Gambar Suzuki Baleno 2022 banyak beredar. Kali terakhir ia alami facelift pada 2019. Kini sang hatchback kedapatan punya ubahan besar dari segi interior maupun eksterior di Negeri Bharata. Kalau Anda lihat, semua dirombak total di segala aspek. Namun demikian, ia bukan menjadi generasi terbaru yang berganti platform. Nah, dari bocoran itu, wujudnya semakin sporty. Visual tak kalah bagus dari rival sekelas seperti Honda City hatchback.
Langsung saja bahas eksterior. Baleno 2022 memiliki kisi-kisi berjaring hitam yang membentuk pola trapesium terbalik. Kedua sisi sudut sambung dengan rumah lampu, sehingga menimbulkan kesan gahar. Headlamp telah direvisi, desain sampul membentuk pola L, plus LED daytime running baru. Bumper depan ditata lebih agresif berupa bendungan udara tengah kian lebar. Bagian foglamp pun tampak gres.
Diamati dari buritan, Suzuki Baleno 2022 mendapatkan lampu ekor berbentuk L yang lebih ramping. Bumper belakang didesain ulang. Secara keseluruhan, garis pinggang jauh lebih tajam. Berbeda dari model lawas, tarikan tubuh cenderung mengalir dan proporsi bulat seperti versi di Indonesia. Lantas mengenai ukuran bodi, kemungkinan tidak berubah banyak. Kecuali ground clearance bisa naik bila ukuran pelek dibesarkan.
Baca Juga: Suzuki Siapkan Kendaraan Elektrifikasi Ringan, Barang Sudah Ada di Indonesia
Tatatan kabin tak luput dirombak Suzuki. Baleno 2022 tampak menggunakan head unit layar sentuh besar di tengah bergaya floating monitor. Mungkin berukuran sekitar 9 inci dengan sambungan Apple CarPlay, Android Auto, juga nirkabel. Bentuk lingkar kemudi mirip dari Ertiga atau XL7, plus ada audio switch. Ventilasi berada di tengah dasbor, sistem pendinginan pakai AC digital. Meter cluster tampak pakai kombinasi analog & MID. Harapannya ada tambahan seperti cruise control, pengaturan lampu depan dan wiper otomatis serta banyak fitur lagi.
Jantung mekanis tidak berubah. Berlawanan dengan pembaruan kosmetik yang komprehensif. Baleno edisi facelift 2022 pakai jantung mekanis sama di India. Di sana enjin tertanam bervolume 1,2 liter disedot secara alami. Ada dua tipe, versi non-hybrid memberi tenaga 83 Hp dan imbuhan teknologi mild-hybrid 12V beri daya 90 Hp. Pilihan transmisi ada manual lima percepatan dan gearbox otomatis CVT.
Beda lagi kalau di Indonesia. Baleno mengandalkan mesin bensin K14B berkapasitas 1,4 liter DOHC VVT MPI. Jantung pacu sama dengan Swift dan Ertiga lawas. Mesin mengembuskan tenaga 92,4 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di 4.200 rpm. Penyaluran daya tersedia manual 5-speed atau matik konvensional 4-speed. Ditunggu saja, semoga produk Suzuki di sini mendapat penyegaran serupa. Setidaknya tahun depan. (Alx)
Sumber: Cartoq
Baca Juga: Suzuki S-Cross 2022 Debut Dunia, Pakai Mesin Boosterjet Turbo Mild Hybrid
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.