Sunra Miku Max, Skuter Listrik Unik untuk Perkotaan
Bentuk motor sekarang makin aneh-aneh. Apalagi sejak kemunculan model kerdil seperti Honda Monkey, Honda Grom dan Kawasaki Z125. Membuat satu elemen baru yang ternyata disukai juga para konsumen. Sampai-sampai jadi inspirasi juga dalam merancang motor listrik. Seperti yang dilakukan perusahaan startup dari Tiongkok, Sunra. Produk baru mereka bernama Miku Max tampak anti-mainstream.
Terlihat Miku Max merupakan sebuah skuter listrik yang banyak mengandung unsur futuristik. Paling mencolok ada di bagian tengah. Bila di situ biasanya dihuni mesin, ia justru dibuat kosong. Kursi buat rider yang berada di belakang tangki dibuat seakan melayang, dan tidak ditopang subframe seperti skutik pada umumnya. Memberikan kesan unik sekaligus estetika menawan. Sayangnya kursi itu hanya disediakan untuk rider saja. Tidak ada jatah lagi untuk pembonceng.
Kalau disamakan dengan motor konvensional, dimensinya persis Honda Grom, Honda Monkey, atau Kawasaki Z125. Berkat tubuh yang mungil, membuatnya sempurna untuk menembus kemacetan kota atau melintasi lingkungan padat penduduk. Mengingat perawakannya yang kecil, Miku Max memiliki kapasitas beban yang dibatasi hanya 100 kg.
Bila dilihat sekilas, tubuhnya mirip Honda Monkey. Sebuah motor sport mungil yang sudah ada sejak era 60-an. Cirinya tentu saja dari dimensi dan penggunaan stang. Ya, Miku Max pakai pengatur kemudi model ape yang mirip.
Untuk mengakomodasi pengendaranya, tersedia pijakan kaki yang menempel di sasis. Di bagian itu juga berisi baterai sebagai sumber daya utama. Sedang tangki beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan. Ada ruang sedikit buat menaruh barang berdimensi kecil dan sudah disediakan port USB untuk mengisi baterai gawai pengendara.
Baca Juga: Zero FXE Resmi Meluncur, Cerminan Supermoto Listrik Masa Depan
Sebagai kendaraan masa depan, perbekalan Miku Max sudah modern. Headlamp berbentuk bulat mengadopsi lampu berteknologi LED, lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) yang mengitari cover. Sektor pencahayaan lain seperti stoplamp dan sinyal belok mengusung dioda.
Panel instrumen juga menggunakan LCD yang atraktif, memberikan sejumlah informasi seputar kendaraan. Mulai dari persentase baterai, petunjuk kecepatan, jam, tripmeter, odometer, dan beberapa indikator lain. Menariknya, dia sudah dibekali konektivitas Bluetooth, tapi tanpa sistem navigasi.
Sumber tenaga dari Miku Max berasal dari baterai 60V 20 Ah lithium-ion yang dapat ditukar. Motor listrik pakai lansiran Bosch dengan kapasitas 800 watt. Kecepatan maksimal yang mampu diraihnya 45 km/jam. Saat baterai dalam kondisi penuh, ia dapat diajak berjalan sejauh 60 km. Cocok buat transportasi di kota-kota padat.
Buat peredam guncangan, pabrikan membekalinya dengan garpu teleskopik dan suspensi belakang seperti wishbone ganda yang letaknya berada di antara arm. Tugas pengereman ditangani oleh rem cakram depan-belakang dan berguling pada roda 10 inci. Sedang soal harganya, Miku Max dibanderol dengan harga $2.382 atau setara Rp34 jutaan. (Bgx/Odi)
Sumber: Ride Apart, Bike Dekho
Baca Juga: Mob-ion TGT, Skuter Hybrid Elektrik-Hidrogen Pertama dengan Daya Jelajah Tinggi
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test