Toyota Innova generasi terbaru makin mendekati momen peluncuran. Kalau di India baru berlangsung awal tahun depan, Indonesia dikabarkan sebulan lagi. Sementara menunggu, unit tes masih terlihat berseliweran. Sebelumnya di Thailand kedapatan pakai jubah serba-hitam. Di Negeri Bharata juga sama. Tapi menggunakan kamuflase bercorak dan bagian interior sedikit tersorot. Di atas dasbor, duduk head unit besar (floating monitor) berukuran sekitar 9 inci. Bagian inilah yang belum pernah terekspos sebelumnya.
Video Toyota Innova 2023 sedang tes jalan diunggah oleh salah satu netizen India via Youtube. Lekukan tubuh lebih jelas walau berbalut stiker. Bentuknya sangat mirip dengan rendering yang banyak dijumpai di Instagram atau jejaring sosial lain. Untuk penamaan, di sana menggunakan imbuhan Hycross sedangkan di Indonesia pakai nomenklatur Zenix. Generasi anyar, dipastikan menggunakan struktur TNGA seperti milik Voxy. Wheelbase mencapai 2.850 agar memberi kelapangan kabin lebih.
Lalu mengenai desain kompartemen mesin. Biasanya kalau pakai TNGA, penempatan komponen lebih rendah. Pendekatan ini membantu menurunkan pusat gravitasi mobil, sebagai upaya meningkatkan kestabilan. Seharusnya, bisa memberi visibilitas baik di sekitar kendaraan. Termasuk guna menguatkan citarasa fun to drive.
Baca Juga: Toyota Innova Zenix Hybrid 2023 Bakal Diberi Perangkat TSS dan T Intouch
Buat pasar Indonesia, Innova Zenix reguler pakai enjin racikan anyar Dynamic Force berkode M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC. Tiap satu silinder disuplai oleh dua injektor. Lewat formulasi baru, terjadi peningkatan tenaga signifikan dibanding model lawas. Kalau mengacu pada mesin itu, rasio kompresi 1:13. Kemudian resultan pembakaran empat piston memberi dorongan torsi puncak sebesar 205 Nm di 4.800 rpm. Sedangkan lonjakan daya tersalur 126 kW (172 PS) sejak 6.600 rpm. Efisiensi termal mencapai 40 persen. Diyakini output tenaga tak berbeda jauh-jauh dari angka tertera.
Untuk varian hybrid juga sama, Dynamic Force seri M20A. Namun ada perumusan sedikit berbeda. Volume ruang bakar 1.986 cc, ukuran bore x stroke: 80,5 mm x 97,6 mm. Tapi rasio kompresi menjadi 1:14. Lewat sistem pengabutan D-4S, tenaga dihasilkan dari mesin bensin di Innova Zenix Hybrid mungkin berkisar 107 kW (146 PS di 6.000 rpm). Momen puntir maksimal diraih 180 Nm pada 4.400 rpm. Efisiensi termal 41 persen. Spesifikasi ini berdasar Toyota global. Distribusi tenaga di seluruh varian, tidak lagi pakai transmisi matik biasa, melainkan CVT ke roda depan alias FWD.
Di varian atas, Innova Zenix bakal dilengkapi teknologi ADAS, Toyota Safety Sense paling mutakhir. Termasuk T Intouch. Perangkat dapat memberikan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari. Sistem menghubungkan pengguna ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan benefit layanan tertentu. Tunggu saja peluncurannya sebentar lagi. (Alx/Odi)
Sumber: YT Naveen Gowda
Baca Juga: Toyota Innova Zenix Berbasis TNGA Penggerak FWD dan Tanpa Mesin Diesel
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.