Maruti Suzuki Baleno model facelift untuk 2022 dirilis untuk pasar India. Belum berganti regenerasi, melainkan fase penyegaran kedua. Namun perubahannya terbilang signifikan menyentuh eksterior, interior hingga fitur baru. Di Negeri Bharata ditawarkan dalam 4 trim: Sigma, Delta, Zeta dan Alpha. Harga mulai dari Rs 6,35 lakh (Rp122 jutaan) hingga Rs 9,49 lakh (Rp182 jutaan).
Tidak ada perubahan bentuk besar-besaran. Profil masih sama dengan profil bodi dipertahankan. Update di eksterior fokus ke muka dan buritan saja. Pola rancangan masih identik. Hanya grille didesain ulang hingga dibuat lebih melebar hingga merambah lampu utama sisi bagian atas. Jadinya headlamp LED menyipit yang dihias Daytime Running Light (DRL) gaya anak panah. Imbas perubahan itu turut mengubah bentuk kap mesin dan bemper.
Dari samping terlihat perbedaan dari desain pelek 16-inci. Garis bahu masih mengalir tinggi ke belakang. Bersama hiasan kromium di lis jendela dan gagang pintu. Di belakang, lampu mendapat satu bidang baru di pintu bagasi. Sepertinya berfungsi juga sebagai lampu dengan pendaran setengah melingkar. Bemper hanya berubah sedikit. Posisi reflektor pindah posisi jadi lebih tinggi. Revisi terjadi ternyata sedikit mempengaruhi dimensi. Panjangnya berkurang 5 mm jadi 3.990 mm, lebar tereduksi 10 mm ke 1.500 mm. Sementara ukuran lain masih sama.
Penyegaran drastis terjadi di kabin. Desain setir berganti model Ertiga dan Jimny. Dasbor punya layout baru. Fokus utama tertuju ke monitor layar sentuh 9-inci. Punya fitur multikoneksi termasuk Android Auto dan Apple CarPlay. Kemudian bentuk kisi-kisi AC dan tombolnya ikut berubah. Kini terlihat lebih rapi.
Baca Juga: Ekspektasi Kelengkapan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 untuk Pasar Indonesia
Baleno 2022 menjadi yang pertama di kelasnya menggunakan head-up display. Juga ada kamera 360 derajat untuk memantau sekeliling mobil saat parkir. Selain itu tersedia wireless charger, automatic climate control, keyless entry, cruise control dan auto headlamp. Sistem audio memakai garapan Arkamys. Suzuki ingin sekali menambah kenyamanan untuk seluruh penumpangnya. Termasuk menambahkan ventilasi AC untuk penumpang belakang beserta USB port.
Spesifikasi teknis Baleno India sangat berbeda dengan Indonesia. Di sana memakai mesin bensin K-Series DualJet 1,2-liter VVT bertenaga 90 PS dan torsi 113 Nm. Dipasangkan dengan pilihan transmisi manual atau AMT yang keduanya punya rasio 5-percepatan. Klaim konsumsi bahan bakar sangat irit. Sebesar 22,34 km/liter untuk manual dan 22,94 km/liter untuk AMT.
Mengenai fitur keselamatan, ada penambahan juga. Cuma dari jumlah kantong udara yang jadi 6 titik. Selebih tetap sama seperti ABS plus EBD, Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Hold di varian AMT.
Persaingan Baleno di India tentu tak sama dengan pasar lokal. Ia berhadapan melawan Tata Altroz, Honda Jazz, Hyundai i20 dan saudaranya sendiri Toyota Glanza. Nah, Glanza tak lain versi Toyota yang hanya mengubah emblem. Peluncurannya dikabarkan tak lama lagi.
Bagaimana Indonesia? Kami yakin Baleno tetap dipertahankan sebagai jagoan Suzuki di kelas compact hatchback. Mengingat sejarahnya panjang sejak generasi pertama, besar kemungkinan versi facelift ini turut hadir ke sini. Tunggu saja beritanya. (Odi)
Baca Juga: Gambar dan Spek Suzuki Baleno Facelift 2022 Bocor Sebelum Meluncur
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.