Spesifikasi Radical SR3 XXR Bermesin Suzuki Hayabusa yang Catat Rekor di Mandalika
Gunakan Radical SR3 XXR Bermesin Suzuki Hayabusa. Pembalap Demas Agil catatkan rekor terbaru di Pertamina Mandalika International Circuit pada pekan lalu. Torehan waktu tercepat diraih 1 menit 39,848 detik. Mobil balap yang digunakan merupakan buatan salah satu manufaktur mobil balap besar di Inggris.
KEY TAKEAWAYS
Radical SR3 XXR catat rekor baru di sirkuit Mandalika
Harga Radical SR3 XXR tak sampai Rp2 miliarBaca Juga: EMLI Rilis Oli Mobil 1 Racing, Disaksikan oleh Duo Pembalap MotoGP KTM
Yang menarik, enjin terpasang diadopsi dari Suzuki Hayabusa. Unit terbaru, memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi lebih cepat, kian tangkas dan presisi. Namun secara umum, Radical SR3 tersedia dalam opsi mesin balap RPE berbagai enjin. Ada yang berkubikasi 1.340 cc atau 1.500 cc. Semua dibuat dengan tangan (hand built) serta disesuaikan dengan preferensi pengemudi. Kedua model ditenagai melalui girboks sekuensial enam percepatan dengan paddle shift dan Quaife limited-slip differential. Kemudian dipadukan dengan sistem knalpot balap generasi baru. Berikut detail spesifikasinya.
Engine
- Gen 5 RPE liquid cooled 4-cylinder, 16 Valve, 1340cc or 1500cc
- Gen 5 RPE dry sump and cooling system
- Gen 5 RPE coil-on-plug ignition system
- Electronic Drive-By-Wire with optimized carbon airbox with OHFI (Over-Head-Fuel-Injection)
- Life Racing ECU with detailed interrogation function for maintenance and analysis
- Hi-flow racing exhaust system
- Biofuel ready
Power Train
- Six-speed, integral sequential gearbox
- Radical developed paddle-activated gearshift system with auto-blipper
- Quaife gear final drive and limited-slip differential, reversing gear system
- Mid-engined, rear-wheel-drive
Suspension
- Fully adjustable Nik-link suspension system, front and rear unequal length wishbones, adjustable pushrods
- Lightweight uprights providing an improvement in durability
- Interchangeable roll bars
- Choice of bespoke Intrax fully adjustable damper with Anti-Roll Control (ARC) technology
Wheels
- Radical XXR design center lock, cast aluminium wheels with red accent
- 8" × 15" diameter front and 10,5" × 16" rears
- Slick & wet tyre options, Radical recommends Hankook
Mengenai dimensi Radical SR3 XXR yang dipakai Demas Agil. Mobil memiliki panjang 4.077 mm, lebar 1.799 mm, tinggi 1.093 mm dan bobot kosong 620 kg. Tenaga yang dikeluarkan dari enjin 1.340 cc mencapai 198,8 Hp atau 201,5 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 120.1 ft/lbs setara 162.83 Nm. Selain hayabusa, mereka juga bisa kustomisasi jantung mekanis dari Suzuki GSX-R 1.000 cc, Kawasaki ZZR 1.100 cc & 1.200 cc, maupun Yamaha FJ 1.100 cc & 1.200 cc.
Tiap mobil balap racikan Radical menggunakan sasis tipe spaceframe tubular. Diklaim dapat memberikan rasio strength-to-weight lebih baik. Meningkatkan kinerja dan keselamatan secara keseluruhan. Desain rangka membantu mengurangi massa kendaraan. Sehingga menghasilkan peningkatan akselerasi, pengereman dan performa saat menikung.
Di sekeliling sasis, terdapat bodywork komposit fiberglass ringan. Tersedia dalam tujuh pilihan warna dari pabrik. Rancangan ini menurut mereka, menawarkan value for money terbaik. PT Nora Jelajah Dunia (NORA) sebagai distributor resmi Radical Motorsports di Indonesia. Menawarkan Radical SR1 XXR dengan harga di bawah Rp1,5 miliar. Sedangkan tipe lebih beringas, SR3 XXR dilepas tak sampai Rp2 miliar. (Alx)
Baca Juga: AHM Luncurkan CBR150R Edisi MotoGP, Harga Beda Rp4 Jutaan dari Unit Reguler
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test