Tim Mitsubishi Ralliart kembali berkompetisi di Asia Cross Country Rally (AXCR 2023). Tahun ini bakal diadakan di Thailand kemudian melintasi Laos pada Agustus nanti. Pereli asal Indonesia, Rifat Sungkar juga turut meramaikan kompetisi. Ia menggunakan mobil reli berbasis All New Triton yang baru saja mendebut di Negeri Siam. Tentu dengan segenap ubahan demi mendapat kesuksesan seperti 2022.
Mitsubishi Triton terbaru telah didesain ulang sepenuhnya dan bertransformasi secara signifikan di semua aspek. Unit dimodifikasi sesuai dengan regulasi AXCR. Menurut pabrikan, sekarang performa lebih baik daripada mobil reli tahun lalu. Daya tahan dan keandalan ditingkatkan. Pengendalian tambah sporty nan stabil, performa berkendara responsif di seluruh rentang kecepatan. Serta kemampuan menghadapi kondisi jalan berat serta berlumpur.
Baca Juga: All New Mitsubishi Triton Debut Global, Tampilan Dasbor Mirip Xpander
Ia berbasis Triton Double Cabin manual, dimodifikasi sesuai dengan aturan Grup T1 Federation Internationale de l'Automobile (FIA). Untuk livery, ia menampilkan paduan warna perak dan hitam yang terinspirasi dari bebatuan lava. Versi AXCR tetap memiliki motif merah guna merepresentasikan energi lava memancar.
Ubahan terjadi di roll cage dan bumper guard. lanjut sisipan karbon fiber di bagian kap mesin, pintu depan dan belakang, termasuk kargo. Lantaran terjadi pengurangan bobot besar terhadap komponen interior kendaraan. Berat bodi mobil reli Triton terbaru setara dengan tahun lalu. Sementara ukuran bodi lebih besar dari model sebelumnya.
Selain memperpanjang tapak mobil, ia memiliki suspensi depan dan belakang khusus buat reli, lansiran Cusco. Bagian kaki-kaki pakai pelek Work bikinan Jepang 17 inci. Tahun lalu Rifat pakai ini. Walau sempat pecah ban dan berlari pincang, namun pelek dalam kondisi solid.
Jantung pacu turbo diesel 2,4 liter terpasang plus induksi turbo baru agar meningkatkan output di seluruh rentang putaran mesin. Lantaran di AXCR 2023 banyak menyeberangi sungai, mobil reli telah dilengkapi dengan snorkel tinggi dan bagian part kedap air. Lebih detail bisa dilihat di tabel.
Overall length x overall width |
5.320 mm x 1.865 mm |
Wheelbase |
3.130 mm |
Tread (front/rear) |
1.570 mm / 1.565 mm |
Engine |
4N16 type 4-cylinder MIVEC turbo diesel |
Fuel injector |
High-pressure common-rail injection |
Displacement |
2.442 cc |
Turbocharger |
Mitsubishi Heavy Industries Engine & Turbocharger |
Output (maximum) |
150 kW / 204 PS |
Torque (maximum) |
470 Nm |
Transmission |
6-speed manual |
4WD system |
Super Select 4WD-II |
Differential |
CUSCO front and rear LSD |
Front suspension |
Independent double-wishbone with coil springs |
Rear suspension |
Rigid leaf springs |
Shock absorbers |
CUSCO adjustable front and rear twin dampers |
Bump stopper |
Hydraulic |
Steering |
Rack and pinion with power assist |
Brakes |
ENDLESS front and rear ventilated discs with 4-piston calipers and pads FORTEC brake fluid |
Wheels |
WORK aluminum alloy wheels (17-inch x 7J) |
Tires |
Yokohama GEOLANDAR M/T G003 (235/80R17) |
Others |
Carbon fiber hood Carbon fiber front and rear door panels Carbon fiber cargo bed |
“Kami sangat bersemangat untuk berkompetisi menggunakan All New Triton, yang telah sepenuhnya didesain ulang dan meningkat secara signifikan di semua aspek. Mobil telah menjalani pengujian ketahanan lebih dari 2.000 km di Jepang dan Thailand tanpa masalah. Kami telah memastikan mobil memberikan kinerja lebih baik daripada model tahun lalu. Dari kecepatan tinggi di tanah datar hingga kecepatan rendah di medan berlumpur. Kami bakal berkendara dengan tiga mobil reli. Masing-masing bersaing untuk memperebutkan kemenangan,” ucap Hiroshi Masuoka, Mitsubishi Ralliart Team Director. (Alx)
Baca Juga: Informasi Terkini Seputar Mitsubishi XFC, Calon SUV Baru di Indonesia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.