Spesifikasi dan Kelengkapan MG ES EV, Wagon Listrik yang Berpeluang Dijual di Indonesia

MG ES EV

MG Motor juga menggarap mobil listrik untuk segmen sedan station wagon. Kalau Anda ingat MG 5 EV di GIIAS 2021 lalu, MG ES EV ini bisa dibilang adalah penerusnya. Karena masih berbasis sama dengan mendapat perubahan di wajah maupun kabin. Tapi uniknya, MG 5 EV masih dijual di Thailand dengan nama New MG EP Plus.

Fokus saya kali ini condong ke MG ES EV. Karena model ini masih terhitung baru yang mendapat banyak pengembangan dari MG 5 EV. Penampilannya makin modern lebih mencirikan mobil listrik. Ditambah kemampuan jelajah lebih jauh. Masih tampak persamaan antara mereka. Terutama bila melihat dari samping, satu tarikan garis tegas begitu identik. Bagian pembeda berasal dari fasad. Wajah MG ES EV polos tanpa radiator grille digantikan charging socket.

Dari samping masih sangat mirip MG 5 EV atau MG EP. Pelek 17-inci kurang mencirikan sebuah EV. Karena gayanya elegan serta pewarnaan two-tone. Tak seperti pelek EV kebanyakan yang cenderung tertutup untuk aerodinamika.

MG ES EV

Begitu melihat belakang, terlihat lagi kesamaan dengan MG EP. Bentuk lampu serupa, namun pola pendaran dibuat berbeda, begitu pula garnish krom sebagai penghubung sekaligus penghias. Lantas dibedakan lagi dari desain bemper. ES lebih simpel dan polos.

Kabin MG ES EV lebih modern dibanding EP. Dapat terlihat dari instrumen digital 7-inci dan monitor 10,25-inci untuk pusat segala kontrol dan hiburan. Mengatur AC juga layar sentuh itu, termasuk juga kamera 360 derajat. Minimalis tanpa perlu banyak tombol sehingga kesan high-tech EV semakin terasa. Ditambah lagi model konsol tengah double layer gaya mengambang. Dijadikan area untuk pengaturan transmisi model kenop, terdapat area penyimpanan di baliknya plus cup holder.  

Posisi mengemudi sangat bernuansa sedan. Low slung, kaki hampir selonjor, atap pun juga rendah. Dek lantai rendah juga membuat duduk di kursi belakang cenderung agak jongkok. Station Wagon tentu memberi keuntungan lebih dalam kapasitas bagasi. Kursi belakang bisa dilipat dengan porsi 60:40, dan mampu menghasilkan ruang kargo seluas 1.367 liter.

MG ES EV

MG ES EV digerakkan motor listrik bertenaga 177 hp dan torsi 280 Nm. Akselerasi 100 km/jam tak butuh usaha sulit. Klaim 0-100 km/jam cukup 8,3 detik serta kecepatan puncaknya 185 km/jam. Tak kalah penting kemampuan jelajahnya. Baterai lithium-ion 51 kWh bisa menjangkau 412 km (NEDC). Bahkan punya KERS Mode untuk menyimpan energi terbuang dari deselerasi. Terdiri dari 3 mode dan terasa efek engine brake semakin besar.

Baterai pun mendukung pengisian cepat atau fast charging yang mampu mencapai daya dari kosong sampai 80% dalam 40 menit. Sedangkan pakai arus AC MG Home Charger butuh 7 jam 15 menit untuk mengisi baterai hingga 100%. 

Peranti keselamatan dan keamanan berlimpah. Mulai dari Tyre Pressure Monitor System (TPMS), fitur ADAS Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping Assist (ELK), Intelligent High-Beam Control (IHC), Autonomous Emergency Braking (AEB), Forward Collision Warning (FCW), Electronic Differential System (XDS), Stability Control System (SCS), Traction Control System (TCS), juga dilengkapi Adaptive Cruise Control (ACC) dan Traffic Jam Assist (TJA).

MG ES EV

Masih ada teknologi i-Smart versi Lite di MG ES EV. Pengguna bisa terkoneksi dengan mobil melalui aplikasi di smartphone. Menyajikan berbagai informasi penting, seperti status baterai, lokasi charging station, membuat janji servis hingga berfungsi sebagai kunci digital. 

MG ES EV ditampilkan bersama MG VS HEV dan MG Maxus 9. MG Indonesia tertarik untuk memasarkan semuanya di Tanah Air, meski tidak terungkap detail kepastian dan kapan meluncurnya.

“MG berkomitmen untuk menyajikan inovasi terdepan dan pengalaman berkendara yang tak tertandingi. Kami memahami bahwa permintaan masyarakat Indonesia akan kendaraan rendah emisi bukan hanya tren tetapi kebutuhan masa kini. Oleh karena itu, kami bertujuan untuk meningkatkan adopsi gaya hidup berkelanjutan dengan memperluas portofolio MG yang berfokus pada alternatif berkendara rendah emisi,” ujar Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia. (Odi)

 

Baca Juga: Kencang dan Eksotis, MG Cyberster Menghidupkan Lagi Aura MGB Roadster

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil MG Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil MG dari Carvaganza

  • UABS Targetkan Tambah TKDN Mobil Listrik MG Sampai 80 Persen
    UABS Targetkan Tambah TKDN Mobil Listrik MG Sampai 80 Persen
    Setyo Adi . 11 Nov, 2024
  • MG 3 Hybrid Bakal Muncul di GJAW 2024, Pertama Jadi Hatchback Elektrifikasi
    MG 3 Hybrid Bakal Muncul di GJAW 2024, Pertama Jadi Hatchback Elektrifikasi
    Setyo Adi . 07 Nov, 2024
  • Kolaborasi MG dan UABS: Luncurkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
    Kolaborasi MG dan UABS: Luncurkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
    Setyo Adi . 06 Nov, 2024
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
    Alvando Noya . 30 Okt, 2024
  • MG Resmikan Flaghsip Dealer di Indonesia, Punya Fasilitas 4S
    MG Resmikan Flaghsip Dealer di Indonesia, Punya Fasilitas 4S
    Anindiyo Pradhono . 24 Okt, 2024

Artikel Mobil MG dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • MG Indonesia Akan Pajang MG 3 HEV di GJAW 2024
    MG Indonesia Akan Pajang MG 3 HEV di GJAW 2024
    Setyo Adi Nugroho . 06 Nov, 2024
  • MG Kerja Sama dengan UABS, Produksi Baterai Lokal untuk EV
    MG Kerja Sama dengan UABS, Produksi Baterai Lokal untuk EV
    Setyo Adi Nugroho . 06 Nov, 2024
  • Carvaganza Editors’ Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
    Carvaganza Editors’ Choice 2024, Best Design Electric Car Award: MG Cyberster
    Alvando Noya . 31 Okt, 2024
  • MG dan Mimosa Resmikan Diler Flagship Pertama di Indonesia
    MG dan Mimosa Resmikan Diler Flagship Pertama di Indonesia
    Anindiyo Pradhono . 23 Okt, 2024
  • MG dan OTO Gelar Mall Exhibition di PIM, Pajang 3 Model Jagoan
    MG dan OTO Gelar Mall Exhibition di PIM, Pajang 3 Model Jagoan
    OTO . 14 Okt, 2024
  • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Jan, 2023
  • Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT
    Small Sedan Paling Gres, Komparasi Toyota All New Vios Lawan MG 5 GT
    Setyo Adi Nugroho . 17 Okt, 2022
  • MG ZS EV Versi IIMS 2021, Potensinya Berbanding Hyundai Kona Electric
    MG ZS EV Versi IIMS 2021, Potensinya Berbanding Hyundai Kona Electric
    Ahmad Karim . 26 Apr, 2021
  • First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
    First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
    Muhammad Hafid . 06 Des, 2022
  • First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
    First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
    Alvando Noya . 15 Sep, 2022
  • First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
    First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jun, 2022
  • First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
    First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
    Ahmad Karim . 27 Mei, 2021
  • First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
    First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
    Ahmad Karim . 24 Apr, 2021