baca Juga: Ini yang Berubah dari New Mitsubishi Pajero Sport 2024
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.