Supaya Perjalanan Mudik Tak Mudah Lelah, Ketahui Posisi Mengemudi yang Tepat

driving position

 

Kondisi mobil sebelum dipakai mudik harus prima. Selain itu, posisi berkendara juga penting dipahami. Pastikan kondisi duduk sesuai, nyaman dan aman. Sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan. Bahkan menghindari kejadian tidak diinginkan seperti kecelakaan. Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head Suzuki Indomobil Sales (SIS). Berkendara juga harus diimbangi dengan peregangan otot serta postur tubuh yang pas. Berikut kiat ringan ketika berkendara jauh maupun dekat.

 

Posisi Duduk

Sebelum memulai perjalanan, pengendara harus mengatur posisi kursi mobil. Yang benar adalah badan tegak dan membentuk sudut 100 derajat. Caranya dengan mengatur sandaran kursi secara tepat namun tetap relaks. Serta pastikan posisi tangan maupun kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara. Letakkan punggung menempel dengan sandaran jok atau back rest. Sehingga tidak mudah letih. Selain itu, perhatikan jua jangkauan penglihatan mata ke area eksterior mirror, interior mirror, maupun blind spot area. Agar semua dapat terpantau jelas ketika pengendara sedang mengatur posisi kursi.

 

Posisi Tangan

Tangan juga harus diperhatikan agar tetap bebas bergerak dan relaks. Ketika memegang kemudi, baiknya ibu jari berada di luar genggaman 4 jari Anda. Tujuannya agar terhindar dari cedera ketika menggenggam lingkar kemudi secara penuh. Posisi tangan ketika menggenggam lingkar kemudi juga dianjurkan pada posisi arah pukul 9 dan arah pukul 3. Selalu gunakan kedua tangan ketika memegang lingkar kemudi untuk menjaga refleks bermanuver, juga demi keselamatan.

Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil, Begini Cara Menghitung Muatan Maksimal

 

woman driving

Posisi Kepala

Headrest kursi harus sesuai dengan tinggi kepala pengemudi. Posisi kepala tegak sejajar dengan bahu agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kendaraan tidak terganggu. Tinggi headrest yang tepat dapat melindungi kepala maupun leher pengendara. Sehingga bisa melindungi apabila terjadi benturan keras akibat kecelakaan.

 

Posisi Kaki

Kaki juga wajib disesuaikan dengan kenyamanan pengendara. Karena posisi yang tepat dapat mencegah nyeri lutut setelah berkendara jarak jauh. Tidak boleh terlalu menekuk maupun lurus sekali. Kemudian kendalikan tinggi atau rendahnya kursi sesuai dengan postur tubuh. Pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki.

Jika mobil tidak memiliki kontrol ini, pengendara dapat menggunakan bantal untuk menjaga pinggul setinggi lutut. Bagi pengendara bertransmisi manual. Hindari kebiasaan kaki kiri menempel pada permukaan pedal kopling apabila sedang tidak digunakan. Sehingga fungsi kopling dapat selalu berfungsi dengan baik.

Perlu diperhatikan juga karpet di bawah area pedal kendaraan dengan selalu menggunakan berpermukaan rata dan tidak bergelombang maupun terlipat. Karena bentuk yang bergelombang atau terlipat dikhawatirkan dapat mengakibatkan pedal rentan tersangkut ketika sedang diinjak. Hal ini sangat berbahaya bagi pengendara.

 

Peregangan Otot

Berkendara dengan jarak jauh dan duduk terlalu lama harus diimbangi dengan peregangan otot. Hal ini dilakukan agar peredaran darah lancar dan pengendara tidak merasa kelelahan. Peregangan dapat dilakukan setiap 2-3 jam sekali ketika badan sudah terasa pegal. Atau terasa kurang nyaman selama berkendara.

“Selain fitur pendukung yang ada di mobil-mobil. Keamanan saat berkendara juga perlu didukung oleh perilaku pengendara. Saat mengemudi, terutama jarak jauh. Memang membutuhkan kenyamanan tapi pengendara juga tidak boleh mengesampingkan keamanan. Menjaga kenyamanan saat berkendara dilakukan agar tubuh tetap rileks dan tidak cepat lelah. Sehingga dapat menghindari kecelakaan. Namun apabila terjadi kerusakan atau terdapat bagian yang membuat pengendara kurang nyaman. Kami mengimbau untuk melakukan pengecekan dan perawatan di bengkel resmi,” tutup Hariadi. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Jangan Jadi Lane Hogger di Jalan Tol! Baca Aturannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Penerus Toyota GR86 Bakal Punya Jiwa Mazda, Putus Dari Subaru BRZ
    Penerus Toyota GR86 Bakal Punya Jiwa Mazda, Putus Dari Subaru BRZ
    Alvando Noya . Hari ini
  • Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Setyo Adi . 03 Mar, 2025
  • Adu Kelebihan SUV Listrik Rp600 Jutaan: BYD Sealion 7 Vs Aion Hyptech HT
    Adu Kelebihan SUV Listrik Rp600 Jutaan: BYD Sealion 7 Vs Aion Hyptech HT
    Anjar Leksana . 03 Mar, 2025
  • Xpeng G6 Meluncur Versi Facelift di Cina, Upgrade Masif Teknologi AI
    Xpeng G6 Meluncur Versi Facelift di Cina, Upgrade Masif Teknologi AI
    Muhammad Hafid . 03 Mar, 2025
  • Mazda Raih 243 Unit Penjualan di IIMS 2025, CX-5 Masih Paling Favorit
    Mazda Raih 243 Unit Penjualan di IIMS 2025, CX-5 Masih Paling Favorit
    Anjar Leksana . 03 Mar, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    OTO . Hari ini
  • Terjual 1.353 Unit, Aion V Dominasi Penjualan di IIMS 2025
    Terjual 1.353 Unit, Aion V Dominasi Penjualan di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Toyota Kijang Innova Zenix HEV Paling Diminati di IIMS 2025
    Toyota Kijang Innova Zenix HEV Paling Diminati di IIMS 2025
    Anjar Leksana . 03 Mar, 2025
  • Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Muhammad Hafid . 27 Feb, 2025
  • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Ardiantomi . 21 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025